4 Rekan Kerjanya Terinfeksi, Perawat RSUD Wangaya Positif COVID-19 

Sebelumnya terkonfirmasi Orang Tanpa Gejala

Gianyar, IDN Times – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya membenarkan bahwa salah seorang warganya berinisial KS (28) asal Desa Sukawati terkonfirmasi positif COVID-19. Menurutnya status yang bersangkutan merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). 

Wisnu Wijaya menjelaskan jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Gianyar yang terkonfirmasi COVID-19 hingga saat ini sebanyak 12 orang. Terdiri dari 9 orang tenaga kesehatan di RS Ganesha, satu orang di RS Dhamayadya, satu orang di RS. Wangaya dan satu tenaga kesehatan di Puskesmas Gianyar 2.

1. Rekan sejawat KS sebelumnya dinyatakan positif COVID-19

4 Rekan Kerjanya Terinfeksi, Perawat RSUD Wangaya Positif COVID-19 Foto hanya ilustrasi. (Dok.IDN Times/Istimewa)

KS yang kesehariannya sebagai perawat di RSUD Wangaya Denpasar ini sebelumnya berstatus OTG. Status tersebut lantaran rekan sejawatnya sudah lebih dulu dinyatakan positif COVID-19. Sementara KS baru dinyatakan positif pada Rabu (17/6).

Baca Juga: Pengamat: Kasus Positif COVID-19 di Bali Seharusnya Sudah Ribuan

2. KS sempat mengalami demam dan mengonsumsi obat penurun panas

4 Rekan Kerjanya Terinfeksi, Perawat RSUD Wangaya Positif COVID-19 pbmchealth.org

Made Gede Wisnu Wijaya menyampaikan bahwa pada Rabu (3/6) KS mengalami demam dengan suhu tubuh mencapai 37,8 celcius. Saat itu KS sempat mengonsumsi obat penurun panas. Dan hari Jumat (5/6) KS sudah kembali bekerja seperti biasanya.

Kemudian pada Selasa (9/6), empat orang rekan kerjanya terkonfirmasi positif COVID-19. “Yang bersangkutan sempat kontak dengan rekannya yang positif tersebut. Sudah diambil swab dan sekarang dirawat di karantina RSUD Wangaya,” ungkapnya.

KS kemudian diambil sampel swab pada Senin (15/6) dan pada Selasa (16/6) malam. Hasil labnya dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: Bukan Karena COVID-19, Ini Penyebab Pasien Positif di Bali Meninggal

3. Hasil tracing, enam orang dinyatakan reaktif

4 Rekan Kerjanya Terinfeksi, Perawat RSUD Wangaya Positif COVID-19 ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Gianyar kemudian mengambil langkah tracing kontak terhadap beberapa orang yang telah melakukan kontak erat dengan KS. Sebanyak sembilan orang yang kontak dengan KS telah menjalani rapid test. Hasilnya enam orang dinyatakan reaktif.

“Dari enam orang itu selanjutnya akan dilakukan pengambilan swab di RSUD Sanjiwani besok,” terangnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya