Comscore Tracker

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda Buruk

Semoga tidak ada di antara kamu yang mengalaminya ya

Beberapa burung yang dijumpai di sekeliling kita ternyata lekat dengan mitos, terutama berkaitan dengan kematian dan pertanda buruk lainnya. Kicauan maupun kehadiran burung-burung tersebut tak jarang bahkan sampai membuat bulu kuduk berdiri.

Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis burung yang diyakini lekat dengan hal-hal yang mengerikan, termasuk lambang kematian. Namun semuanya kembali tergantung kepada kepercayaan masing-masing ya.

Baca Juga: Doa Pengampun Dosa Menurut Hindu Bali

1. Burung Kedasih

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda Buruksteemit.com

Burung Kedasih ini memiliki bulu yang eksotis, namun sekaligus lekat dengan cerita yang langsung membuat merinding. Hewan ini dianggap sebagai simbol kematian. Apabila burung ini berputar-putar dan hinggap di sebuah rumah lalu berkicau, diperkirakan akan ada orang meninggal dalam beberapa waktu kemudian di sekitar lokasi tersebut.

2. Burung Hantu

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda BurukBudidaya burung hantu Tyto Alba di Desa Tlogoweru, Guntur, Kabupaten Demak. (Instagram/@wisata.tlogoweru)

Tidak berbeda jauh dengan burung Kedasih, burung Hantu juga dipercaya sebagai lambang kematian. Kehadiran burung ini lekat dengan pertanda berita buruk. Saat ini burung ini juga sudah banyak dipelihara oleh masyarakat.

3. Burung Gagak

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda Burukunsplash/Kasturi Roy

Burung Gagak juga dipercaya sebagai pertanda akan datangnya kematian. Jika burung ini berputar-putar, hinggap di sebuah rumah, dan berkicau, juga diperkirakan akan ada kematian di sekitar lokasi tersebut.

4. Burung Perkutut

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda Burukdictio.id

Tidak semua burung Perkutut dianggap membawa keberuntungan. Ternyata ada kepercayaan bahwa burung Perkutut juga menjadi pertanda buruk. Seperti pembawa sial, penghilang rezeki, mendatangkan masalah, hingga perusak hubungan baik dalam keluarga.

5. Burung Tengkek Buto

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda BurukBurung Tengkek Buto (kicau.mania.com)

Burung yang memiliki nama ilmiah Eurystomus orientalis ini dipercaya sebagian masyarakat merupakan burung peliharaan genderuwo. Apabila burung Tengkek Buto berkicau di malam hari, berarti akan ada maling di sekitar rumah. Burung ini juga dipercaya sebagai pertanda adanya bencana yang menimpa anggota keluarga.

6. Burung Romak atau Tali Mayat

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda BurukBurung tali pocong (website Agrozine)

Dalam kepercayaan Suku Dayak, ketika satwa ini melintasi sebuah perkampungan, maka kehadirannya sebagai pertanda kematian dan musibah.

7. Burung Pipit

7 Burung Ini Diyakini Lambang Kematian dan Pertanda Burukilutrasi burung pipit (pixabay.com/Oldiefan)

Burung Pipit yang dianggap sebagai musuh petani ini ternyata juga lekat dengan mitos. Apabila ia berkicau di sekitar rumah, maka dipercaya akan ada tamu istimewa yang datang. Namun beberapa juga percaya bahwa yang datang adalah tamu baik atau buruk, itu tergantung dari posisi burung Pipit tersebut. Burung ini juga dipercayai sebagai hadirnya makhluk halus dan pertanda buruk.

Nah itu tujuh jenis burung yang lekat dengan kematian dan menjadi pertanda buruk. Tetap waspada ya. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya