Comscore Tracker

Profil 5 Orang Penting di Balik Kemenangan Arab Saudi

Arab Saudi cetak sejarah baru di Piala Dunia

Kejutan terjadi saat laga penyisihan Grup C antara Arab Saudi melawan Argentina, Selasa (22/11/2022) malam. Argentina harus takluk di hadapan Arab Saudi dengan skor 1-2. Walaupun Lionel Messi mencetak gol untuk Argentina, namun belum mampu membawa timnya memenangkan pertandingan.

Arab Saudi bukanlah tim unggulan dibandingkan tim Tango. Namun tim Timur Tengah ini mampu bermain taktis untuk mematikan pergerakan Lionel Missi dkk. Tanpa mengesampingkan peran pemain lain, berikut 5 pemain penting Arab Saudi yang membawa kemenangan laga melawan Argentina.

Baca Juga: Profil Youssoufa Moukoko Pemain Termuda di Piala Dunia 2022

1. Saleh Khaled Al-Shehri

Pemain Arab Saudi berposisi sebagai penyerang tengah ini menjadi pembalas gol yang diciptakan oleh Lionel Messi sekaligus pembuka keran gol Arab Saudi. Pemain seharga 12,17 miliar ini bermain untuk klub Al-Hilal Saudi FC.

Lahir pada 1 November 1993 di Jeddah, Arab Saudi, pemain ini sontak menjadi sorotan publik sepak bola ketika berhasil membawa Timnas Arab Saudi membekuk kandidat juara Piala Dunia 2022. Ia memulai karier sepak bola profesionalnya saat bergabung bersama Al-Ahli U23 pada tahun 2009. Ia juga pernah bermain di klub Liga Portugal, SC Beira-Mar, dengan status pinjaman.

Selama kariernya, ia telah bermain 187 kali dengan menciptakan 33 gol. Bersama Timnas Arab Saudi, ia telah bermain sebanyak 18 kali untuk Timnas senior dengan raihan 9 gol, 5 kali untuk Timnas U-23 dengan raihan 3 gol, dan Timnas Arab Saudi U-20 dengan raihan 8 gol.

2. Salem Al-Dawsari

Salem Al-Dawsari bermain di klub yang sama dengan Saleh Khaled Al-Shehri. Ia juga menjadi penentu kemenangan Arab Saudi atas Argentina. Gol yang diciptakan pemilik tinggi badan 1,71 meter pada menit ke-53 ini, mampu membungkam fans Argentina di seluruh dunia.

Al-Dawsari tercatat pernah bermain di klub Villareal CF yang berada di LaLiga, liga kasta tertinggi Spanyol dengan status pinjaman dari klub Al-Hilal Saudi FC. Penyerang Timnas Arab Saudi ini dibesarkan oleh klub Al-Hilal Saudi FC  karena sejak awal, ia berkarier di klub ini sampai sekarang.

Pemain seharga Rp31,29 miliar ini bermain untuk klub yang ia bela sebanyak 310 kali dengan torehan 71 gol. Untuk Timnas Arab Saudi senior, ia sudah bermain sebanyak 71 kali dengan raihan 17 gol, bermain 4 kali untuk Timnas U-20, dan 3 kali tampil untuk Timnas Olimpiade dengan mencetak 1 gol.

3. Ali Al-Bulayhi

Ali Al-Bulayhi adalah pemain Timnas Arab Saudi yang lahir pada 21 November 1989 di Diriyah. Ia kini tercatat sebagai pemain klub Al-hilal Saudi FC dengan posisi sebagai pemain belakang dan bek tengah.

Walaupun posisinya sebagai pemain belakang, tak jarang juga menciptakan gol ke gawang musuh. Hal ini dapat dilihat dari statistik gol yang pernah diciptakannya sebanyak 16 gol dalam 200 pertandingan selama membela klubnya. Pemain seharga Rp6,95 miliar ini telah bermain untuk Timnas Arab Saudi sebanyak 37 kali.

Hal menarik terjadi ketika Timnas Arab Saudi bertemu Argentina di leg pertama Piala Dunia 2022. Ali Al-Bulayhi sempat melontarkan perang urat saraf kepada Messi swtwlah gol kedua Arab Saudi tercipta. Ia tertangkap kamera berteriak kepada penyerang Argentina tersebut.

4. Hassan Al-Tambakti

Profil 5 Orang Penting di Balik Kemenangan Arab SaudiHassan Al-Tambakti. (transfermarkt.co.id)

Hassan Al-Tambakti termasuk pemain muda Timnas Arab Saudi yang berposisi sebagai bek tengah. Ia bersama Ali Al-Bulayhi sukses meredam keganasan Lionel Messi dkk. Bersama pemain bek Timnas Arab Saudi, Hassan Al-Tambakti, mereka mampu meredam aksi-aksi pemain depan Argentina yang mencetak gol ke gawang Arab Saudi.

Pemain kelahiran Riyadh, 9 Februari 1999 ini mulai merintis karier di klub Al-Shabab U23 sejak tahun 2018. Sempat pindah ke klub Al-Wehda FC pada 2019, namun kembali lagi ke Al-Shabab setahun kemudian. Ia sudah bermain 41 kali untuk klubnya, 19 kali untuk Timnas senior, dan 19 kali dengan dua gol untuk Timnas U-20. Nilai kontrak Al-Tambakti cukup tinggi yaitu sekitar Rp17,38 milyar.

5. Herve Renard

Herve Renard adalah otak di balik kesuksesan Arab Saudi mengalahkan Argentina. Pelatih berkewarganegaraan Prancis ini bukanlah pelatih sepak bola biasa. Ia dikenal sebagai pelatih yang mampu membawa tim-tim biasa berprestasi.

Sebut saja Timnas Zambia, yang diketahui bukan merupakan kekuatan penting di dunia sepak bola Afrika. Namun pada tahun 2012, pelatih kelahiran 30 September 1968 tersebut berhasil membawa Zambia menjadi juara Piala Afrika.

Herve Renard juga membawa Timnas Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika setelah menantinya selama 23 tahun.

Mantan pemain SC Daguignan ini mengawali kariet sebagai pelatih di mantan klubnya itu. Sempat menjadi pelatih di beberapa Timnas seperti Ghana, Zambia, Angola, Pantai Gading, dan terakhir Maroko sebelum menjadi pelatih Arab Saudi hingga sekarang. Pemilik lisensi Pro UEFA ini melatih Arab Saudi sejak tahun 2019.

Akankah Arab Saudi membuat kejutan lain, lolos dari fase grup misalnya? Sangat menarik untuk menanti kiprah Si Elang Hijau di pertandingan Piala Dunia 2022 ini.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya