Comscore Tracker

6 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Bersertifikat Kominfo

Ada yang abal-abal lho

Pada akhir April 2022, tahapan penghentian siaran televisi (TV) analog dan beralih ke siaran TV Digital akan dimulai. Tahapan yang sering disebut dengan istilah ASO atau Analog Switch Off ini mengharuskan masyarakat yang belum memiliki TV digital untuk membeli Set Top Box (STB) TV Digital jika ingin menyaksikan siaran televisi dalam format digital.

Kini sudah banyak STB yang beredar di masyarakat. Namun untuk memilih STB tersebut, kamu tidak boleh sembarang membelinya. Satu syarat untuk membelinya adalah STB tersebut harus memiliki sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Sesuai berita yang dilansir Siarandigital.kominfo.go.id, ada beberapa tanda khusus di kemasan perangkat STB yang sudah disertifikasi. Yaitu terdapat tulisan DVB T2, 'Siap Digital', dan gambar maskot Modi.

Berikut 6 set top box bersertifikat Kominfo menurut Siarandigital.kominfo.go.id.

Baca Juga: 15 Tools WhatsApp Marketing untuk Bantu Tingkatkan Bisnismu 

1. Venus Brio 

6 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Bersertifikat Kominfoilustrasi. (pixabay.com/mojzagrebinfo)

Venus Brio merupakan STB buatan Indonesia. STB ini bisa menggunakan antena TV khusus digital atau antena TV sebelumnya. STB ini menyediakan koneksi HDMI, RCA, dan RGB untuk menghubungkannya ke TV atau perangkat lainnya. STB juga dapat digunakan untuk TV jenis tabung.

Harganya mulai Rp160 ribu yang bisa dibeli melalui marketplace. Selain menonton siaran TV digital, STB ini juga bisa digunakan sebagai media player untuk file dengan format foto maupun video. Jadi kamu juga bisa menonton film yang sudah kamu download sebelumnya, dan disimpan ke dalam flashdisk.

2. Polytron PDV 600T2 

6 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Bersertifikat KominfoFoto hanya ilustrasi. (pixabay.com/Viki_B)

STB PDV 600T2 ini keluaran Polytron, pabrikan peralatan elektronik yang sudah tidak asing lagi di telinga. STB ini memiliki fasilitas untuk merekam siaran TV yang diinginkan.

STB yang dijual mulai Rp300 ribu ini bisa digunakan untuk TV tabung dan jenis LED atau LCD karena mendukung koneksi HDMI serta RCA. STB ini bisa juga digunakan untuk memutar file film atau video, foto, dan mp3.

3. Tanaka T2 

6 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Bersertifikat KominfoFoto hanya ilustrasi. (Unsplash.com/Erik Mclean)

Selain menonton siaran TV digital, STB Tanaka T2 juga bisa digunakan untuk menyaksikan video YouTube kesukaanmu dan memutar file video melalui flashdisk. STB ini juga mendukung fitur mirroring, di mana bisa menampilkan layar handphone kamu di TV.

STB ini memiliki casing yang terbuat dari besi, sehingga lebih bisa menyerap panas. Koneksinya mendukung HDMI dan RCA, jadi bisa digunakan juga untuk TV tabung. Harganya mulai Rp170 ribu.

4. Evercoss STB Box Pro 

6 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Bersertifikat KominfoIlustrasi remote TV (IDN Times/Umi Kalsum)

Evercoss STB Box Pro bisa digunakan untuk TV tabung maupun LCD atau LED karena menggunakan koneksi RCA dan HDMI. Selain itu, STB ini bisa menggunakan antena TV yang lama.

STB ini harganya mulai Rp169 ribu dengan fitur-fitur yang lengkap. Kamu bisa menonton tayangan YouTube karena disertai dengan USB dongle untuk WiFi, dan dapat memutar file digital untuk file video, foto, serta musik.

Fitur lainnya, STB ini mendukung mirroring dengan menggunakan aplikasi Apple Cast. Nantinya kamu bisa menampilkan tampilan handphone di layar TV.

5. Akari ADS-2230 

6 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Bersertifikat Kominfoilustrasi (pixabay.com/afra32)

STB Akari ADS-2230 bisa digunakan untuk merekam tayangan TV, memutar file video dengan format MPEG 1/2/4 dan H.264.

Koneksi RCA dan HDMI yang dimiliki bisa digunakan untuk TV tabung. STB ini dijual mulai harga Rp239 ribu.

6. Matrix Apple 

6 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Bersertifikat Kominfoilustrasi (pexels.com/oleg-magni)

STB Matrix Apple memiliki fitur untuk memutar video YouTube, dengan syarat di lokasi pemasangannya terdapat koneksi internet melalui WiFi. STB ini dapat digunakan pada segala jenis TV karena ada koneksi RCA dan HDMI.

STB yang bisa merekam tayangan TV ini dibanderol seharga Rp214 ribu. STB ini juga memiliki koneksi USB untuk memutar file video, foto, dan musik melalui flashdisk.

Gak perlu bingung lagi untuk memilih STB yang sesuai dengan kebutuhan dan dompetmu. STB ini bisa dibeli secara online melalui marketplace atau di toko elektronik. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi antena di rumah harus baik, dan daerahmu menerima sinyal siaran digital dengan kualitas sinyal yang bagus.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya