Comscore Tracker

Jangan Menggunakan Fisik! 5 Tips Mengatasi Kenakalan Anak

Cukup edukasi dia secara halus ya

Bagi beberapa orangtua, mengatasi kenakalan anak mungkin adalah urusan yang rumit. Mereka ingin mengubah perilaku anak, tapi gak tega apabila harus tegas dengan sang buah hati. Ada juga tipe orangtua yang akhirnya menyerah dan membiarkan anaknya mengatasi situasi tersebut seorang diri. 

Lalu bagaimana cara paling efektif untuk menyikapi kondisi ini? Kamu bisa simak ya di bawah ini tips mengatasi kenakalan anak:

Baca Juga: Anak Menjadi Picky Eater? Ini 5 Cara untuk Mengatasinya

1. Bicara baik-baik dengan anak

Jangan Menggunakan Fisik! 5 Tips Mengatasi Kenakalan AnakPexels/Vidal Balielo Jr.

Jika kamu melihat ada perubahan perilaku pada anakmu, penting untuk berbicara secara langsung dengannya dan cari tahu apakah dia memiliki masalah yang disembunyikan. Akar dari kenakalan juga adalah karena depresi. Jadi, dengarkan isi hatinya.

Apabila dia perlu bantuanmu, dia pasti akan mengatakan permasalahannya. Kamu bisa perlahan mengajarinya cara mengatasi permasalahan. Kamu gak perlu mencoba untuk campur tangan karena ini semua adalah bagian dari kedewasaannya dan dia perlu menerima dan menghadapi situasi itu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memberi tahu dia bahwa kamu akan selalu bersamanya.

2. Bagikan pengalamanmu

Jangan Menggunakan Fisik! 5 Tips Mengatasi Kenakalan Anakilustrasi anak dan orang tua. (Pexels.com/Julia M Cameron)

Jika kamu pernah melakukan kenakalan remaja di masa lalu, kamu bisa berbagi kejadian tersebut dengan anakmu. Sampaikan padanya bahwa dia bahwa dia bukan satu-satunya yang menghadapi situasi seperti itu dan kondisi itu bukanlah akhir dari segalanya.

Kamu bisa berbagi dengannya bagaimana kamu dulu berjuang melalui hari-hari yang buruk. Tetapi pada akhirnya kamu berhasil bertahan dengan tekad dan keberanian.

3. Dorong dia untuk fokus pada impiannya

Jangan Menggunakan Fisik! 5 Tips Mengatasi Kenakalan Anakilustrasi hidup bebas (pixabay.com/Pexels)

Penting bagi anakmu agar tetap fokus untuk mencapai tujuannya. Memiliki perilaku yang buruk dapat memengaruhi kepribadiannya. Tetapi dia harus mengalihkan perhatiannya dan fokus pada apa yang paling penting baginya dalam hidup ini.

Kamu bisa memintanya untuk mengurangi waktu  nongkrong dan lebih banyak belajar atau berolahraga. Kamu juga bisa sesekali memantau pergaulannya untuk memastikan anak tidak mengambil langkah yang menyimpang.

4. Ajarkan anak pentingnya persahabatan

Jangan Menggunakan Fisik! 5 Tips Mengatasi Kenakalan Anakilustrasi kesetaraan (pixabay.com/sweetlouise)

Kenakalan remaja biasanya berasal dari pergaulan yang salah. Maka dari itu, kamu bisa mendorongnya untuk mencari teman baru yang lebih baik. Teman bisa menjadi sistem pendukung terbaik untuk karakter anakmu.

Teman-teman baru yang baik akan membantu mengalihkan pikirannya dari hal-hal buruk. Anakmu dapat belajar, bermain, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan lain yang positif ketika dia memiliki teman yang mau saling mendukung.

5.

Jangan Menggunakan Fisik! 5 Tips Mengatasi Kenakalan Anakilustrasi menolak. (Pexels.com/Monstera)

Gak semua orang mau berubah dan sadar bahwa ada sesuatu yang tak sehat dalam dirinya. Tetapi kamu bisa perlahan berkomunikasi dengan anak dan menyampaikan bahwa dia tidak bisa terus menerus memupuk karakter itu. 

Langkah terbaik adalah jauhkan anak dari situasi seperti itu, terutama apabila kamu gak dapat mengatasinya. Dengan terbatasnya sumber-sumber kenakalan remaja dalam dirinya, dia akan berangsur-angsur menjadi anak yang lebih baik.

Bagaimana menurut kamu dengan beberapa tips mengatasi kenakalan anak di atas? Kunci utamanya adalah komunikasi ya.

Le DixAiles Photo Community Writer Le DixAiles

Terbiasa dipermainkan oleh hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya