Comscore Tracker

Tabanan Gelar Jatiluwih Cultural Week, Ada Robi Navicula

Yuk agendakan ke sini! Harga tiketnya murah banget

Tabanan, IDN Times - Setelah vakum hampir 2,5 tahun, Daerah Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Tabanan kembali menggelar even bertema Jatiluwih Cultural Week (JCW). Even ini bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata Bali Program Studi Manajemen Konvensi dan Perhelatan.

Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu 15-16 Oktober 2022. JCW menggelar festival musik yang menghadirkan musisi asal Bali seperti Balawan dan Robi Navicula.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner di Kota Tabanan Bali, Terjangkau

1. Harga tiket JCW sangat terjangkau!

Tabanan Gelar Jatiluwih Cultural Week, Ada Robi NaviculaManajer Operasional DTW Jatiluwih, I Nengah Sutirtayasa (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Pandemik COVID-19 berdampak besar terhadap kunjungan wisatawan di DTW Jatiluwih. Keterbatasan anggaran juga menyebabkan DTW Jatiluwih belum mampu menggelar even seperti masa-masa sebelum pandemik.

"Even JCW kali ini pun bekerja sama dengan Politeknik Pariwasata Bali yang mendapatkan pendanaan dari pusat," ujar Manajer Operasional DTW Jatiluwih, I Nengah Sutirtayasa, Kamis (6/10/2022).

Even ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke DTW Jatiluwih, sekaligus mengenalkan Politeknik Pariwasata Bali. Menurut Sutirtayasa, saat ini kunjungan di DTW Jatiluwih mencapai 50 persen dari kunjungan sebelum pandemik COVID-19.

"Mencapai 500 sampai 800 kunjungan, di mana 90 persennya wisatawan mancanegara yang terbanyak dari India, Singapura, dan Rusia," kata Sutirtayasa.

Harga tiket JCW dikenakan Rp15.000 untuk domestik, dan Rp40.000 untuk wisatawan mancanegara.

"Dengan membeli tiket, pengunjung mendapatkan perlindungan asuransi. Mengingat even JCW berlangsung di ruang terbuka," lanjutnya.

Baca Juga: Mengenal Durian Kunyit, Si Manis Legit Khas Pupuan Tabanan Tapi Langka

2. Pengunjung bisa menikmati festival musik dan art painting

Tabanan Gelar Jatiluwih Cultural Week, Ada Robi NaviculaDTW Jatiluwih (Dok.IDN Times/Humas DTW Jatiluwih)

Ketua Panitia JCW, Made Ivan Aditya, mengatakan festival musik ini akan menghadirkan artis Bali di antaranya:

  • Bagus Wirata: 15 Oktober 2022, pukul 16.15 Wita
  • Robi Navicula: 15 Oktober 2022, pukul 19.10 WIta
  • Soul and Kith: 16 Oktober 2022, pukul 14.05 Wita
  • Balawan: 16 Oktober 2022, pukul 15.05 Wita.

"Selain penampilan musisi dari Bali, juga akan ada traditional performance dan hiburan lainnya," jelas Aditya.

Selain hiburan musik, pengunjung juga dilibatkan dalam kegiatan melukis melalui art painting yang berlangsung selama dua hari.

"Panitia akan menyiapkan media dan alat lukis. Sehingga pengunjung dapat mengunjungi booth dan mencoba melukis art painting," katanya.

3. Bagi yang suka lari bisa mengikuti cross country running

Tabanan Gelar Jatiluwih Cultural Week, Ada Robi NaviculaDTW Jatiluwih (Dok.IDN Times/Humas DTW Jatiluwih)

Bagi yang suka lari, JCW juga mengelar cross country running. Ada dua kategori di cross country running. Yaitu 10 ribu meter dan 5 ribu meter yang melintasi tracking di DTW Jatiluwih. Pesertanya hanya dibatasi 150 orang, dan dikenakan biaya Rp200 ribu. Harga tersebut sudah mendapatkan jersey, tote bag, nomor dada, dan medali. Panitia juga menyediakan jas hujan bagi peserta untuk jaga-jaga hujan saat even berlangsung.

Kategori 10 ribu meter, selain medali, juga akan mendapatkan hadiah uang tunai untuk juara 1, 2, dan 3 dengan jumlah total Rp2 juta.

Pengunjung bisa mengunjungi stand UMKM di even weekend market JCW. Mereka melibatkan 20 UMKM dalam konsep tradisional.

"UMKM berasal dari Desa Jatiluwih dan sekitarnya," terang Aditya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya