Koster Sebut Batalnya World Beach Games  di Bali Bukan Karena Dia

Kira-kira karena apa nih?

Denpasar, IDN Times - Gubernur Bali I Wayan Koster menampik tudingan dirinya sebagai penyebab batalnya Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023. Sedianya, event olahraga ini dijadwalkan berlangsung pada 5-12 Agustus 2023.

Pernyataan itu diungkapkan pada Rabu (5/7/2023) malam melalui rilis resminya. Bahwa pembatalan ini lebih karena belum dapat anggaran dari pemerintah pusat.

Benarkah?

Baca Juga: Kronologi ANOC World Beach Games 2023 Batal

1. Koster: Bali bukan panitia penyelenggara WBG

Koster Sebut Batalnya World Beach Games  di Bali Bukan Karena DiaBandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. (dok.IDNTimes/Angkasa Pura I)

Dalam keterangannya, Koster mengungkapkan bahwa Bali tidak ditunjuk menjadi penyelenggara World Beach Games (WBG). Penyelenggara WBG adalah panitia pusat, dalam hal ini Association Of National Olympic Committees (ANOC). Anggaran ANOC bersumber dari pemerintah pusat.

"Yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan, dan penyediaan anggaran World Beach Games 2023 adalah panitia pusat dan pemerintah pusat," tegasnya.

2. Pembatalan WBG 20 merupakan kewenangan pusat

Koster Sebut Batalnya World Beach Games  di Bali Bukan Karena Diapixabay.com/astama81

Alasan selanjutnya bahwa dalam rencana pelaksanaan kegiatan ini, posisi Bali hanya diminta menjadi tempat pelaksanaan World Beach Games. Pemerintah Provinsi Bali menyatakan kesiapannya menjadi tempat pelaksanaan WBG 2023.

"Yang membatalkan atau mundur menjadi penyelenggara World Beach Games adalah panitia pusat, bukan Pemerintah Provinsi Bali," jelasnya.

3. Koster: alasan pembatalan terkait anggaran

Koster Sebut Batalnya World Beach Games  di Bali Bukan Karena Diailustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Wayan Koster sendiri langsung mengontak Ketua NOC World Beach Games 2023, Raja Sapta Oktohari. Dari hasil koordinasi, Koster mengaku bahwa alasan dibatalkannya WBG 2023 terkait alokasi anggaran.

"Karena sampai saat ini panitia pusat belum mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat sehingga dengan waktu tinggal satu bulan, tidak mungkin," jelasnya.

Baca Juga: Bali Dicoret, ANOC World Beach Games 2023 Gagal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya