3 Klub Peserta Liga 2 yang Berasal dari Papua

Akankah wakil dari Papua kembali bermain di Liga 1?

Liga 2 2023/2024 mulai bergulir, Minggu (10/9/2023). Total 28 klub yang terbagi menjadi 4 grup ini telah mempersiapkan skuadnya untuk berlaga di kompetisi kasta kedua Indonesia. Ada satu grup yang menarik untuk diulas, yaitu Grup 4.

Tiga klub asal Papua meramaikan Grup 4 yaitu PSBS Biak, Persipura Jayapura, dan Persewar Waropen. Empat klub lainnya diisi oleh klub asal Kalimantan dan Sulawesi yaitu Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, dan Persipal Babel United. Seperti apa ya skuad dari ketiga klub asal Papua ini? Simak ulasannya yuk!

Baca Juga: 4 Pemain Bali yang Bermain di Liga 2 2023/2024

Baca Juga: Deretan Klub Liga 2 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga 1

1. PSBS Biak andalkan dua pemain asing di lini depan

3 Klub Peserta Liga 2 yang Berasal dari PapuaPemain PSBS Biak (putih) saat berlatih tanding di Bali. (Instagram.com/psbsofficial)

PSBS Biak merupakan klub yang berasal dari Kabupaten Biak Numfor, Papua. Klub berjulukan Badai Pasifik ini memiliki persiapan matang untuk mengarungi Liga 2. Mereka merekrut Hendri Susilo, pelatih yang sempat membawa Persiraja Banda Aceh promosi ke Liga 1. Ia akan dibantu oleh mantan pemain Persipura Jayapura seperti Elie Aiboy dan Erol Iba.

Untuk menambah daya gedor, PSBS Biak merekrut pemain asal Brasil, Alexsandro Ferreira. Selain itu pemain asal Jepang, Ryohey Miyazaki, siap memberikan tusukan dari sektor sayap. Untuk mengawal lini belakang, ada nama Ruben Sanadi di sini. Dikutip dari unggahan akun Instagram @psbsofficial, Ruben Sanadi didapuk menjadi Kapten Badai Pasifik. Ruben Sanadi adalah mantan pemain Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, dan terakhir bermain untuk Bhayangkara Presisi Indonesia FC.

Selain Ruben Sanadi, PSBS Biak juga merekrut mantan pemain Bhayangkara lainnya, Yanto Basna. Nama Yanto Basna tentunya sudah tidak asing lagi bagi penggemar bola Tanah Air. Ia sempat bermain di Thailand dan memperkuat Timnas Indonesia.

2. Persewar Waropen tidak menggunakan pemain asing

3 Klub Peserta Liga 2 yang Berasal dari PapuaPemain Persewar Waropen saat latihan. (Instagram.com/persewarofficial)

Persewar Waropen merupakan klub yang berasal dari Kabupaten Waropen, Papua. Klub berjuluk Mutiara Bakau ini diisi oleh dua legenda bola asal Papua. Mereka adalah Eduard Ivakdalam sebagai pelatih, dan Boaz Solossa sebagai penyerang.

Walaupun Liga 2 memperbolehkan setiap klub peserta menggunakan dua pemain asing (satu Asia dan satu nonAsia), belum ada nama pemain asing dalam skuad Persewar Waropen. Persewar Waropen nampaknya tidak mengubah skuadyang turun pada Liga 2 2022/2023 lalu. Hanya ada nama Boaz Solossa yang hijrah dari PSS Sleman. Pada pertandingan pertama, Persewar Waropen akan menghadapi PSBS Biak, Senin (11/9/2023).

3. Persipura Jayapura

3 Klub Peserta Liga 2 yang Berasal dari PapuaTony Ho, pelatih Persipura Jayapura. (Instagram.com/persipurapapua1963)

Mendengar nama klub yang satu ini, tentunya penggemar sepak bola Indonesia akan mengingat prestasinya di kancah Asia. Persipura Jayapura pernah dua kali mewakili Indonesia dalam AFC Cup. Pada AFC Cup 2011/2012, Mutiara Hitam berhasil menembus babak perempat final. Sedangkan pada AFC Cup 2014/2015 mampu mencapai babak semifinal.

Pada kompetisi domestik, Persipura tercatat pernah menjadi juara sebanyak empat kali sebelum berubah nama menjadi Liga 1. Namun pada Liga 1 2021/2022, Persipura harus turun kasta ke Liga 2. Dikutip dari unggahan media sosial (medsos) di akun resmi Persipura, pada Liga 2 2023/2024 kali ini, Mutiara Hitam akan dilatih oleh Tony Ho, pemain legenda PSM Makassar.

Seperti halnya Persewar Waropen, Persipura belum mengisi kuota pemain asingnya. Mereka masih menggunakan skuad yang turun pada kompetisi musim lalu. Di akun Instagram milik Persipura Jayapura, belum banyak memberikan informasi mengenai skuad terbaru mereka. Akun Instagram Persipura Jayapura baru mulai aktif pada 4 September 2023 dengan postingan bertuliskan Log In. Persipura Jayapura akan menghadapi tuan rumah Kalteng Putra, pada Minggu (10/9/2023).

Pastinya ketiga klub asal Papua ini berusaha untuk mendapatkan jatah tiga tiket promosi ke Liga 1. Akankah wakil dari Papua kembali bermain di Liga 1 musim depan?

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya