5 Pemain Asing Bali United di Liga 1

Kapan pengumuman pemain asing barunya nih?

Liga 1 2023/2024 mulai bergulir 1 Juli 2023. Hampir semua klub peserta Liga 1 telah mengisi kuota pemain asing mereka. Bali United, klub kebanggaan masyarakat Bali ini masih menyisakan satu slot pemain asing.

Sesuai regulasi Liga 1 2023/2024, pemain asing yang diijinkan adalah berjumlah enam pemain dengan rincian 5 pemain asing bebas dan satu pemain asing ASEAN. Untuk melengkapi jatah pemain ASEAN, Bali United telah merekrut Elias Dolah di lini belakang. Lalu, siapa saja pemain asing Bali United yang akan berlaga di Liga 1 2023/2024?

Baca Juga: Jersey Baru Bali United, Ada Motif Kain Rangrang Nusa Penida

Baca Juga: Bintang Sepakbola Inggris Lingard di Bali, Tertarik Masuk Bali United?

1. Privat Mbarga

5 Pemain Asing Bali United di Liga 1Bali United saat melawan Dewa United. (Baliutd.com)

Penyerang sayap asal Kamerun ini masih dipertahankan Bali United untuk menggedor pertahanan lawan. Penampilannya bersama Bali United cukup menawan. Musim lalu ia berhasil mengkoleksi 16 gol, berada di bawah Spaso yang mencetak 17 gol.

Sebagai pemain yang didatangkan untuk menggantikan peran Melvin Platje, ia memiliki skill yang ditunjang dengan kecepatan lari untuk menusuk daerah pertahanan lawan. Sebelum bermain di Liga 1, ia sempat bermain di Liga Kamboja bersama Svay Rieng FC. Uniknya, ia sempat menjadi pencetak gol penentu kemenangan Svay Rieng saat melawan Bali United di fase grup Piala AFC 2020 silam.

2. Brwa Nouri

5 Pemain Asing Bali United di Liga 1Brwa Nouri saat bersama trofi juara Liga 1. (Instagram.com/brwanouri)

Saat ini, Brwa Nouri menjadi pemain asing terlama yang memperkuat Serdadu Tridatu. Ia direkrut Bali United pada tahun 2018 dari klub Ostersunds FK asal Swedia. Kedatangan pemain berkewarganegaraan Irak ini membuat aliran bola di lini tengah terjaga dengan baik.

Brwa Nouri telah mengangkat trofi juara bersama Bali United sebanyak dua kali. Walupun saat ini ia berusia 36 tahun, namun kemampuannya sebagai pemain gelandang masih menjadi tumpuan Bali United. Ketenangan dan umpan-umpan akuratnya, membuat Brwa Nouri menjadi salah satu pemain asing yang disegani di Liga 1.

3. Eber Bessa

5 Pemain Asing Bali United di Liga 1Pemain Bali United. (dok. Bali United)

Pemain asal Brasil yang didatangkan pada September 2021 ini mampu memberikan warna baru di Bali United. Ia didatangkan untuk mengganti peran Paulo Sergio yang memutuskan hengkang dari Bali United. Eber Bessa kerap memperlihatkan skill Samba ala Brasilnya ketika mengoceh lawan di lapangan.

Wajar Bali United mempertahankan pemain berposisi gelandang serang ini. Eber Bessa memiliki catatan apik di Liga 1 2022/2023 lalu. Ia tercatat sebagai pemain dengan assist terbanyak yaitu 10 assist pada Liga 1 2022/2023 bersama Wiljan Pluim (PSM Makassar) dan Stefano Lilipaly (Borneo FC).

4. Adilson Maringa

5 Pemain Asing Bali United di Liga 1Adilson Maringa. (Baliutd.com)

Tidak mau mengulang kerapuhan lini belakang pada musim lalu, kali ini Bali United menggunakan kiper asing. Mereka mendatangkan Adilson Maringa dari Arema FC. Maringa didapuk untuk menggantikan peran Nadeo Argawinata yang memilih hengkang ke Borneo FC.

Namun, dalam beberapa pertandingan uji coba dan play off Liga Champions Asia, pemain kelahiran Brasil ini belum mampu menunjukkan performa terbaiknya. Bahkan, saat leg kedua antara PSM vs Bali United, Maringa terkena kartu merah. Semoga Maringa bisa semakin padu dalam perjalanan di Liga 1 2023/2024 bersama Bali United.

5. Elias Dolah

5 Pemain Asing Bali United di Liga 1Elias Dolah saat diperkenalkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta. (Instagram.com/eliasdolah4)

Selain mendatangkan kiper asing, Bali United mendatangkan bek dari Thailand, Elias Dolah. Sebelum memutuskan bermain untuk Bali United, Elias Dolah bermain untuk klub papan atas Thailand, Port FC. Pemain kelahiran Swedia ini juga menjadi andalan lini belakng Timnas Thailand di ajang Piala AFF 2020.

Elias Dolah mendapatkan tugas menggantikan peran Willian Pacheco yang memilih kembali ke negara asalnya, Brasil. Lini belakang Bali United memang cukup rapuh setelah ditinggalkan Pacheco. Serdadu Tridatu sempat mendatangkan bek asal Brasil, Wellington Carvalho, namun performanya sangat jauh dari yang diharapkan.

Akankah lini belakang Bali United menjadi lebih kokoh dengan kedatangan Maringa dan Elias Dolah? Sangat menarik untuk disimak nih peran kedua pemain asing ini di Liga 1 2023/2024. Selain Liga 1, mereka harus menjalani babak play off Liga Champions Asia menghadapi Lee Man, klub yang menjadi runner up Hongkong Premier League, dan Urawa Red Diamond sang juara Liga Champions Asia 2022/2023 lalu.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya