Comscore Tracker

Bad Mood di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Menyenangkan Diri Sendiri

Be happy and productive!

Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan kantor, tentu sudah sering mengalami berbagai hal. Mulai dari perasaan senang, sedih, bahkan marah. Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya bermacam perasaan tadi.

Ada faktor dari luar atau eksternal yang merupakan sesuatu yang tak dapat kamu kendalikan dan ada juga faktor internal dari diri kamu sendiri. Sementara kamu perlu melakukan upaya agar hari-hari tetap dapat berjalan lancar dan kamu tidak seharian tenggelam dalam kesedihan dan amarah.

Bad mood yang dibiarkan tentu saja akan mengganggu produktivitas kamu sebagai karyawan. Karenanya kamu perlu berusaha agar bad mood itu dapat segara diatasi dengan baik.

Sebenarnya kamu bisa menyenangkan diri sendiri dengan melakukan hal-hal kecil agar dapat  keluar dari bad mood. Bagaimana caranya? Simak yuk caranya di bawah ini!

Baca Juga: Awas Terpengaruh! 9 Tipe Toxic People yang Perlu Kamu Hindari

1. Mencoba tetap tersenyum

Bad Mood di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Menyenangkan Diri Sendiriilustrasi orang tersenyum (Pixabay.com/ Nastya Gepp)

Walau terdengar klise, tetapi tersenyum memang mampu mengubah perasaan kamu yang buruk menjadi membaik. Kamu bisa tersenyum saat berbicara kepada rekan kerja kamu, baik langsung maupun melalui telepon.

Walaupun tak melihat wajah dan senyum kamu secara langsung, biasanya lawan bicara bisa merasakan perasaan gembira kamu melalui suara kamu yang sedang tersenyum.

2. Memiliki benda favorit

Bad Mood di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Menyenangkan Diri Sendiriilustrasi buku catatan (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu bisa menyimpan benda favorit di laci meja kamu. Bisa berbentuk pulpen lucu atau stationary lain bermotif hewan atau tokoh kartun kesayangan kamu. Bahkan buku dengan motif cantik pun bisa membantu.  

Saat perasaan kamu sedang tak enak, cobalah mengambil benda kesayanganmu itu dan ingatlah kegembiraan yang kamu rasakan saat pertama kali membelinya atau saat menerimanya jika benda tersebut adalah hadiah atau pemberian dari orang yang sangat berarti bagimu. Ingatkan diri kamu bahwa ada banyak hal kecil yang bisa mendatangkan kegembiraan.

3. Pergi ke luar dan hirup udara segar

Bad Mood di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Menyenangkan Diri Sendiriilustrasi jendela kantor (Pexels.com/Daan Stevens)

Saat kamu merasa tertekan dengan permasalahan tugas atau pekerjaan, jika memungkinkan, cobalah untuk ke luar ruangan sejenak. Pergantian suasana bisa sedikit mengalihkan perasaan kamu dari rasa frustrasi . Udara di luar ruangan juga akan memberi perasaan yang berbeda, bahkan seringkali mendatangkan inspirasi untukmu.

Jika ke luar ruangan kantor belum memungkinkan, kamu bisa mencoba mengalihkan pandangan ke jendela kantor, sekedar untuk melihat suasana yang berbeda.

4. Berbicara dengan orang lain

Bad Mood di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Menyenangkan Diri Sendiriiilustrasi orang berbicara (Pexels.com/ Michael Nilov)

Kamu bisa berbicara tentang perasaan yang kamu alami dengan orang yang kamu percaya. Bisa dengan sahabat atau pun keluarga.

Tak ada salahnya menghubungi mereka sebentar dan menceritakan apa yang kamu alami. Orang-orang terdekat kamu ini bisa memberi semangat untuk melewati momen yang kurang menyenangkan.

5. Mendengarkan musik

Bad Mood di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Menyenangkan Diri Sendiriilustrasi mendengar musik (Pexels.Com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu suka mendengarkan musik, cobalah gunakan musik favorit kamu untuk mengatasi bad mood. Namun tetap perhatikan kepentingan orang lain yakni rekan kerja kamu. Belum tentu semua orang menyukai jenis musik favorit kamu. Nyalakan volume musik seperlunya atau gunakan earphone agar suara musik tak mengganggu orang lain di sekitarmu.

Walau kamu memang tak bisa mengendalikan faktor penyebab bad mood yang berasal dari luar, namun kamu bisa mengontrol perasaan kamu. Tetaplah berpikir positif dan lakukan hal-hal baik yang akan bermanfaat untuk dirimu dan juga orang lain.

Namun kamu juga harus mewaspadai hal lain yang  bisa saja menjadi penyebab utama dari perasaan bad mood itu. Misalnya saja ada kemungkinan masalah kesehatan mental yang tak kamu sadari yang membuat kamu menjadi bad mood

Tak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya jika perasaan bad mood kamu ini terus berkepanjangan. Cara ini akan bermanfaat agar kamu dapat mendiskusikan jalan ke luar terbaik untuk mengatasinya.

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya