Comscore Tracker

Sudah Nyaman Sendiri? 5 Alasan Mengapa Seseorang Gak Tertarik Pacaran

Apakah kamu pernah merasakannya?

Semua orang pasti ingin memiliki pasangan yang bisa menemani hidup kita selamanya dan dapat menjadi tempat berbagi cerita. Meskipun begitu, setiap orang punya prinsipnya masing-masing dalam memandang relationship dan gak semua orang mengharuskan dirinya memiliki pasangan.

Ya, ada orang yang hidupnya seperti terasa hampa jika tidak punya pasangan, tapi ada juga yang malas atau bahkan gak tertarik untuk pacaran. Alasannya bermacam-macam. Entah karena ada prioritas hidup lainnya atau memang gak ingin sembarangan menjalin hubungan dengan orang lain. Nah simak yuk di bawah ini beberapa alasan mengapa seseorang gak tertarik pacaran:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Terlalu nyaman melakukan apapun sendiri

Sudah Nyaman Sendiri? 5 Alasan Mengapa Seseorang Gak Tertarik Pacaranilustrasi transportasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan kenapa kamu gak tertarik untuk menjalin hubungan cinta bisa jadi karena sudah terlalu nyaman sendiri. Kamu bisa menjalani hidup dengan santai dan melakukan apapun sendirian. 

Pada tahap ini, mungkin kamu sudah sangat independen dalam hidup, sehingga merasa tidak butuh sosok pasangan untuk mendampingimu. Pemikiran itu sebenarnya bukanlah sesuatu yang salah karena pacaran atau tidak adalah tergantung tingkat kenyamanan masing-masing orang. 

2. Sudah cukup mendapat cinta dari orang sekitar

Sudah Nyaman Sendiri? 5 Alasan Mengapa Seseorang Gak Tertarik Pacaranilustrasi teman (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Percaya atau tidak, orang yang sudah mendapatkan banyak cinta dari orang sekitar di dalam hidupnya cenderung tidak terlalu memaksa diri untuk pacaran. Sederhananya, punya pasangan disyukuri, tapi kalau gak punya pasangan dan gak pacaran pun juga tidak apa-apa. 

Mungkin inilah yang membuatmu jadi tidak begitu tertarik untuk menjalin hubungan dengan siapapun. Karena kamu sudah mendapat cukup banyak kasih sayang dan tidak begitu membutuhkan atau mendambakannya lagi dari lawan jenis. 

3. Punya prinsip tersendiri untuk relationship

Sudah Nyaman Sendiri? 5 Alasan Mengapa Seseorang Gak Tertarik Pacaranilustrasi pasangan (pexels.com/August de Richelieu)

Alasan lainnya kenapa mungkin kamu gak tertarik berpacaran ialah karena kamu punya prinsip sendiri dalam relationship. Yang mana prinsip itu membuatmu jadi tidak terburu-buru punya pasangan dan menjalin hubungan. 

Entah itu prinsip untuk pacaran setelah menikah, harus terpenuhinya semua kriteria pasangan yang kamu tetapkan, atau ada hal-hal lain yang membuatmu memilih untuk tidak pacaran dulu. Kalau kamu tipe orang yang teguh memegang prinsip, maka tidak heran kalau tidak ada keinginan menggebu untuk pacaran. 

4. Masih disibukkan dengan prioritas lain

Sudah Nyaman Sendiri? 5 Alasan Mengapa Seseorang Gak Tertarik Pacaranilustrasi rapat (pexels.com/Fauxels)

Semakin dewasa seseorang maka semakin banyak pula beban dan tanggung jawab yang dipegang dalam hidup. Seringkali hal itu membuat kita tidak bisa egois pada keinginan sendiri dan harus tahu cara menempatkan prioritas dalam hidup. 

Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan kenapa kamu gak tertarik pacaran. Prioritas hidupmu saat ini bukanlah pacaran dan ada kesibukan lain yang mesti diurus dulu, entah itu pekerjaan atau keluarga. 

5. Malas untuk pacaran karena tahu pengalaman orang sekitar

Sudah Nyaman Sendiri? 5 Alasan Mengapa Seseorang Gak Tertarik Pacaranilustrasi bicara (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa yang kita dengar dan lihat dari orang sekitar sedikit banyaknya berpengaruh pada cara pandang kita terhadap sesuatu, lho, termasuk soal hubungan. Jika pengalaman orang sekitar kebanyakan buruk dan kamu tahu bagaimana susahnya hubungan cinta mereka, tentu akan menimbulkan perasaan malas untuk berhubungan. 

Hal ini bisa jadi terjadi kalau kamu sering jadi tempat curhat bagi orang lain. Entah itu teman atau saudara. Mengetahui bagaimana perjalanan cinta dan hubungan yang dijalani, bisa saja membuatmu jadi berpikir dua kali untuk pacaran. 

Mau pacaran atau tidak sebenarnya pilihan masing-masing orang. Bagaimanapun juga menjalin hubungan sebaiknya dilakukan ketika siap, tidak seharusnya dipaksa atau hanya karena memenuhi tekanan dari lingkungan di sekitar. 

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya