Hujan Seharian, Tabanan Dikepung Banjir hingga Pohon Tumbang

Harus selalu waspada ya semeton

Tabanan, IDNTimes - Sejumlah bencana muncul di beberapa titik di wilayah Kabupaten Tabanan setelah hujan mengguyur sejak Jumat pagi (7/7/2023). Dari banjir hingga pohon tumbang melanda.

Bencana itu dilaporkan muncul di Kecamatan Marga, Kecamatan Tabanan, Kecamatan Selemadeg Timur dan Kecamatan Kediri. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa. 

Baca Juga: Satu Keluarga Tertimbun Longsor di Karangasem, Cucu Masih Hilang

1. Beberapa perumahan di Tabanan terendam air

Hujan Seharian, Tabanan Dikepung Banjir hingga Pohon TumbangWarga di Perumahan Panorama Kediri di evakuasi akibat rumahnya terendam banjir Jumat (7/7/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Berdasarkan informasi dari humas Polres Tabanan, banjir melanda beberapa kawasan perumahan di Kabupaten Tabanan, seperti Perumahan Panorama Kediri. Petugas dari Sat Samapta Polres Tabanan mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir ke tempat yang lebih aman hingga situasi kondusif.

Banjir juga menggenangi sejumlah rumah di perumahan BCA Multi Jadi di Sanggulan, Kecamatan Kediri. Perumahan ini terisolasi karena badan jalan yang menjadi akses memasuki perumahan terendam air setinggi hampir 1 meter.

Banjir juga terjadi di areal Banjar Menalun, Desa Kukuh, Kecamatan Marga dimana akses menuju Banjar Menalun sempat terputus karena air bah menutupi badan jalan.

Perbekel Desa Kukuh,  Made Sugianto menjelaskan, banjir sempat menutup badan jalan dan airnya setinggi pinggang sehingga jalan tidak bisa dilewati. "Ini terjadi karena intensitas hujan yang sejak pagi tadi cukup tinggi," jelasnya. 

2. Pohon tumbang hingga senderan jebol terjadi di kecamatan Marga Tabanan

Hujan Seharian, Tabanan Dikepung Banjir hingga Pohon TumbangSenderen jebol di Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Sebuah pagar rumah warga sepanjang 20 meter longsor di Banjar Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga. Pagar rubuh setelah tergerus air kali yang ada di samping rumah pada Jumat (7/7/2023) dini hari. Serupa, pagar sebelah selatan sekolah SMAN 1 Marga juga roboh sepanjang kurang lebih  25 meter akibat tergerus air  hujan.

Selain banjir, bencana pohon tumbang dan longsor juga terjadi di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Sebuah pohon rambutan tumbang dan menimpa atap pos kamling di Banjar Bugbugan Desa marga Dajan Puri, Kecamatan Marga.

Kasi Humas Polres Tabanan, IGM Berata mengatakan, bencana hampir terjadi merata di seluruh Kecamatan Marga. " Saat ini anggota Polri-TNI dan Tim dari BPBD Tabanan beserta masyarakat masih membersihkan lokasi bencana. Beberapa dampak bencana seperti pohon tumbang sudah ditangani," ujarnya.

3. Beberapa sungai di Tabanan meluap dan menyebabkan banjir

Hujan Seharian, Tabanan Dikepung Banjir hingga Pohon TumbangAkibat sungai meluap, Pura Beji Puseh di Tabanan terendam banjir Jumat (7/7/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Usai hujan seharian pada Jumat (7/7/2023),  beberapa air sungai besar di Kabupaten Tabanan meluap dan mengakibatkan banjir. Salah satunya adalah di Tukad Yeh Ho. Akibat debit air yang besar, aliran sungai Tukad Yeh Ho meluap hingga menutupi seluruh jembatan yang ada di sepanjang sungai tersebut.

Selain itu sungai yang meluap hingga ke permukaan jalan terjadi di Desa Tagel Mengkep Kecamatan Selemadeg Timur, tepatnya di antara Banjar Bongan dan Banjar Alas. 

Banjir yang diakibatkan oleh air sungai meluap juga terjadi di Kota Tabanan dimana Pura Beji Puseh dan sebuah rumah terendam banjir di Banjar Lebah Desa Dajan Peken. Selain itu, air meninggi juga terjadi di jalan Gajah Mada Tabanan. 

"Di Kota Tabanan terjadi juga peristiwa banjir yang disebabkan oleh meluapnya air sungai, salah satunya adalah di Banjar Lebah Desa Dajan Peken akibatnya sebuah rumah terendam air," jelas Bendesa Adat Kota Tabanan, I Gusti Ngurah Siwa Genta.

Baca Juga: Keracunan Miras, 5 Pemuda di Tabanan Masuk Rumah Sakit

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya