5 Jersey Tim Liga 1 2023/2024, Angkat Kearifan Lokal

Keren banget ya motifnya khas Nusa Penida ini

Para peserta kompetisi kasta tertinggi Tanah Air telah merilis jersey resmi mereka untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023/2024. Jersey ini nantinya digunakan selama pertandingan Liga 1 2023/2024 di kandang maupun tandang.

Masing-masing klub pasti menghadirkan jersey terbaiknya. Beberapa klub bahkan mengangkat kearifan lokal daerah mereka. Seperti apa ya makna-makna dari masing-masing jersey tersebut?

1. Jersey Bali United

5 Jersey Tim Liga 1 2023/2024, Angkat Kearifan LokalJersey Bali United. (Baliutd.com)

Bali United meluncurkan jersey terbaru mereka, pada Kamis (29/6/2023). Dikutip dari situs Baliutd.com, jersey Serdadu Tridatu kali ini kembali mengakar pada identitas budaya Bali. Warna dasar jersey kembali mengambil Tridatu (merah, putih, dan hitam) yang juga menjadi julukan Bali United, Serdadu Tridatu. Warna ini diaplikasikan untuk jersey home berwarna merah, away berwarna putih, dan warna hitam untuk jersey alternatif.

Identitas budaya Bali lainnya yang ada di jersey adalah motif Kain Rangrang dan Kain Poleng. Rangrang adalah kain tenun khas Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, dengan motif belah ketupat, geometris zigzag, dan lajur vertikal warna-warni sebagai simbol daerah pegunungan maupun perbukitan.

Sedangkan Kain Poleng adalah ciri khas Bali sebagai simbol Rwa Bhineda (baik dan buruk), dan juga memiliki makna sebagai penjaga. Specs masih menjadi official apparel dari Bali United.

2. Jersey Madura United

5 Jersey Tim Liga 1 2023/2024, Angkat Kearifan LokalJersey Madura United. (Maduraunitedfc.com)

Dikutip dari situs Maduraunitedfc.com, Madura United merilis jersey dengan konsep sederhana namun penuh makna. Laskar Sape Kerrab masih menggunakan corak adat asli Madura, Pesaa'an yaitu garis horisontal merah dan putih, pada jersey home mereka. Namun garis horisontal ini dibuat dari kiri ke kanan menanjak ke atas. Ini adalah simbol doa serta harapan prestasi yang semakin maju dan sukses.

Sedangkan jersey away menggunakan warna putih, simbol Madura sebagai Kota Santri dengan adat keagamaannya yang kental. Jersey home berwarna putih ini memiliki sentuhan warna emas.

Untuk jersey ketiga atau jersey alternatif, Madura United memilih warna hitam. Warna ini melambangkan keperkasaan, kekar, dan gagah. Jersey ini mengusung jiwa yang berani dan kuat. X-Ten menjadi partner apparel resmi Madura United.

3. Jersey Persija Jakarta

5 Jersey Tim Liga 1 2023/2024, Angkat Kearifan LokalJersey Persija Jakarta. (Persija.id)

Persija Jakarta meluncurkan jersey terbarunya, pada Minggu (2/7/2023). Dikutip Persija.id, jersey baru ini diberi nama Vortexion yang berasal dari kata Vortex dan Innovation. Apparel Juara yang menjadi sponsor Apparel Persija fokus pada pengembangan bahan yang dapat mengatur sirkulasi suhu tubuh dengan baik.

Jersey Vortexion ini menggunakan motif gigi balang dan kembang kelapa Betawi di bagian dada. Motif ini melambangkan keberanian, kejayaan, dan euforia semangat yang tinggi. Lalu di bagian samping jersey terdapat tulisan Macan Kemayoran.

4. Jersey Persib Bandung

5 Jersey Tim Liga 1 2023/2024, Angkat Kearifan LokalJersey alternatif Persib Bandung. (Persib.co.id)

Persib Bandung telah merilis jersey terbarunya untuk home dan away pada akhir Liga 1 2022/2023 lalu, tepatnya 15 April 2023. Untuk jersey home, Maung Bandung memilih warna biru dengan tema retro tahun 90-an. Tahun 90-an adalah era paling ikonik karena Persib Bandung kala itu mengangkat trofi juara sebanyak tiga kali, yaitu pada Kompetisi Perserikatan 1989/1990, Kompetisi Perserikatan 1993/1994, dan Liga Indonesia 1994/1995.

Dengan warna ini, nantinya bisa menginspirasi dan sebagai penyemangat para pemain Persib Bandung untuk berprestasi seperti era 90-an, bahkan bisa lebih baik. Logo pada jersey kali ini pindah ke bagian tengah, kembali seperti jersey tahun 90-an. Jersey ini juga menggunakan corak flannel yang identik dengan era 90-an.

Untuk jersey tandang masih menggunakan warna putih, yang dipadukan dengan corak warna hijau. Warna hijau sebagai simbol alam Jawa Barat yang memiliki panorama alam dan pegunungan. Sedangkan jersey alternatif menggunakan warna biru berpadu ungu sebagai konsep galaksi yang melambangkan dukungan tanpa batas dari Bobotoh, sebutan untuk fan Persib Bandung. Sportama masih menjadi apparel resmi Persib Bandung.

5. Jersey Persebaya Surabaya

5 Jersey Tim Liga 1 2023/2024, Angkat Kearifan LokalJersey Persebaya Surabaya. (Instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya merilis jersey terbarunya pada 1 Juli 2023. Mereka menuangkan filosofi Kota Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan pada desain jerseynya. Ornamen relief Sabuk Api yang ada di dasar Tugu Pahlawan, digunakan sebagai ornamen pada jersey Tim Bajul Ijo.

Relief Sabuk Api berbentuk formasi gunungan yang berisi trisula, cakra, stamba, dan padmamula. Trisula dan cakra adalah simbol senjata, stamba adalah alat penyalur kekuatan, dan padmanula simbol asal mula manusia yang melahirkan sumber kekuatan, daya, serta keberanian. Itu akan menjadi simbol perjuangan mereka untuk meraih kemenangan dalam kompetisi Liga 1 2023/2024.

Warna hijau masih menjadi pilihan warna dasar untuk jersey home. Sedangkan warna abu-abu dipilih sebagai warna dasar jersey away. AZA Apparel masih menjadi apparel resmi Persebaya Surabaya.

Kamu bisa lho memiliki jersey klub kesayanganmu itu. Jersey-jersey ini tersedia di masing-masing official store klub. Kalau bisa sih gak beli yang imitasi ya. Belilah jersey resmi sebagai bentuk dukungan untuk klub kesayanganmu.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya