TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023

Dia asal Bangli yang bermain di Kalimantan

Komang Teguh Trisnanda saat membawa timnas U16 menjuarai Piala AFF U16 2018. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Bali sejak dulu selalu menyumbang para pemain sepak bola berbakat di Tanah Air. Ada nama Made Pasek Wijaya, Bayu Sutha, Komang Adnyana, dan lainnya yang cukup disegani di dunia sepak bola.

Hingga kini, pesepak bola Bali masih disegani. Itu terbukti, beberapa pemain asal Bali menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Yaitu Komang Teguh Trisnanda.

Baca Juga: Perjalanan Bali United Mengikuti Liga 1, Belum Konsisten?

Baca Juga: Timnas Sepak Bola Indonesia Baru 2 Kali Raih Emas SEA Games

1. Komang Teguh lahir di Bangli

Komang Teguh Trisnanda saat membela timnas Indonesia. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Bangli adalah satu-satunya Kabupaten di Bali yang tidak memiliki laut. Kabupaten yang cenderung dingin ini menjadi tempat kelahiran Komang Teguh.

Komang Teguh lahir pada 28 April 2002. Usia Komang Teguh saat ini adalah 21 tahun. Tergolong masih muda, nama Komang Teguh sudah dikenal oleh masyarakat pencinta bola Indonesia.

2. Sejak dini sudah bermain bola

Komang Teguh Trisnanda. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Komang Teguh memiliki minat yang tinggi terhadap olahraga sepak bola. Ia mulai bermain bola secara serius sejak 9 tahun. Ia memilih Sekolah Sepak Bola (SSB) Bali Bintang Centre pada tahun 2011 untuk mengasah kemampuan bermain bolanya.

Ia bergabung di beberapa SSB Kota Denpasar, di antaranya SSB Guntur tahun 2012 dan SSB Putra Tresna Denpasar dari tahun 2012 hingga 2016.

3. Bergabung dengan Tim Garuda Select

Komang Teguh Trisnanda. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Memasuki masa SMA, ia melanjutkan ke Jakarta untuk menempuh pendidikan di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan. Bermain bola di diklat Ragunan membuat Komang Teguh semakin mengasah teknik bermain bolanya.

Pemilik tinggi 176 sentimeter ini kemudian bergabung ke program Garuda Select asuhan Dennis Wise, sang legenda Chelsea di tahun 2019. Ia bersama rekan-rekannya di Garuda Select bertanding melawan beberapa klub bola di luar negeri.

4. Dipinang oleh klub profesional Borneo FC

Komang Teguh Trisnanda saat mengenakan kostum Borneo FC. (Instagram.com/borneofc.id)

Komang Teguh saat ini mampu bermain di dua posisi, yaitu gelandang bertahan dan stopper atau bek tengah. Karena kemampuan bertahan yang dimiliki pemain muda ini, manajemen Borneo FC kepincut untuk mengikatnya dalam kontrak profesional.

Pada tahun 2020, Komang Teguh secara resmi telah menjadi bagian dari klub Kalimantan berjuluk Pesut Etam. Total ia pernah bermain untuk Borneo FC sebanyak 10 pertandingan, baik di Liga 1 maupun Piala Menpora tahun 2021.

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya