Surat Terbuka Untuk Kamu yang Merasa Salah Ambil Keputusan

Kini banyak sekali permasalahan yang mendera~

Surat ini aku tulis untuk kamu, yang selalu berusaha bertanggung jawab atas semua keputusanmu. Walaupun akhir-akhir ini, kamu merasa telah salah mengambil sebuah keputusan. Sehingga, begitu banyak hal yang tidak sesuai rencanamu dan itu menjadi masalah berat bagimu.

Kamu adalah kamu yang kemarin, kamu yang sekarang, dan kamu yang akan datang, begitu juga dengan keputusanmu. Keputusan yang kamu buat kemarin, kamu rasakan akibatnya sekarang, dan bisa jadi akan kamu rasakan di masa yang akan datang.

Baca Juga: [OPINI] Thrifting Semakin Ngetren, Mending Tukar Baju

Baca Juga: [OPINI] Media Sosial Membuatku Semakin Kesepian

Mari sejenak, kamu akui beratnya permasalahan yang kamu hadapi

Surat Terbuka Untuk Kamu yang Merasa Salah Ambil Keputusanilustrasi melihat keadaan diri (pexels.com/Ismael Sánchez)

Kadang tanpa sadar manusia cenderung menepis sebuah kenyataan yang bukan ekspektasinya, seperti permasalahan ini. Maka, kamu perlu mengakui dulu beberapa hal yang memang berat untuk kamu. Jika kamu terus menepis kenyataan itu, kamu sulit maju untuk menghadapinya.

Selalu menilai diri hanya dari benar dan salah, hanya akan menjadikan dirimu sempit

Surat Terbuka Untuk Kamu yang Merasa Salah Ambil Keputusanilustrasi tentukan diri dari banyak pilihan (pexels.com/cottonbro studio)

Berat atau ringan hal yang kamu hadapi bukanlah tolak ukur keputusanmu itu salah atau benar. Bagaimana kamu bisa hanya memilih dua hal tersebut dari sekian banyak hal baik untuk menghargai diri sendiri? Titik akhir dari keputusan bukan pada benar atau salah. Tapi bagaimana caramu untuk memperjuangkan keputusanmu itu, hingga akhirnya kamu sudah biasa dengan segala konsekuensinya.

Nilai yang pas untukmu adalah kali ini kamu mengambil keputusan yang jalannya tidak sesuai perkiraanmu

Surat Terbuka Untuk Kamu yang Merasa Salah Ambil Keputusanilustrasi tetap bertahan dan terus berjalanlah (pexels.com/Erik Mclean)

Tidak semua hal sesuai dengan perkiraanmu, karena kamu bukan yang memiliki kendali penuh pada hidupmu. Tapi kamu bisa mengendalikan semangatmu, pola pikirmu, dan usahamu.

Hidup ini adalah perjalanan panjang yang jalannya terlihat, ketika kamu sudah siap. Keputusan-keputusan yang akan kamu pilih akan membentuk jalan-jalan itu. Berikan kendali terbaik untuk dirimu di setiap jalan-jalan yang kamu lewati dan bertahanlah.

R. Arum Photo Community Writer R. Arum

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya