Comscore Tracker

5 Nasihat Berharga Ketika Dirimu Merasa Tak Pantas Dimiliki

Tepuk pundakmu dan katakan “Terima kasih ya udah kuat”

Pernah gak sih kamu merasa tidak berarti apa-apa buat orang lain, merasa tidak pantas untuk dimiliki? Well,  terkadang kehidupan membuat kamu merasa tidak spesial yang berujung merasa rendah diri atau insecure.

Jika sekarang merasakan itu semua, ingatlah bahwa kamu adalah sosok yang berharga, dan layak untuk dimiliki. Untuk itu, baca 5 nasihat berharga jika kamu merasa tidak pantas dimiliki.

Baca Juga: Dengerin Deh 8 Lagu Ini Ketika Merasa Lelah dengan Hidup

1. Ingatlah sekali lagi, bahwa kamu adalah orang yang spesial

5 Nasihat Berharga Ketika Dirimu Merasa Tak Pantas Dimilikipexels.com/@Maycon Marmo

Satu hal yang harus kamu ingat, Tuhan Yang Maha Esa menciptakanmu menjadi sosok manusia yang spesial. Jika kamu merasa tidak pantas untuk dimiliki, ingat-ingatlah nasihat ini bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bisa jadi, kekuranganmu dianggap kelebihan bagi orang lain. Begitu pula sebaliknya.

Kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain dan kekurangan untuk saling melengkapi. Kamu adalah sosok yang hebat dengan apa adanya kamu. So, jangan pernah merasa tidak pantas ya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Ada Rasa Sungkan Bergaul dengan Teman

2. Kamu hebat dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki

5 Nasihat Berharga Ketika Dirimu Merasa Tak Pantas Dimilikipexels.com/@Hassan OUAJBIR

Merasa tidak pantas untuk dicintai atau dmiliki itu hanyalah perasaan yang sepihak saja. Mungkin kamu gak menyadari bahwa keluarga, teman, dan sahabat bangga dengan dirimu. Hanya saja mereka tidak mengungkapkannya secara langsung. Jadi berhentilah merasa rendah diri.

3. Hilangkan perasaan negatif yang ada dalam dirimu

5 Nasihat Berharga Ketika Dirimu Merasa Tak Pantas Dimilikipexesl.com/@Ketut Subiyanto

Perasaan negatif jika terus kamu pelihara hanya akan merugikan diri sendiri. Perasaan insecure, dan merasa tidak beruntung, jika tidak segera dihalau, akan membuat dirimu semakin lemah.

Memang tidak mudah untuk bangkit dari keterpurukan, tapi akan berbahaya jika kamu terus memelihara situasi tersebut. Hilangkan perasaan itu, dan mulailah untuk hidup yang lebih positif.

Baca Juga: 5 Kalimat Tak Seharusnya Diucapkan ke Teman yang Bercerai

4. Jika terus meratapi keadaan, kapan waktunya kamu untuk bersyukur?

5 Nasihat Berharga Ketika Dirimu Merasa Tak Pantas Dimilikipexels.com/@Verne Ho

Jika terus menerus merasa kekurangan, menderita, dan meratapi keadaan, lantas kapan waktumu untuk bersyukur? Kehidupan memang tidak selalu menjanjikan kesenangan. Ada kalanya penderitaan, terjatuh, lalu menangis. Namun apakah semua itu harus merenggut kebahagiaanmu?

Syukuri segala sesuatu yang mendatangi hidupmu, berikan waktu untuk merasakan kebahagiaan. Jadi hindari waktumu hilang hanya untuk sesuatu yang tidak berguna.

5. Stop membanding-bandingkan diri dengan orang lain

5 Nasihat Berharga Ketika Dirimu Merasa Tak Pantas DimilikiIlustrasi pria kecewa (unsplash.com/@Andre Neel)

Membandingkan kesuksesan, pekerjaan, studi, hingga materi dengan orang lain hanya akan membuatmu merasa rendah diri. Barangkali orang yang kamu anggap sukses, ternyata punya masalah mental karena tekanan dari keluarga, atau lainnya. Belum tentu juga kamu akan berhasil menghadapi cobaan yang baru ketika kesuksesan itu menghampirimu. Itu hanya ketakutanmu saja karena melihat dari satu sisi.

Faktanya, merasa selalu kurang, merasa tidak spesial, dan merasa menjadi manusia yang tidak pernah dicintai memang menyakitkan. Tapi, apa kamu mau terus-terusan terpuruk seperti ini? Jadi, mulai sekarang belajarlah mencintai diri sendiri. Kamu harus yakin, kelak akan dipertemukan dengan orang yang tepat dan bangga memilikimu.

Itulah 5 nasihat berharga saat kamu merasa tak pantas dimiliki. Kamu yang bertahan sampai sekarang saja sudah bisa dibilang hebat lho! Jadi, semangat ya.

Ruhil Sabrina Photo Community Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya