Hari ini Tes SKD Kota Denpasar, Peserta: Banyak Jawaban yang Mirip

Gimana nasib peserta yang tak memenuhi passing grade ya?

Denpasar, IDN Times - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Denpasar dimulai hari ini, Rabu (14/11). SKD akan berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (17/11) mendatang.

1. Dari 3741 peserta hanya memperebutkan 249 posisi

Hari ini Tes SKD Kota Denpasar, Peserta: Banyak Jawaban yang MiripIDN Times/Irma Yudistirani

Baca Juga: Ada yang Menawarkan Bisa Lolos CPNS di Denpasar? Hubungi Nomor ini

Pelaksanaan SKD CPNS Kota Denpasar dilangsungkan di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) IX Udayana, Jalan Udayana, Denpasar. Sekitar pukul 08.00 Wita, peserta nampak berbaris untuk melakukan registrasi ulang. Mereka kemudian menyerahkan seluruh barang bawaannya, kecuali Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Peserta.

Pada pelaksanaan kali ini, peserta yang melamar sejumlah 3741 pelamar. Sedangkan formasi yang disediakan sebanyak 249 formasi, dengan rincian tenaga pendidik 205 formasi dan tenaga kesehatan 44 formasi. SKD Denpasar akan dilaksanakan selama tiga hari. Tiap harinya berlangsung lima sesi dengan 360 peserta tiap sesinya.

Kadek Rio Reynaldi, nampak gembira saat keluar dari ruang tes SKD. Ia adalah satu di antara peserta yang memenuhi nilai passing grade. Dalam tes tersebut, Reynaldi mengaku mendapatkan nilai 380, dengan rincian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 140, Tes Intelejensia Umum (TIU) 95, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 145.  

Satu tantangan yang sulit ia hadapi adalah waktu ujiannya kurang banyak, yakni hanya 90 menit. Selain itu, jawaban dari soal-soal juga banyak yang mirip.

"Saya melamar sebagai Apoteker dan ini baru pertama kali ikut tes CPNS," katanya. 

Terkait persiapannya, ia mengaku terus belajar sejak diumumkan lulus seleksi administrasi. "Semoga semua lancar ke depannya," katanya.

2. Peserta harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya

Hari ini Tes SKD Kota Denpasar, Peserta: Banyak Jawaban yang MiripKominfo.go.id

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Rai Iswara, mengatakan sejauh ini pelaksanaan SKD tidak ada hambatan dan berjalan tepat waktu. Ia berharap seluruh formasi Kota Denpasar nantinya semua terpenuhi.

Hal ini terkait tes-tes sebelumnya, masih banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade, seperti di Klungkung dan Provinsi Bali. Untuk itu, ia berharap para peserta kali ini memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

"Selanjutnya, kita berharap tes ini bisa memenuhi keseluruhan 249 formasi yang diberikan pusat. Karena sangat kita butuhkan, terutama tenaga pendidik dan kesehatan," katanya.

Seperti diketahui, SKD CPNS sudah dilangsungkan sejak 1 November lalu. Kota Denpasar menjadi yang terakhir dalam melaksanakan SKD CPNS di antara delapan Kabupaten dan Provinsi Bali.

"Jeda dua minggu itu mudah-mudahan dijadikan pelajaran bagi peserta. Mereka belajar dari pengalaman-pengalaman peserta sebelumnya yang melakukan tes," katanya.

3. Bagaimana nasib peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade?

Hari ini Tes SKD Kota Denpasar, Peserta: Banyak Jawaban yang MiripIDN Times/Imam Rosidin

Baca Juga: SKD CPNS Provinsi Bali Banyak yang Tak Memenuhi Passing Grade

Ia berharap pserta yang melakukan tes SKD Kota Denpasar ini banyak yang memenuhi passing grade. Jika memang hasilnya tidak bisa memenuhi, keputusannya masih menunggu keputusan pusat, dalam hal ini Badan kepegawaian Negara (BKN).

"Kalau belum dipenuhi kita akan komunikasikan di pusat. Apa bisa diturunkan passing grade-nya atau bagaimana pemecahan masalahnya. Nanti akan diinformasikan oleh panitia pusat," lanjutnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya