TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pujawali Pura Sakenan di Serangan Dihadiri Puluhan Ribu Umat Hindu

Ada yang datang dari luar Bali juga lho

ilustrasi masyarakat Bali (IDN Times/Irma Yudistirani)

Denpasar, IDN Times - Puluhan ribu pamedek umat Hindu berpakaian adat Bali berduyun-duyun mendatangi Pura Sakenan, di Pulau Serangan, Denpasar Selatan, Sabtu (5/1) sejak pagi.

Umat Hindu dari seluruh Bali ini melakukan persembahyangan pujawali di pura tersebut yang bertepatan dengan hari raya Kuningan.

1. Diperkirakan yang datang mencapai 15 ribu

IDN Times/Irma Yudistirani

Wayan Leder, Ketua Panitia Lokal dari Desa Serangan, mengatakan diperkirakan yang datang mencapai 15 ribu pamedek yang berasal dari seluruh Bali. Momen ini terjadi setiap enam bulan sekali atau 210 hari saat Hari Raya Kuningan.

"Ya, sekitar 15 ribu umat Hindu datang ke sini kalau dipantau dari perkiraan kami," katanya.

2. Ada yang datang dari luar Bali juga

IDN Times/Irma Yudistirani

Persembahyangan di Pura Sakenan ini dihadiri pula oleh umat Hindu dari luar Bali. Biasanya mereka dari Jawa yang kebetulan sedang berada di Bali. Jadi ikut melakukan persembahyangan di Pura Sakenan.

Untuk persiapannya sendiri, panitia menyiapkan pos kesehatan. Hal ini untuk mengantisipasi pamedek yang merasa sakit atau merasa kelelahan.

"Ini ada petugas kesehatan yang dari Puskesmas Denpasar Selatan," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Denpasar. Dari DKP menyiapkan personel untuk membantu membersihkan sampah di sekitaran Pura.

Ia menjelaskan, ramainya pamedek ini sudah terjadi sejak kemarin. Ini akan terus terjadi hingga besok pagi, dan berangsur turun hingga selesai pada 8 Januari mendatang.

Berita Terkini Lainnya