Comscore Tracker

Cara Mudah Menghilangkan Mata Bengkak karena Kelamaan Menangis

Kalau cara kamu bagaimana?

Terkadang kita tidak ingin orang lain mengetahui bahwa kita tengah sedih dan lama menangis. Tapi kondisi mata yang sembab hingga bengkak karena lama menangis, menjadi bekas yang tidak bisa disembunyikan begitu saja.

Apakah kalian pernah mengalaminya? Apakah kalian menemukan resep manjur untuk menghilangkan mata bengkak? Jika iya, jangan lupa dibagikan pada kolom komentar ya. Nah sebelum itu, simak dulu yuk di bawah ini rangkuman dari IDN Times penyebab mata bengkak dan cara mengatasinya.

1. Jaringan sekitar mata mengandung cukup banyak garam

Cara Mudah Menghilangkan Mata Bengkak karena Kelamaan Menangisperawatmata.com

Dilansir dari Alodokter, disebutkan bahwa menghilangkan mata bengkak setelah menangis sebenarnya cukup mudah. Tapi apa sih sebenernya penyebab mata kita bengkak setelah menangis?

Air mata yang keluar saat kita menangis, memiliki kadar air yang lebih tinggi. Sedangkan jaringan sekitar mata kita mengandung cukup banyak garam dan sedikit air sehingga menyerap kelebihan air atau luapan tangisan. Akibatnya, menjadikan mata kita mudah bengkak setelah menangis.

Lalu apakah ada cara untuk mencegah mata bengkak usai menangis? Cukup sulit untuk mencari jawabannya, karena cara yang paling efektif, ya dengan tidak menangis.

2. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bengkak di mata

Cara Mudah Menghilangkan Mata Bengkak karena Kelamaan Menangisdestress.com

Berikut ini ada lima cara mudah untuk menghilangkan mata bengkak setelah kita menangis, di antaranya:

  • Kompres dingin, mengompres menggunakan air dingin dengan cara memejamkan mata. Kemudian letakkan handuk atau kain yang sudah direndam air dingin ke area mata selama kurang lebih 10 menit
  • Tidur dengan meninggikan kepala yaitu tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi
  • Kompres dengan irisan timun dingin. Caranya, cuci terlebih dahulu timun yang sudah didinginkan, lalu potong timun menjadi 2 irisan. Letakkan irisan timun ke mata hingga timun tidak lagi dingin
  • Kompres dengan kantung teh dingin, dengan cara basahi 2 kantung teh, lalu menyimpannya di kulkas selama 20 menit. Setelah itu, letakkan kantung teh di mata selama 15–30 menit
  • Gunakan make-up, jika kalian sedang buru-buru namun mata bengkak karena menangis, maka bisa mengoleskan concealer favorit kalian di area mata yang bengkak. Hal ini bisa sementara menyamarkan mata bengkak setelah menangis.

3. Cara millennial Bali menyamarkan bengkak di mata

Cara Mudah Menghilangkan Mata Bengkak karena Kelamaan MenangisFreepik/jcomp

Menangis adalah respons alami tubuh terhadap stres atau emosi tertentu. Mata bengkak karena menangis sebenarnya bukanlah suatu masalah. Apakah ada cara untuk mengentikan tangisan? Nah beberapa cara berikut ini bisa dilakukan, di antaranya:

  • Hadapkan pandangan dan dagu ke atas
  • Alihkan pikiran dari emosi dan hal-hal yang membuat sedih
  • Cubit kulit yang ada di antara jempol dan jari telunjuk
  • Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan dengan perlahan

Salah satu mahasiswi yang bernama Kadek Febri (27) mengungkapkan bahwa matanya kerap bengkak ketika ia menangis. Apalagi matanya sipit sehingga bengkaknya semakin terlihat jelas.

“Kelihatan banget. Aku kucek aja,” jawabnya pada Rabu (14/4/2021).

Hal senada juga diungkapkan oleh Khania Ayu (24). Ia kerap membiarkan matanya bengkak saat menangis. “Tak biarin saja, nanti juga hilang sendiri,” jawabnya.

Sedangkan Yani (24), memilih menggunakan eyeliner untuk menyamarkan kelopak matanya yang bengkak usai menangis.

“Aku sesudah nangis langsung cuci muka biar tidak bengkak matanya,” kata Yani.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya