Comscore Tracker

Dinas Pertanian Kota Denpasar Sterilisasi 25 Hewan Penular Rabies

Program ini gratis lho semeton

Denpasar, IDN Times - Dinas Pertanian Kota Denpasar menggelar sterilisasi atau kastrasi dan vaksinasi rabies pada Kamis (25/2/2021) di kantor setempat. Pemerintah Kota Denpasar ingin menekan populasi dan memastikan kesehatan Hewan Penular Rabies (HPR).

Baca Juga: Fasilitas Hotel untuk Karantina OTG Disetop, Denpasar Buat Skenario 

1. Khusus untuk anjing lokal yang pemiliknya adalah masyarakat Kota Denpasar

Dinas Pertanian Kota Denpasar Sterilisasi 25 Hewan Penular RabiesKastrasi HPR yang dilakukan di Kota Denpasar (Dok.IDN Times/Humas Pemkot Denpasar)

Menurut Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri, kastrasi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengendalikan populasi dan jumlah HPR di Kota Denpasar. Sebanyak 25 HPR telah mendapatkan kastrasi, sehingga diharapkan dapat mendukung terciptanya kesehatan hewan secara berkelanjutan.

“Untuk kali ini kami khususnya kepada anjing lokal yang pemiliknya adalah masyarakat Kota Denpasar,” jelasnya.

2. Dinas Pertanian telah menyiapkan sebanyak 52 ribu vaksin untuk HPR

Dinas Pertanian Kota Denpasar Sterilisasi 25 Hewan Penular RabiesKastrasi HPR yang dilakukan di Kota Denpasar (Dok.IDN Times/Humas Pemkot Denpasar)

Sugiri juga mengatakan akan ada vaksinasi rabies di Kota Denpasar. Dinas Pertanian telah menyiapkan sebanyak 52 ribu vaksin untuk HPR milik masyarakat Kota Denpasar.

“Kami siagakan sekitar 52 ribu vaksin rabies bagi HPR, program ini dilaksanakan secara gratis setiap harinya untuk masyarakat yang ber-KTP Denpasar,” jelasnya.

3. Dilarang melepasliarkan hewan peliharaan yang tergolong rabies

Dinas Pertanian Kota Denpasar Sterilisasi 25 Hewan Penular RabiesDok. IDN Times/Istimewa

Masyarakat diminta ikut andil mencegah penularan rabies di Kota Denpasar dengan cara tidak melepasliarkan hewan peliharaannya yang tergolong HPR.

Warga Denpasar, Putu Sinta, menyampaikan ia mendukung pemerintah Kota Denpasar untuk kastrasi dan vaksinasi gratis bagi warga Denpasar yang memiliki peliharaan HPR ini.

Warga Denpasar Timur ini mengaku sering mendapatkan tawaran program ini. Namun karena masih bingung, sehingga tidak memanfaatkannya. Menurutnya, biasanya ada petugas yang langsung datang ke rumah untuk vaksinasi anjing-anjing di rumah.

“Setuju ini programnya. Bagus kalau program seperti ini terus dilaksanakan, jangan sampai putus. Aku sering dapet fasilitas ini, cuma aku gak (tidak) tahu program itu termasuk masalah atau gimana,” jelasnya pada Jumat (26/2/2021).

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya