Comscore Tracker

Jangan Buang-buang Waktu, 5 Tips Menolak Ajakan Bergosip

Bergosip membuat harimu kurang produktif lho!

Pernahkah kamu diajak bergosip oleh teman atau rekan satu kantor? Bagaimana respons kamu ketika menerima ajakan itu? Beberapa orang mungkin senang bergosip karena bagi mereka itu adalah sebuah hiburan. Apalagi jika membicarakan orang yang dia tidak sukai. Semua hal tentang orang itu akan terlihat tidak baik. 

Adakah manfaat yang bisa kamu ambil dengan bergosip dan membicarakan orang lain? Sudah pasti bergosip hanya membuat pikiran kamu dipenuhi dengan hal-hal negatif ya. Bahkan bisa jadi kamu malah langsung ikut membenci tanpa melakukan pengecekan langsung. Nah agar tidak buang-buang waktu, simak yuk di bawah ini tips untuk menolak ajakan bergosip:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Tanamkan keberanian untuk menolak

Jangan Buang-buang Waktu, 5 Tips Menolak Ajakan BergosipGambar ilustrasi (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Sudah saatnya kita berani menolak dengan tegas segala ajakan untuk melakukan ha-hal negatif, termasuk ajakan untuk bergosip. Sampaikan dengan sopan bahwa kamu tidak tertarik pada topik pembicaraan itu. Apalagi jika tidak ada kaitannya dengan dirimu.

Pada awalnya mungkin kamu akan mendapat respons yang kurang menyenangkan atas penolakan yang kamu berikan. Tapi selanjutnya mereka akan tahu bahwa kamu bukan partner gosip yang tepat bagi mereka. Dengan begitu, mereka tidak akan lagi datang dan mengajakmu hanya untuk membicarakan orang lain.

2. Lakukan kegiatan yang lebih positif

Jangan Buang-buang Waktu, 5 Tips Menolak Ajakan BergosipIlustrasi (pixabay.com/Victoria_Art)

Mengapa orang-orang suka bergosip? Karena dia tidak punya kegiatan lain, atau punya waktu luang yang terlalu banyak. Saatnya mencari kegiatan positif yang dapat mengisi hari-harimu agar lebih bermanfaat. Kegiatan positif tersebut di antaranya menekuni hobi yang kamu sukai, misalnya memasak, berkebun, dan lainnya. 

Biasanya apabila kamu sibuk, orang lain pun enggan mendekatimu untuk mengajak bergosip. Sebaliknya, ketika kamu punya banyak waktu, orang-orang akan tanpa banyak pertimbangan langsung mencari kamu dan mengajak membicarakan kejelekan orang lain. 

3. Bergaul seperlunya saja dan pilihlah dalam berteman

Jangan Buang-buang Waktu, 5 Tips Menolak Ajakan BergosipUnsplash/Duy Pham

Biar kamu tidak terjebak dan masuk dalam ajakan bergosip, maka bergaul seperlunya saja. Tidak perlu terlalu akrab, tetapi juga jangan ketus pada mereka yang memang hobi bergosip. Dengan bergaul seperlunya, maka mereka dengan sendirinya akan sungkan apabila hendak mengajakmu bergosip.

Membatasi diri bergaul bukan berarti tidak bersosialisasi dan menutup diri dari kehidupan sosial. Namun kamu lebih membatasi pergaulan dan lebih memilih siapa saja yang bisa masuk lingkaran dalammu dan siapa saja yang hanya sebagai teman bertegur sapa. 

4. Fokus pada kebahagiaan diri sendiri

Jangan Buang-buang Waktu, 5 Tips Menolak Ajakan BergosipIlustrasi wanita (pixabay.com/RondellMelling)

Banyak orang yang bergosip seolah merasa dirinya sendiri yang paling baik dan tidak punya masalah dalam hidup. Bahkan ada yang sebenarnya punya masalah dalam hidupnya, tapi lebih tertarik untuk membicarakan masalah orang lain, dibandingkan fokus menyelesaikan urusan pribadinya.

Guna menghindari sifat ingin tahu dan ingin ikut campur pada kehidupan orang lain, maka fokuslah pada kehidupan diri sendiri. Bersikap tidak ikut campur dan tidak ingin tahu permasalahan orang lain bukan berarti kita tidak peduli, namun hanya memberikan ruang pribadi bagi orang lain agar lebih nyaman menjalani kehidupannya. 

5. Pilih teman yang memberikan energi positif

Jangan Buang-buang Waktu, 5 Tips Menolak Ajakan BergosipIlustrasi teman (pixabay.com/AdinaVoicu)

Tak dimungkiri bahwa pengaruh lingkungan dan pergaulan juga akan memengaruhi bagaimana kamu hidup dan bersosialisasi dengan sesama. Semestinya kita lebih selektif dalam memilih teman bergaul agar tidak masuk dalam lingkungan yang toxic. 

Agar tidak terpengaruh oleh perilaku negatif dari pergaulan, maka pilihlah teman yang memberikan dampak positif. Hindari berteman dengan orang yang suka bergosip karena sedikit atau banyak kebiasaan itu akan memengaruhimu.

Nah itu beberapa tips untuk menolak ajakan bergosip. 

Rinda Septiana Photo Community Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya