Kakanim Ngurah Rai Minta Maaf karena Staf Imigrasi Terlibat OTT Pungli

Lakukan perbaikan pelayanan usai kasus OTT

Badung, IDN Times - Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Ngurah Rai Bali, Suhendra menyampaikan permintaan maaf terhadap kasus yang menimpa instansi tersebut belum lama ini. Sebelumnya, telah dilakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai yang melibatkan pejabat imigrasi setempat.

OTT itu melibatkan salah satu staf atau pejabat imigrasi yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Setelah OTT itu, Suhendra mengaku telah melakukan perbaikan pelayanan. Hal ini disampaikan sebagai hasil rapat yang telah digelar pada Minggu (19/11/2023) terkait tindak lanjut usai OTT pungli di Imigrasi setempat.

1. Kakanim meminta maaf atas kejadian tersebut

Kakanim Ngurah Rai Minta Maaf karena Staf Imigrasi Terlibat OTT PungliBarang bukti perkara penyalahgunaan fasilitas fast track di terminal internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai (Dok.IDN Times/Kejati Bali)

Suhendra, menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pihak, termasuk kepada masyarakat Bali atas kejadian OTT tersebut. Sebab hal itu berdampak terhadap nama baik Bandara International I Gusti Ngurah Rai. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan sejumlah langkah perbaikan secara komprehensif dan berkelanjutan untuk perbaikan pelayanan masyarakat.

“Saya selaku Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat atas kejadian ini," ucapnya.

Baca Juga: Pelaku Pembuang Orok di Bandara Ngurah Rai Diamankan

2. Langkah yang telah dilakukan oleh imigrasi

Kakanim Ngurah Rai Minta Maaf karena Staf Imigrasi Terlibat OTT PungliPemeriksaan PPLN oleh petugas Kanim TPI Ngurah Rai. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Menurutnya sejak Oktober 2023, Imigrasi Ngurah Rai telah melakukan beberapa langkah pembenahan dalam pelayanan di TPI Bandara Ngurah Rai. Antara lain pemasangan Autogate sejumlah 30 unit yang akan mulai beroperasi pada akhir Desember 2023. Dan penambahan 50 unit autogate pada kuartal I 2024. Selanjutnya, peralihan penggunaan VOA manual menjadi E-VOA dengan Molina sebagai platform dalam proses pembayaran secara online.

"Secara bertahap juga dilakukan penambahan subjek pengguna autogate sehingga kedepannya seluruh penumpang akan menggunakan autogate tanpa berinteraksi dengan petugas imigrasi secara langsung," terangnya.

Selain itu Imigrasi Ngurah Rai juga akan membuat Ruang Kontrol (control room) pada area Kedatangan Internasional yang berfungsi untuk memonitor arus lalu lintas penumpang baik di terminal kedatangan maupun keberangkatan.

3. Meminta keterlibatan pihak lain untuk pengawasan kinerja

Kakanim Ngurah Rai Minta Maaf karena Staf Imigrasi Terlibat OTT PungliPemeriksaan PPLN oleh petugas Kanim TPI Ngurah Rai. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Untuk memastikan bahwa peruntukan konter pemeriksaan khusus berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada, Imigrasi Ngurah Rai bersama stakeholder terkait dalam rapat ini sepakat untuk menjaga sterilisasi area imigrasi dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan agar tidak terjadi praktik-praktik penyimpangan.

Ia juga menjelaskan sesuai dengan Permenkumham Nomor 44 Tahun 2015, jalur khusus pada area imigrasi hanya diberikan kepada penumpang VIP. Termasuk delegasi kegiatan internasional dan orang berkebutuhan khusus. Pada area kedatangan internasional TPI Bandara I Gusti Ngurah Rai telah tersedia konter pemeriksaan khusus bagi lansia di atas 60 tahun, anak-anak di bawah usia 5 tahun, penyandang disabilitas, dan ibu hamil.

Selain itu berbagai pembahasan dalam rapat ini akan dibawa juga dalam forum Rapat Koordinasi Fasilitasi (FAL) yang akan diselenggarakan oleh Otoritas Bandar Udara untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Kepala Seksi Pemeriksaan Imigrasi Bandara Ngurah Rai Tersangka Korupsi

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya