Tempat Steril Anjing Beserta Harganya di Tabanan 

Kastrasi dan steril salah satu cara mencegah rabies

Tabanan, IDN Times- Untuk mencegah penyebaran rabies pada hewan penular rabies (HPR) khususnya anjing dan kucing, telah dilakukan vaksinasi massal di Tabanan. Namun, ternyata pencegahan rabies tidak hanya dengan vaksinasi saja. Memelihara HPR dengan baik dan tidak meliarkannya juga penting dilakukan. Terlebih tidak membuang anjing sembarangan, terutama jika anjingnya memiliki banyak anak dan tidak sanggup memeliharanya.

Oleh karena itu untuk menekan populasi anjing  yang tidak diinginkan atau liar, langkah kastrasi pada anjing jantan maupun steril pada anjing betina merupakan salah satu caranya sehingga bisa mencegah penyebaran rabies meluas. Berikut tempat steril dan kastrasi HPR seperti anjing dan kucing, beserta harganya di Tabanan.

Baca Juga: 8 Rabies Center di Tabanan, Catat Lokasinya

Baca Juga: Lapas Tabanan Serahkan 129 Nama Pemilih ke KPU Tabanan

1. Kastrasi dan steril untuk menekan populasi anjing liar

Tempat Steril Anjing Beserta Harganya di Tabanan website

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali I Wayan Sunada beberapa waktu lalu mengatakan Bali salah satu permasalahan dalam mengatasi rabies adalah masih adanya masyarakat yang melepas liarkan anjingnya. Selain itu juga masih ada yang membuang anjing ke pasar, TPA maupun pantai karena tidak sanggup memelihara ketika anjingnya beranak.

"Jadi penanganan rabies tidak hanya vaksinasi saja. Tetapi memelihara anjing dengan baik dan tidak melepas liarkan. Selain itu juga menekan populasi anjing  dengan kastrasi maupun steril agar tidak terjadi pembuangan anjing. Sebab anjing yang diliarkan potensinya kena rabies juga tinggi," ujar Sunada.

Salah satu warga Desa Kutuh Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan, Windiarta mengaku tidak tahu berapa harga dan dimana melakukan steril. Ia sendiri memiliki kucing betina yang saat ini sedang hamil. "Ada kepikiran buat steril tetapi belum tahu dimana tempat dan harganya," ujarnya.

2. Tempat dan harga steril HPR di Tabanan

Tempat Steril Anjing Beserta Harganya di Tabanan Ilustrasi pemilik anjing (instagram.com/winmetawin)

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan, drh Gede Eka Parta Ariana mengatakan saat ini puskeswan yang ada di Tabanan belum ada layanan kastrasi maupun steril. "Biasanya layanan ini di Tabanan dilakukan yayasan, klinik hewan atau dokter hewan praktik mandiri," ujarnya Jumat (7/7/2023).

Salah satu dokter hewan di Tabanan yang praktik mandiri di Banjar Delod Peken Desa Timpag Kabupaten Tabanan, drh I Gede Putu Abdi Pratama mengatakan sejak ia membuka praktik 2015 kesadaran masyarakat di Tabanan dalam melaksanakan kastaris maupun steril bagi hewan kesayangannya mulai meningkat. Ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai sadar jika penekanan populasi anjing penting dalam hal pencegahan rabies. "Sebab di Bali itu kalau anjing jantan gampang cari adopter. Nah, anjing betina ini biasanya dibuang dan berpotensi untuk menjadi anjing yang liar dan yang tinggi menularkan rabies dan menambah populasi anjing liar," ujarnya.

Sebagai dokter hewan yang praktik mandiri, adapun harga kastrasi dan steril disesuaikan berat dan size dimana untuk kastrasi anjing jantan dimulai dari Rp250 ribu sementara untuk steril anjing betina dimulai harga Rp850 ribu. Sementara untuk kucing dimulai dari Rp200 ribu untuk kastrasi dan Rp600 ribu untuk steril. "Setiap praktik dokter maupun klinik harganya bervariasi tergantung fasilitas, obat anestesi dan benang yang dipakai," jelasnya. 

Praktik dokter hewan swasta juga dijalani drh Ni Luh Gede Putu Indrani yang praktik di Jalan Debes Nomor 4 Kabupaten Tabanan. Menurutnya harga kastrasi maupun steril bervariasi namun rata-rata dikisaran:

  • Kastrasi kucing jantan dimulai Rp300 ribu
  • Steril kucing betina dimulai Rp800 ribu
  • Kastrasi anjing jantan dimulai Rp500 ribu
  • Steril anjing betina dimulai Rp1,2-Rp1,5 juta

Namun Indrani mengaku tidak pakem dalam menerapkan harga tersebut. "Saya liat juga kemampuan dari pemilik hewannya. Jadi tidak pakem harga segitu," ujarnya.

3. Syarat anjing dan kucing menjalani steril dan kastrasi

Tempat Steril Anjing Beserta Harganya di Tabanan Ilustrasi pemilik kucing (instagram.com/gulfkanawut)

Sebelum anjing dan kucing menjalani kastrasi maupun steril, pemiliknya harus memperhatikan kesehatan mereka sebelum disteril. Indrani menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilik anjing maupun kucing sebelum melakukan steril, yaitu:

  • Dua minggu terakhir kucing tidak muntah maupun diare
  • Makan dan minum bagus
  • Buang air besar bagus, dalam artian tidak encer tetapi konsitensinya bagus
  • Buang air kecil juga lancar. Dalam artian saat kencing tidak mengeluarkan darah atau kucing lama mengejan ketika kencing.

Selain kesehatan, juga perlu memerhatikan usia anjing dan kucing serta berat badannya. Menurut Indrani, anjing da  kucing siap disteril setelah memasuki usia enam bulan. 

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya