Kondisi Elias Dolah Setelah Dilarikan ke RS saat Hadapi Borneo FC

Pelatih Bali United minta dilakukan evaluasi kinerja wasit

Gianyar, IDNTimes- Bali United memperpanjang rekor belum pernah menang, setelah kembali takluk atas Borneo FC, pada lanjutan Liga 1 Indonesia, Sabtu (8/7/2023).

Bermain di Stadion Segiri Samarinda, anak asuh Stefano Cugurra takluk dengan skor 3-1.

Selain kekalahan tersebut, Bali United mengalami kerugian setelah pemain asal Thailand, Elias Dolah harus dilarikan ke rumah sakit karena kepalanya terkena tendangan dari pemain Borneo FC.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra pun menyoroti kinerja wasit yang menurutnya sangat merugikan anak asuhnya.

Baca Juga: Profil Jefferson Assis, Penyerang Anyar Bali United

Baca Juga: 4 Andalan Bali United Absen Menjelang Kontra Madura United

1. Elias Dolah harus dilarikan ke rumah sakit setelah kepalanya terkena tendangan

Kondisi Elias Dolah Setelah Dilarikan ke RS saat Hadapi Borneo FCElias Dolah tersungkur saat kepalanya terkenda tendangan pemain Borneo FC(baliutd.com)

Insiden ditendangnya kepala Elias Dolah terjadi jelang akhir babak kedua. Saat itu Elias Dolah hendak menyambut bola umpan dari pamain Bali United lainnya di kotak penalti Borneo FC.

Namun kepala dari pemain Timnas Thailand itu justru terkena tendangan kaki Silverio Junio yang hendak menghalau bola.

Akibatnya, Elias Dolah tersungkur di lapangan. Cukup lama tersungkur, tim medis langsung datang memberikan perawatan ke Elias Dolah. Karena dianggap mengalami cedera serius pada kepalanya, Elias Dolah bahkan harus dilarikan ke rumah sakit saat itu juga.

“Ya, kasihan dia (Elias Dolah) sudah bermain di Liga Thailand beberapa tahun terakhir. Sewaktu lawan PSS Sleman, Dolah ditendang di kepala dan pertandingan kedua, Dolah juga ditendang di kepala oleh pemain Borneo. Selesai pertandingan, Dolah harus dibawa ke rumah sakit. Wasit lihat tapi tidak beri pelanggaran penalti buat kami. Kasian dia pemain Timnas Thailand harus punya adaptasi lagi di pertandingan dan sama wasit,” keluh pelatih Bali United, Stefano Cugurra, Sabtu (8/7/2023).

2. Elias Dolah sempat menjalani CT-Scan untuk antisipasi cedera kepala

Kondisi Elias Dolah Setelah Dilarikan ke RS saat Hadapi Borneo FCElias Dolah saat berebut bola dengan Pemain Borneo FC. (Instagram/baliunitedfc)

Elias Dolah langsung dilarikan ke rumah sakit, walau saat itu pertandingan Borneo FC menghadapi Bali United belum usai. Dolah sempat mengeluh sakit pada kepala dan pandangan kabur, usai kepalanya terkena tendangan dari pemain Borneo FC.

Mengantisipasi cedera yang serius, Elias Dolah langsung menjalani CT-Scan. Hal ini untuk mengetahui apakah ada cedera pada kepala pemain asal Thailand tersebut. 

"Pemeriksan dilakukan, untuk mengetahui kondisinya (Elias Dolah) secara keseluruhan," ungkap dokter Bali United, Ganda Putra, Minggu (9/7/2023).

Beruntung hasil CT-Scan menunjukan tidak ada cedera serius pada kepala dari Elias Dolah. Termasuk tidak ada tulang yang patah.

"Dari CT Scan tidak ada pendarahan pada otak, serta tidak ada tulang yang patah. Kondisinya pemain normal, dan kondisinya sudah kian membaik," ungkapnya.

3. Stefano Cugurra harapkan ada evaluasi wasit

Kondisi Elias Dolah Setelah Dilarikan ke RS saat Hadapi Borneo FCBali United vs Borneo FC (baliutd.com)

Setelah insiden tendangan ke kepala Elias Dolah itu, pelatih Bali United Stefano Cugurra meminta agar dilakukan evaluasi kepada wasit. Sehingga kualitas pada wasit bisa semakin baik kedepannya.

Pelatih asal Brasil ini berharap tidak ada lagi pemain usai pertandingan harus dibawa ke rumah sakit, karena pelanggaran berbahaya yang terjadi di dalam lapangan.

Menurutnya wasit bisa bertindak tegas, terkait kejadian yang ada di dalam arena pertandingan.

“Mudah-mudahan saat kami lawan Madura United nanti wasit bisa pimpin pertandingan dengan baik. Sudah ada evaluasi buat wasit lebih bagus lagi buat keputusan. Semua orang pasti tidak ingin setiap selesai pertandingan ada pemain yang harus di bawa ke rumah sakit seperti yang dialami Elias Dolah,” tegas Stefano Cugurra.

Bali United sendiri harus tunduk dari tuan rumah Borneo FC Samarinda dengan skor 3-1 di Stadion Segiri, Samarinda. Gol Bali United dicetak oleh Privat Mbarga pada menit 48 sementara 3 gol Borneo FC dicetak Martheus Pato (56, 67) dan Terens Puhiri pada menit 60.

Saat ini Bali United berada di dasar klasemen sementara Liga 1 Indonesia, dengan hasil 2 kekalahan beruntun. Berikutnya Bali United akan menghadapi Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya