Comscore Tracker

5 Etika Menginap di Rumah Teman yang Harus Diperhatikan

Tetap jaga sikap meskipun mereka bilang anggap rumah sendiri

Hampir kita semua pernah menginap di rumah teman ya. Biasanya karena ada hal penting yang membuatmu tidak bisa segera pulang ke rumah sehingga perlu menginap, sengaja ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman, atau lainnya.

Meskipun kamu sudah berteman lama atau baru kenal, ada beberapa etika yang harus diperhatikan ketika menginap, nih! Berikut ini lima etika menginap di rumah teman yang harus diperhatikan.

Baca Juga: 5 Rahasia di Balik Hidup Orang yang Terlihat Santai Banget

1. Menyapa orang di rumah

5 Etika Menginap di Rumah Teman yang Harus DiperhatikanIlustrasi menyapa orang rumah (unsplash.com/Boxedwater)

Ketika temanmu masih tinggal bersama orangtuanya, kamu sebaiknya menyapa orang-orang di dalam rumah tersebut. Karena kamu akan sering berpapasan dengan orangtua atau saudaranya selama menginap.

Emang canggung sih, apalagi kamu baru pertama kali bertemu dengan mereka. Meski begitu dengan berusaha menyapanya, kamu membuat mereka merasa lebih nyaman sebagai tuan rumah.

Baca Juga: 5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari Kamu

2. Tidak menolak pemberian dari tuan rumah

5 Etika Menginap di Rumah Teman yang Harus DiperhatikanIlustrasi mengobrol (unsplash.com/Wasacrispbread)

Biasanya keluarga di rumah temanmu akan menyiapkan makanan atau beberapa camilan karena kamu menginap. Kamu sebagai tamu sebaiknya menerima suguhan atau pemberian lain dari tuan rumah, sekalipun kamu kurang suka dengan makanan yang mereka sajikan.

Dengan mau mencoba sedikit atau menikmati makanan mereka, secara tidak langsung kamu menghargainya. Mungkin berbeda jika dari makanan yang disajikan, ada Kecuali jika tidak bisa menyantap suguhan mereka karena sesuatu hal, kamu bisa mengatakan hal itu secara sopan.

3. Membuat suara bising di jam tidur

5 Etika Menginap di Rumah Teman yang Harus DiperhatikanIluatrasi melihat jendela (unsplash.com/Byrdman85)

Bercerita, bernyanyi, bercanda, jadi hal yang sering dilakukan ketika menginap di rumah teman. Meski begitu kamu juga harus memerhatikan jam tidur di rumah tersebut.

Mungkin saja jam tidur mereka sedikit berbeda dengan kamu. Jangan sampai aktivitasmu mengganggu tidur mereka dengan kegiatan yang kamu lakukan. Usahakan untuk menghormatinya, agar kamu dan tuan rumah juga sama-sama nyaman.

4. Jangan mengambil baju di lemari tanpa izin

5 Etika Menginap di Rumah Teman yang Harus DiperhatikanIlustrasi lemari (unsplash.com/Burgessbadass)

Meski sudah berteman lama, mengambil baju tanpa izin di lemari bukan hal yang baik dilakukan. Kamu tidak tahu, mungkin ada barang penting yang tersimpan di lemari tersebut. Temanmu mungkin tidak keberatan jika kamu meminjam bajunya. Namun sebaiknya tetap meminta bantuan untuk memilihkan atau mengambilkan baju untukmu, dan jangan pilih-pilih juga, ya!

5. Ikut menjaga kebersihan

5 Etika Menginap di Rumah Teman yang Harus DiperhatikanIlustrasi membereskan pakaian (unsplash.com/Danielcgold)

Sebagai tamu, sangat penting untuk ikut menjaga kebersihan rumah, tempat kamu menginap. Kamu bisa membantu pekerjaan sederhana seperti mencuci piring setelah makan, atau membereskan tempat tidur.

Tetap memerhatikan sopan santun dimana pun kamu berada sangatlah penting. Tunjukkan jika kamu menghargai tuan rumah, yang sudah mau menyambut hingga memberi kamu tempat untuk menginap.

Hargai kebaikan orang lain dengan ikut bersikap baik. Itu dia deretan etika menginap di rumah teman yang harus kamu perhatikan. Semoga kamu sudah melakukannya ya.

Suandewi Oka Photo Community Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya