Comscore Tracker

Hadiri Even Teknologi di Bali, JK: BPPT Memamerkan Hal yang Sama

Indonesia dinilai jauh tertinggal dari negara Singapura

Denpasar, IDN Times - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK), hadir dalam puncak acara Hari Teknologi Nasional (Harteknas) 2019 di Lapangan Renon, Denpasar, Rabu (28/8). Dalam sambutannya, JK menyindir Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang kerap menampilkan inovasi lama.

1. JK meminta BPPT menampilkan inovasi teknologi yang dikerjakan dalam satu tahun terakhir

Hadiri Even Teknologi di Bali, JK: BPPT Memamerkan Hal yang SamaInstagram.com/bppt_ri

JK mengatakan tahun lalu hadir juga dalam sebuah pameran teknologi. Namun ia mengaku melihat pameran tersebut pernah ditampilkan tiga tahun sebelumnya. Untuk itu ia meminta agar inovasi yang boleh dipamerkan harus diberi penjelasan setiap tahunnya. Termasuk juga menampilkan inovasi yang dikerjakan mereka dalam satu tahun terakhir.

"Memang dalam satu kali pameran beberapa waktu yang lalu. Tahun lalu saya diperlihatkan hasil kerja satu hingga tiga tahun sebelumnya sudah saya lihat. Mulai tahun setelah itu pokoknya tahun penemuan itu harus ada tahunnya tahun berapa yang bisa dipamerkan, hanya satu tahun terakhir tidak boleh lima tahun terakhir dipamerkan," sindirnya, Rabu (28/8).

Baca Juga: Tanggapi Sindiran JK Soal Teknologi Lama di Harteknas, Nasir: Itu 2015

2. BPPT sebagai pusat teknologi memamerkan hal yang sama. Padahal teknologi sendiri selalu berkembang pesat

Hadiri Even Teknologi di Bali, JK: BPPT Memamerkan Hal yang SamaIDN Times/Imam Rosidin

Ia menyesalkan hal tersebut justru dilakukan oleh BPPT yang merupakan pusat teknologi di Indonesia. Padahal menurutnya, Indonesia jauh tertinggal dari negara-negara lain.

"Dan itu di BPPT, justru pusat teknologi memamerkan hal yang sama, padahal itu (Teknologi) berkembangnya luar biasa. Kita banyak melakukan sesuatu namun kita semua juga memahami bahwa kita mempunyai ketinggalan di banding banyak negara," kata dia.

3. Indonesia hanya unggul dari Kamboja

Hadiri Even Teknologi di Bali, JK: BPPT Memamerkan Hal yang SamaInstagram.com/bppt_ri

Ia menuturkan, di antara 120 Negara yang diberikan indeks oleh Global Innovation Index, Indonesia hanya ada di urutan nomor 89. Sementara Negara tetangga seperti Singapura ada di nomor lima dan Malaysia nomor 30. Indonesia disebut hanya unggul dari Negara Kamboja.

"Kita hanya mengalahkan Kamboja, Negara yang lebih kecil dan baru saja mau ingin maju. Artinya kita perlu kerja keras," ungkap JK.

4. Indonesia seharusnya meniru Cina dan Jepang

Hadiri Even Teknologi di Bali, JK: BPPT Memamerkan Hal yang Samapersonalwebpageofdenicedelarosa.weebly.com

Ia mengatakan tak ada negara yang maju karena inovasinya sendiri dan memulainya dari nol. Maka menurutnya, Indonesia harus belajar banyak dari Negara seperti Cina dan Jepang. Caranya yakni meniru, memperbaiki, kemudian melakukan inovasi.

"Cina punya teknologi cepat, meniru memperbaiki dan inovasi. Itu langkah yang dibuat Cina dan Jepang pada waktunya. Memang tak ada negara yang maju karena inovasi sendiri. Teknologi itu merupakan sesuatu yang berkembang maka tak bisa dimulai dari nol. Terlalu lama," ungkap JK.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya