Comscore Tracker

Cepat Gagal Fokus? Ini 5 Cara Menjaga Konsentrasi Pikiran

Yuk bisa yuk, biar cepat kelar tugasnya

Saat asyik ngerjain tugas, tiba-tiba ada bunyi notifikasi di smartphone. Niatnya mau ngecek sebentar aja, eh gak terasa ternyata larut sampai berjam-jam cek media sosial. Adakah yang pernah mengalami hal seperti ini?

Itu tandanya konsentrasi kamu gampang teralihkan. Maksudnya, kamu mudah diganggu oleh suatu hal sehingga kamu tidak lagi fokus dengan apa yang kamu kerjakan sebelumnya. Kalau udah begini, kerjaan kamu gak selesai-selesai deh!

Nah, biar gak gampang gagal fokus, simak yuk di bawah ini lima cara untuk menjaga konsentrasi pikiran sehingga kerjaan kamu cepat beres:

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis 

1. Ingat lah apa tujuan awal kamu

Cepat Gagal Fokus? Ini 5 Cara Menjaga Konsentrasi PikiranIlustrasi to do list (pexels.com/Breakingpic)

Coba pikirkan dulu apa goals atau sesuatu yang ingin kamu capai. Alasan kenapa kamu harus segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Misalnya, kamu ingin pekerjaan atau tugas skripsimu cepat selesai. Jadi kamu punya alasan untuk bisa stay focus!

Kalau bisa, kamu sudah memikirkan rencana ini pada malam sebelumnya, ya! Jadi esok harinya, kamu tinggal eksekusi aja dan gak menghabiskan banyak waktu.

2. Rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan

Cepat Gagal Fokus? Ini 5 Cara Menjaga Konsentrasi Pikiranpexels.com/ pixabay

Nah, setelah memikirkan alasan kenapa kamu harus fokus, jangan lupa langsung rencanakan tugas apa saja yang akan kamu kerjakan saat esok harinya. Di antara semua hal yang perlu kamu lakukan, kamu bisa tentukan mana yang urgent, mana yang tidak urgent, tetapi penting, dan mana yang bisa didelegasikan.

Oh iya, cukup pilih 2-3 task saja ya. Jangan lebih. Kenapa? Karena task yang terlalu banyak biasanya malah bikin kamu malas dan tidak fokus. Akhirnya malah gak dikerjain, deh. Jadi, kamu perlu menganalisis task mana aja yang perlu dikerjakan.

3. Break down lagi tugasmu menjadi bagian lebih kecil

Cepat Gagal Fokus? Ini 5 Cara Menjaga Konsentrasi Pikiranilustrasi banyak tugas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernah gak kamu ingin cepat-cepat menyelesaikan skripsimu? Tapi tiba-tiba langsung males karena udah ngebayangin banyaknya hal yang harus dituliskan. Iya gak, sih?

Kalau gitu, bikin taskmu jadi lebih kecil lagi. Misal, pada hari ini kamu cukup menyelesaikan 1 bab saja. Atau ketika kamu ingin menulis artikel yang membutuhkan 1.000 kata, kamu bisa menyicilnya dengan membuat 200 kata terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa jadi fokus dan lebih mudah untuk menyelesaikan tasknya.

4. Jauhkan smartphone dan buat diri nyaman selama bekerja

Cepat Gagal Fokus? Ini 5 Cara Menjaga Konsentrasi Pikiranilustrasi pria bekerja (pexels.com/cottonbro)

Sadar gak kalau notifikasi smartphone kadang bisa menggoda kita untuk berhenti mengerjakan tugas? Bahkan akhirnya tanpa sadar kita menghabiskan banyak waktu untuk bermain smartphone?

Karena itu, kamu bisa menonaktifkan notifikasi sejenak dan menjauhkan smartphone dari jangkauan agar kamu bisa tetap fokus dengan pekerjaanmu. Jangan lupa juga untuk mencari tempat dan suasana yang nyaman untuk menjaga konsentrasi. Kamu gak mau kan kalau lagi fokus banget ngerjain tugas, tapi ternyata lingkungan di sekitarmu tidak mendukung?

5. Jangan ditunda, langsung kerjakan tugasmu

Cepat Gagal Fokus? Ini 5 Cara Menjaga Konsentrasi PikiranPexels.com/Burst

Terakhir, nih! Jangan tunda-tunda lagi, langsung kerjakan tugas yang sudah kamu break down. Semakin cepat kamu mulai mengerjakan, akan semakin cepat juga selesainya. Tentu saja tingkat kefokusanmu masih tinggi ketika kamu mengerjakan tugas tanpa menunda-nunda.

Namun, semakin lama kamu menunda, akan semakin banyak gangguan yang muncul. Misal, kamu tiba-tiba pingin scroll social media, tiba-tiba kamu malas atau mengantuk, dan ujung-ujungnya kamu gak jadi menyelesaikan tugas deh!

Nah itu beberapa cara untuk menjaga konsentrasi pikiranmu ya. Semoga kamu gak mudah lagi gagal fokus saat menyelesaikan tugas dan pekerjaan ya. 

Grace Fortuna Photo Community Writer Grace Fortuna

Masih bingung saya introvert atau extrovert but nice to meet you! ;)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya