Comscore Tracker

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada Motorcross

Wah, gokil sih ini!

Motor listrik semakin diincar oleh masyarakat Indonesia, apalagi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan yang fluktuasi. Para raksasa produsen motor semakin berlomba untuk menghadirkan motor listrik, termasuk Honda.

Mereka telah memproduksi banyak motor listrik andalannya. Ini dia rekomendasi motor listrik Honda.

Baca Juga: 5 Dealer Motor Listrik di Bali, Jangan Salah Pilih

1. Honda U-Be

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossHonda U-Be. (wuyang-honda.com)

Honda U-Be dibanderol mulai Rp7 jutaan. Motor listrik Honda ini memiliki desain futuristik yang mungil. Motor listrik ini hasil kerja sama Honda dengan pabrikan Wuyang.

Honda U-Be menggunakan jok motor single seat, sehingga hanya muat untuk satu orang saja. Baterainya sekali cas (charge) mampu menempuh jarak 85 kilometer dengan kecepatan maksimal 25 kilometer per jam (km/jam). Honda U-Be baru tersedia untuk pasar di Tiongkok saja.

Baca Juga: BBM Naik, 5 Rekomendasi Motor Listrik yang Bisa Kamu Pilih

2. Honda U-Go

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossHonda U-Go. (wuyang-honda.com)

Motor listrik Honda yang satu ini sudah terdaftar di laman situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Indonesia. Desain Honda U-Go mirip dengan Honda U-Be, namun joknya lebih besar dan muat untuk dua orang.

Walaupun bentuknya mungil, namun memiliki kapasitas bagasi sekitar 26 liter. Jadi cukup untuk menaruh helm half face. Sekali cas, Honda U-Go digadang-gadang mampu menembus jarak hingga 130 kilometer. Harga motor ini di Pasar Tiongkok dilepas mulai Rp17 jutaan, setara dengan harga Honda Beat di Tanah Air ya.

3. Honda U-Be Cross

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossHonda U-Be Cross. (wuyang-honda.com)

Suka medan yang lebih menantang? Kamu bisa menggunakan motor listrik Honda U-Be Cross. Desain motor listrik ini mirip dengan Honda U-Be, namun dimodifikasi agar nyaman dikendarai dalam dua medan berbeda, yaitu medan perkotaan dan medan yang lebih berat atau semi offroad.

Untuk mengakomodir hal tersebut, Honda menambahkan beberapa modifikasi pada tipe motor ini. Bannya menggunakan dual purpose dengan bentuk tapak yang lebih besar. Suspensi depan menggunakan cover shockbreaker model per ulir. Modifikasi lainnya pada bagian spakbor belakang dan depan dengan kesan offroad yang kental.

Harga motor listrik Honda ini dibanderol mulai Rp11 jutaan untuk pasar Tiongkok. Honda U-Be Cross ini belum masuk ke Indonesia.

4. Honda V-Go

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossHonda V-Go. (honda-sundiro.com)

Masih dengan desain mungil dan futuristik, Honda V-Go hadir sebagai motor listrik pintar dari Honda. Honda V-Go memiliki fitur dan teknologi canggih seperti panel instrumen digital, sistem navigasi, sistem keyless, dan sistem keamanan dari pencurian. Karena V-Go memiliki fitur koneksivitas antara handphone dan motor.

Motor listrik ini bisa melaju hingga 55 km/jam dan mampu menempuh jarak sekitar 60 kilometer dalam sekali cas. Harganya dibanderol mulai Rp17 jutaan di pasaran Tiongkok.

5. PCX Electric

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossHonda PCX Electric. (astramotor.co.id)

Motor listrik Honda kelima adalah tipe PCX. Seperti diketahui, PCX termasuk tipe motor Honda yang populer di Indonesia. Bentuk PCX listrik sama dengan PCX BBM.

Perbedaannya hanya pada desain yang lebih futuristik dan sporty. Saat ini, PCX Electric baru diuji coba pada layanan trasportasi online untuk mengangkut penumpang.
Motor listrik Honda ini belum dijual, namun masih dengan harga Rp1,9 juta per bulan dengan masa sewa minimal satu tahun. Honda PCX Electric mampu menempuh jarak hingga 41 kilometer dan kecepatan maksimum 45 km/jam.

6. Honda Benly e

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossMotor listrik Honda kategori e-Business Bike Series. (global.honda)

Honda Benly e adalah motor listrik Honda kategori Honda e: Business Bike Series. Motor listrik kategori ini dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis.

Motor ini telah digunakan di Japan Post dan Vietnam Post untuk keperluan pengantaran. Honda Benly e memiliki desain bodi kompak. Terdiri dari dua varian yaitu Benly e: I dan I Pro, yang mampu melaju hingga 30 km/jam dengan menempuh jarak 87 kilometer.

Varian kedua adalah Honda Benly e: II dan II Pro yang mampu melaju hingga 60 km/jam dengan menempuh jarak 43 kilometer. Selain Honda Benly e, terdapat type lainnya untuk kategori e: Business Bike Series, yaitu Gyro e dan Gyro Canopy e.

7. Honda CR Electric

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossMotor listrik Honda CR Electric. (YouTube.com/ Tyler Monagan)

Bagi penggemar motor trail atau motocross, bisa mencoba Honda CR Electric. Motor listrik Honda ini memiliki desain yang tidak jauh beda dengan motorcross Honda CRF250R.

Motor listrik yang menggunakan rangka alumunium twin-spar ini memiliki bentuk mesin yang unik. Mesinnya dibiarkan terlihat telanjang (ditutup sebagian) dan terlihat menggunakan cover CNC (Computer Numerical Control) merah berlogo Mugen. Honda belum mengeluarkan spesifikasi resmi dari motor jenis trail ini.

8. Honda CUV-ES 1994

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossMotor listrik Honda CUV-ES 1994. (lrnc.cc)

Honda Jepang ternyata sudah memproduksi motor listrik sejak tahun 1994. Motor listrik yang diproduksi memiliki nama Honda CUV-ES 1994, mengambil desain tampilan khas motor skutik pada zaman itu.

Motor ini memiliki kecepatan maksimum 30 km/jam dan mampu menjelajah sejauh 61 kilometer. Motor listrik ini diporduksi di Jepang dan hanya dijual terbatas sebanyak 200 unit kepada instansi pemerintahan di Negeri Sakura.

9. Honda e-SCR dan e-POP

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossMotor listrik Honda e-POP. (motoeletricabrasil.com)

Motor listrik Honda e-SCR dan e-POP memiliki tampilan yang berbeda. Untuk e-SCR memiliki desain tampilan yang lebih sporty, sedangkan e-POP lebih klasik modern. Kedua motor ini diproduksi dan dipasarkan di China dengan label Wuyang Honda.

Honda e-SCR dan e-POP mampu melaju hingga 52 km/jam dengan jarak jelajah sekitar 70 kilometer. Harga Honda e-SCR berkisar Rp8,9 jutaan dan e-POP sekitar Rp8,5 jutaan.

10. Honda menyiapkan lebih dari 10 motor listrik hingga tahun 2025

10 Motor Listrik Honda Mulai 7 Jutaan, Ada MotorcrossDesain siluet motor listrik yang akan dirilis Honda. (global.honda)

Sebagai produsen utama motor di dunia, Honda Motor Company (Honda) ikut ambil bagian dalam proses konversi ke penggunaan motor listrik di dunia. Seperti dikutip di situs Global.honda, Honda akan merilis lebih dari 10 model motor listrik hingga tahun 2025 mendatang.

Situs tersebut menampilkan 11 gambar siluet desain motor listrik Honda yang akan diluncurkan. Terlihat, motor-motor listrik akan dirilis terdiri dari beragam jenis big bike atau fun EV (Electric Vehicle). Motor-motor listrik ini diluncurkan terkait juga dengan program mencapai netralitas karbon pada 2040.

Motor listrik Honda di atas belum resmi dijual untuk publik di Indonesia. Jadi kamu harus bersabar menunggu motor-motor listrik Honda tersebut masuk ke Indonesia ya!

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya