Comscore Tracker

4000 Koperasi di Bali Bakal Dapat Bantuan Hingga Rp30 Juta

Masyarakat juga jangan bergantung pada pariwisata

Denpasar, IDN Times – Gubernur Bali, I Wayan Koster, menyebutkan ada 4000 lebih koperasi di Bali yang akan menikmati bantuan stimulus dalam bentuk Bantuan Tidak Terduga (BTT) bagi pelaku usaha koperasi. Hal ini dilakukan mengingat koperasi sebagai salah satu motor penggerak ekonomi kerakyatan, dan memiliki ketahanan yang tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan situasional, serta peranan fungsi sosial dari koperasi yang telah berjalan dengan baik.

Hal ini terbukti ketika koperasi masih mampu mempertahankan usahanya di tengah pandemik COVID-19. Mereka masih memberikan bantuan kepada para anggota dan masyarakat untuk meringankan beban ekonominya.

1. Diperkirakan lebih dari 4000 koperasi di Bali akan mendapatkan bantuan secara bertahap dengan besaran Rp10 juta sampai Rp30 juta

4000 Koperasi di Bali Bakal Dapat Bantuan Hingga Rp30 JutaIlustrasi uang (IDN Times/Mela Hapsari)

Lebih dari 4000 koperasi di Bali akan menikmati bantuan ini, namun dengan syarat. Yaitu koperasi yang status operasionalnya masih aktif, eksis, dan memenuhi syarat-syarat lain yang ditentukan.

“Yang akan menerima semua jenis koperasi, yang terdaftar, by name, by address. Nanti diverifikasi dulu apakah masih aktif, ada pengurusnya, kegiatannya jalan, kantornya ada, sesuai alamat. Kalau yang tidak aktif, ya jangan. Kalau semuanya memenuhi syarat, itu ada sekitar empat ribu koperasi,” ungkapnya, pada Selasa (2/6).

Sedangkan besaran nilai bantuan yang akan diterima bervariasi, tergantung dari jenis koperasinya. Mulai dari Rp10 juta hingga Rp30 juta.

“Untuk koperasi binaan kabupaten/kota mendapat bantuan Rp10 juta, dan untuk binaan Pemprov sebesar Rp30 juta. Jangan dilihat dari nilainya. Mungkin terasa kecil, tapi setidaknya ada untuk meringankan biaya operasional. Karena seperti diketahui, pemerintah pun kena imbas pandemik ini yang membuat PAD menurun. Bedik ade, bedik kanggoang dumun, tapi pang ajak mekejang pade maan duman (Kalau pun ada sedikit, dimaklumi saja segitu. Tapi biar sama-sama dapat bagian),” kata Koster.

Baca Juga: Bali Tidak Mau Normal Baru, Koster: Pemda yang Paling Tahu Lapangan

2. Pemprov Bali juga merencanakan ekspor produk lokal Bali, baik pertanian maupun kerajinan

4000 Koperasi di Bali Bakal Dapat Bantuan Hingga Rp30 JutaPixabay/GoPlaces

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali rencananya akan mencanangkan ekspor produk-produk lokal Bali. Baik produk pertanian maupun kerajinan dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sehingga tidak semata-mata bertumpu pada sektor pariwisata.

“Produk-produk kita utamanya hasil pertanian sangat digemari negara-negara lain seperti manggis yang diminati Tiongkok. Begitu pula hasil kerajinan perak, emas dan sebagainya,” ungkapnya.

Pada saat ini, aktivitas tersebut sebenarnya masih tetap berjalan dengan mengandalkan jalur laut, tapi terkendala transportasi udara.

Baca Juga: Punya Masalah Hukum di Tengah Pandemik? Ini Nomor WA Kemenkumham Bali

3. Tercatat sebanyak 758 koperasi yang akan menerima bantuan tahap pertama

4000 Koperasi di Bali Bakal Dapat Bantuan Hingga Rp30 Jutaidn media

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Wayan Mardiana, dalam laporannya menambahkan sasaran penerima bantuan yang akan diberikan adalah koperasi binaan provinsi dan kabupaten/kota se-Bali.

Pada tahap pertama, jumlah koperasi yang telah memenuhi persyaratan sebanyak 758 koperasi, dengan rincian binaan provinsi sebanyak 93 koperasi dan binaan kabupaten/kota sebanyak 665 koperasi. Sisanya menunggu proses kelengkapan administrasi.

Sedangkan Ketua KSU Nawa Eka Cita Denpasar, I Nyoman Sudarsa, menyampaikan memang dalam situasi pandemik ini, usaha koperasi sangat membutuhkan bantuan likuiditas.

“Karena benar-benar terasa dampaknya, penurunan hampir 50 persen, bahkan lebih. Dengan adanya stimulus ini tentu akan sangat membantu penanganan biaya operasional kami semisal untuk pembayaran gaji, listrik, air, bunga-bunga pinjaman yang juga kami miliki,” ujar Nyoman Sudarsa.

Baca Juga: Biar Tak Stres, Dua Pantai di Bali Dibuka Khusus Turis Asing

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya