Comscore Tracker

[CUACA] Beberapa Tempat Wisata di Bali Diperkirakan Hujan dan Petir

BMKG memprakirakan terjadi hingga hari Rabu

Denpasar, IDN Times – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan terjadi hujan disertai petir dua hari ke depan, di beberapa wilayah Bali dan tempat wisata. Berikut penjelasannya:

1. Cuaca wilayah Gunung Agung diprakirakan mengalami hujan petir hingga dua hari ke depan

[CUACA] Beberapa Tempat Wisata di Bali Diperkirakan Hujan dan PetirIDN Times/Irma Yudistirani

Menurut data BMKG Wilayah III Denpasar, wilayah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem berpotensi hujan petir pada sore hari, mulai Senin (24/2) hingga Rabu (26/2). Kecepatan anginnya diprediksi 20 kilometer per jam, dengan kelembapan udara 70 hingga 100 persen. Sedangkan untuk suhu udara berkisar 29 derajat celcius.

Baca Juga: Tips Hindari Sambaran Petir, Waspada Buat yang Bawa Handphone

2. Beberapa tempat wisata di Bali diprakirakan mengalami hujan disertai petir sejak siang hari

[CUACA] Beberapa Tempat Wisata di Bali Diperkirakan Hujan dan PetirIDN Times/Sukma Shakti

Sementara empat lokasi di wilayah Kabupaten Bangli yakni Bangli, Susut, Tembuku dan Kintamani diprakirakan mengalami hujan disertai petir pada pukul 14.00 Wita, pada Selasa (25/2) hingga Rabu (26/2). Hujan sedang hingga ringan diprakirakan akan mulai terjadi pada pukul 11.00 Wita. Meski demikian, sekitar pukul 17.00 Wita, cuaca diprakirakan kembali berawan.

Kondisi ini juga terjadi di wisata Bedugul, Kintamani, dan Besakih sekitar pukul 14.00 hingga 20.00 Wita. Sementara itu lokasi wisata lain seperti Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur, dan Ubud diprakirakan hanya mengalami hujan sedang sekitar pukul 20.00 hingga 02.00 Wita dini hari.

3. Berikut wilayah lain yang diprakirakan turun hujan disertai petir:

[CUACA] Beberapa Tempat Wisata di Bali Diperkirakan Hujan dan PetirIDN Times/Sukma Shakti

Sedangkan prakirakan cuaca hujan disertai petir juga terjadi di wilayah Baturiti Kabupaten Tabanan sekitar pukul 14.00 Wita, dan wilayah Rendang kabupaten Karangasem pukul 14.00 Wita.

Hujan lebat dimungkinkan terjadi di wilayah Payangan, Tegalalang, Tampaksiring Kabupaten Gianyar, Sukadasa Kabupaten Buleleng, dan wilayah Petang Kabupaten Badung.

“Terdapat daerah belokan angin dan konvergensi (Pengumpulan massa) udara sekitar wilayah Bali yang mendukung pertumbuhan awan konvektif. Kondisi air laut yang hangat memberikan kontribusi penguapan yang cukup untuk pembentukan awan-awan hujan ,” terang Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan, Senin (24/2).

Baca Juga: Berhati-hatilah, 11 Kecamatan di Bali Rawan Sambaran Petir

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya