Comscore Tracker

Pura-Pura Kuat Itu Capek Lho! Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Sedih

Kamu tak harus memendam semua hal

Semua orang pasti pernah dihadapkan dengan masalahnya masing-masing. Mustahil jika hidup tanpa masalah apapun. Karakter seseorang yang sesungguhnya juga akan terlihat ketika dihadapkan langsung dengan masalah. Apakah akan cuek, lari dari masalah, atau justru memilih menghadapinya? Walaupun kadang harus dengan berpura-pura kuat.

Tapi perlu diingat bahwa bagaimanapun juga, berpura-pura kuat itu capek lho! Tidak sedikit pula yang akhirnya justru menyerah dan putus asa. Nah agar tidak lelah memendam sesuatu dalam diri dan berpura-pura kuat, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat merasa sedih:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Berbagi cerita dengan orang yang bisa dipercaya

Pura-Pura Kuat Itu Capek Lho! Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Sedihilustrasi berbagi cerita dengan sahabat (pexels.com/Liza Summer)

Beban berat yang kamu pikul sendirian, sering kali membuat sesak yang berakibat susah sekali berpikir positif. Akibatnya, dapat menyita pikiran dan emosi kamu, yang akhirnya malah bisa bikin kamu sakit dan krisis kepercayaan diri. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba berbagi cerita bersama orang yang bisa kamu percaya. 

Jangan salah, berbagi cerita sekedar mencurahkan isi hati, bisa mengurangi tekanan hidupmu, lho. Apalagi jika kamu curhatnya dengan orang yang bisa kamu percaya. Misalnya kepada sahabat, pasangan, atau ke orangtua. Selain bisa menimbulkan rasa percaya diri dan perasaan lebih tenang, curhat  dapat membantu mengikis rasa sedih dan trauma yang kamu alami, sehingga kamu akan lebih termotivasi untuk menentukan tujuan hidup.

2. Menangislah jika perlu

Pura-Pura Kuat Itu Capek Lho! Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Sedihilustrasi menangis (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah menangis. Hal itu akan membuat perasaanmu lebih baik dan tenang. Bahkan ternyata menangis dengan meluapkan segala kegundahan hati dapat membantumu meringankan rasa sakit dan meningkatkan semangat dalam diri. 

Jadi, jangan malu dan takut dibilang lemah ketika kamu ingin menangis. Menangis bukan hal yang aneh dilakukan bagi pria ataupun perempuan. Semua bisa meluapkan isi hati dengan menangis.

Apalagi jika kamu menangis hingga terisak, artinya kamu akan menghirup lebih banyak udara dingin yang dapat membantu mengatur dan menurunkan suhu otak dengan cepat. Dengan begitu, suasana hati akan jauh membaik setelah kamu selesai menangis.

3. Lakukan kegiatan yang kamu sukai

Pura-Pura Kuat Itu Capek Lho! Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Sedihilustrasi me time (pexels.com/ Artem Podrez)

Hal ketiga lainnya adalah melakukan kegiatan yang menjadi favorit kamu. Ya, hal ini dipercaya akan membuat mood mu membaik. Meski sekadar membaca buku, bermain gitar, melukis, bermain game, memasak, ataupun menonton film. 

Kamu juga bisa sesekali berbelanja atau me time dengan pergi ke salon. Aktivitas itu bisa membuat kamu lebih rileks, lho. Jadi setelahnya, kamu bisa berpikir lebih positif dan tak lagi diliputi dengan kesedihan.

4. Mengonsumsi makanan favorit kamu

Pura-Pura Kuat Itu Capek Lho! Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Sedihilustrasi makan makanan favorit (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain menyita banyak pikiran dan emosi, ternyata berpura-pura kuat juga butuh energi yang besar, lho. Jadi jangan biarkan perut kamu kosong ketika berpikir, ya karena mood kamu bisa jadi kurang baik.

Kamu bisa mencoba membuat sesuatu di dapur atau membeli makanan favorit. Karena ternyata lelah hati juga bisa membuatmu gampang lapar, lho. Maka dari itu, banyak yang menyarankan mengonsumsi makanan manis atau pedas untuk membuat mood kamu membaik. Kami juga perlu mencobanya. 

5. Hadapilah sehala sesuatu dengan tenang

Pura-Pura Kuat Itu Capek Lho! Ini 5 Cara Menghadapi Rasa Sedihilustrasi bahagia (pexels.com/Julia Avamotive)

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah yakin pada diri sendiri dan mencoba menghadapi semuanya dengan tenang dan percaya diri. Yakinlah, jika semuanya akan baik-baik saja.

Tidak perlu berpura-pura kuat lagi, tapi sekarang tanamkan dalam diri jika memang kamu kuat dan bisa melewati segalanya dengan baik, jadi jangan takut jatuh, ya. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat merasa sedih. Jangan paksakan diri untuk terlihat kuat. Semangat ya!

hayyu wardana Photo Community Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya