Comscore Tracker

5 Cara Meningkatkan Citra Pariwisata Indonesia Menurut Wishnutama

Wishnu mencontohkan lokasi film The Lord of the Rings

Badung, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, berencana akan meningkatkan citra pariwisata dengan Single Nation Branding pada 2020 mendatang. Hal ini disebutnya sebagai salah satu strategi berdaya saing dari Kemenparekaf.

“Akan dibuat Single Nation Branding. Dengan menggunakan kata Indonesia. Ke depannya setiap Kementerian Lembaga Pemerintah dan Swasta akan menggunakan Nation Branding ini. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri, misalnya dicantumkan dalam produk-produk buatan Indonesia, di kartu nama dan semua bentuk promosi yang berkaitan dengan Indonesia,” terangnya.

Ada lima cara untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia. Menurut Wishnu, berikut ini di antaranya:

1. Indonesia bisa berkaca kepada Thailand dan Pulau Fiji

5 Cara Meningkatkan Citra Pariwisata Indonesia Menurut WishnutamaIDN Times/Dwi Agustiar

Untuk meningkatkan branding produk-produk Indonesia ke depan, Wishnutama mencontohkan Thailand, memiliki sebuah brand yang begitu mendunia bernama Red Bull.

Sementara itu sebuah pulau kecil di Pasifik bernama Fiji, juga memiliki brand yang sangat terkenal di mancanegara bernama Fiji Water.

“Ini saatnya di Indonesia juga memiliki brand yang dapat dikenal di seluruh dunia,” terangnya.

Baca Juga: Benarkah Bali Tak Layak Dikunjungi? Ini 4 Reaksi Turis Asing dan Guide

2. Gastronomi Indonesia adalah cerminan wajah Indonesia

5 Cara Meningkatkan Citra Pariwisata Indonesia Menurut Wishnutamainstagram.com/sotoafung/

Begitu juga, gastronomi atau tata boga atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makanan dan minuman, rupanya dipandang Wishnutama sebagai potensi untuk mem-branding produk Indonesia.

“Kuliner juga merupakan cerminan wajah Indonesia di luar negeri,” jelasnya.

Menurut Wishnutama, gastronomi ini digunakan oleh beberapa Negara untuk mem-branding pariwisatanya dan sebagai window-nya negara tersebut. Seperti turis Australia yang hingga saat ini suka mengunjungi restoran-restoran yang bercita rasa Pulau Bali. “Ini yang rasanya ke depan harus kita lakukan,” terangnya.

3. Brand dan kuliner membantu awareness pariwisata Indonesia. Apalagi sebentar lagi Indonesia jadi tuan rumah MotoGP dan Piala Dunia

5 Cara Meningkatkan Citra Pariwisata Indonesia Menurut Wishnutamamotogp.com

Wishnutama menegaskan, secara tidak langsung brand dan kuliner membantu awareness pariwisata Indonesia. Apalagi Indonesia juga kerap menggarap event-event dunia dan berkualitas, yang mampu menarik wisatawan mancanegara.

“Kita tahu sebentar lagi kita akan menyelenggarakan MotoGP, Piala Dunia. Saya harap ke depan kita juga bisa menyelenggarakan acara-acara yang sekelas Internasional,” katanya.

4. Indonesia bisa belajar dari film Lord of The Rings untuk menarik wisatawan

5 Cara Meningkatkan Citra Pariwisata Indonesia Menurut Wishnutamafemalefirst.co.uk

Lagi-lagi Menteri Wishnutama memiliki terobosan untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia. Yaitu dengan melirik industri perfilman. Pihaknya mencontohkan film The Lord of the Rings yang diproduksi di New Zealand. Selepas film itu tayang, wisatawan yang berkunjung ke New Zealand jadi meningkat. Begitu juga dengan Singapura. Setelah memproduksi film Crazy Rich, daya tarik Singapura sangat meningkat.

“Sudah saatnya kita memproduksi atau bekerja sama dengan produsen film luar untuk memproduksi film–film yang berlokasi di Indonesia. Dan kita tahu juga di Bali pernah memproduksi sebuah film yang saya yakin, itu juga sedikit meningkatkan daya tarik Pulau Bali,” kata Wishnu.

5. Fokus promosi pariwisata juga melalui digital

5 Cara Meningkatkan Citra Pariwisata Indonesia Menurut WishnutamaPexels.com/PhotoMIX Ltd.

Tak kalah penting, menteri pilihan Jokowi periode kedua ini juga membidik promosi wisata melalui digital. Karena digital dinilai bisa memahami target market, kapan mempromosikan sesuatu, dan memahami pula apa yang mereka sukai.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Just For You