Comscore Tracker

5 Ciri Leader yang Bijaksana, Selalu Mendukung Timnya 

Semoga bisa jadi inspirasi kamu ya!

Memiliki leader yang bijaksana, tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Leader yang baik akan mampu mengayomi anggotanya. Tidak hanya memberi perintah saja, tapi mampu menjadi teladan yang baik. Membangun kedekatan yang intens dengan tim, akan membantu membangun kekompakan dan solidaritas.

Seorang leader sangat berperan dalam menentukan arah dan keberlangsungan sebuah organisasi maupun perusahaan. Begitu juga dengan kondisi dan kinerja timnya. Sikap seperti apa yang bisa dikatakan sebagai leader yang bijaksana? Simak yuk di bawah ini ciri-cirinya:

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Prasangka Buruk Terhadap Pasangan

1. Selalu memberi dukungan kepada timnya

5 Ciri Leader yang Bijaksana, Selalu Mendukung Timnya ilustrasi pria berbicara (pexels.com/ Tima Miroshnichenko)

Seorang leader adalah pemimpin bagi para anggotanya. Ia memiliki kewenangan untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada para anggota guna mencapai suatu visi dan misi yang telah ditentukan. Dalam memperlancar jalannya suatu kerja sama ini, memerlukan usaha yang lebih. 

Selain mengarahkan, ada tugas yang begitu penting bagi leader untuk para anggotanya yaitu memberikan dukungan. Bentuk dukungan apapun kepada anggota dapat mempererat hubungan dan sikap saling terbuka di antara kedua belah pihak. Sejatinya anggota juga membutuhkan dukungan secara lahir dan batin. 

2. Memberikan apresiasi kepada anggota

5 Ciri Leader yang Bijaksana, Selalu Mendukung Timnya ilustrasi pria berjabat tangan (pexels.com/Khwanchai Phanthong)

Leader yang bijaksana akan mengapresiasi setiap pencapaian anggotanya. Siapapun akan senang apabila kerjanya dihargai. Apresiasi ini menjadi bentuk penghargaan yang bernilai penting, meskipun kadang bentuknya sangat sederhana. 

Apabila seorang leader mau mengapresiasi anggotanya, baik dengan memberi hadiah atau hal-hal sederhana, timnya pun akan merasa bahwa mereka bernilai. Leader tidak hanya memperhatikan dirinya sendiri tapi juga tim yang telah membantunya. Sosok seperti ini menjadi panutan yang baik bagi anggotanya. 

3. Tidak malu meminta pendapat dan mau mendengarkan timnya

5 Ciri Leader yang Bijaksana, Selalu Mendukung Timnya ilustrasi leader tersenyum (pexels.com/Yan Krukov)

Seorang leader yang bijaksana tidak akan merasa paling berkuasa atas segala hal. Dia juga tidak akan menganggap bahwa segala hal yang dia sampaikan adalah sebuah kebenaran dan tak terbantahkan. 

Leader yang bijaksana memiliki sikap yang bersahaja. Bahkan tak malu untuk meminta pendapat kepada para anggotanya. Dia tidak segan memberikan kepercayaan dan melihatkan timnya. 

4. Tidak memberikan tuntutan melebihi kapasitas anggotanya

5 Ciri Leader yang Bijaksana, Selalu Mendukung Timnya ilustrasi leader wanita (pexels.com/ Darlene Alderson)

Leader memiliki kewenangan dalam membagikan tugas kepada para anggota. Kuasa tersebut sangat berpotensi membuatnya melakukan segala sesuatu sesuka hati. Bahkan para anggota kerap tidak berani membantah apapun yang disampaikan oleh pemimpinnya. Semua hak kuasa tersebut seharusnya tidak serta merta membuatnya buta mata dan bersikap seenaknya.

Seorang leader yang bijaksana akan mampu memosisikan para anggotanya dengan baik. Ia tidak memperlakukan mereka sewenang-wenang dan memberikan tugas yang bukan merupakan bagian dari tanggung jawab. Leader yang memiliki pengertian tidak akan memberikan tuntutan melebihi dari kapasitas timnya sebab ia paham hal itu akan berpengaruh pada kesehatan mental timnya. 

5. Konsisten menerapkan keadilan untuk tim

5 Ciri Leader yang Bijaksana, Selalu Mendukung Timnya ilustrasi leader wanita (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Leader yang bijaksana memiliki sikap yang adil. Ia memberikan perlakukan dan perhatian yang sama terhadap timnya. Tidak ada yang diberikan perlakukan khusus. Apabila ada kinerjanya bagus, dia akan memberikan apresiasi. Namun apabila ada yang melanggar, dia pun tidak akan segan-segan untuk memberikan hukuman. 

Keadilan yang ditetapkan dibangun atas dasar kesetaraan, bukan karena kedekatan. Dengan cara seperti ini, maka tidak akan ada kecemburuan maupun iri hati. Organisasi maupun perusahaan pun akan dapat berjalan dengan sehat. 

Itulah ciri-ciri leader yang bijaksana. Semoga kamu juga bisa seperti itu ya!

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya