Comscore Tracker

5 Bukti Kebaikanmu Gak Akan Sia-sia,  Ikuti Hati Nurani 

Gak semua hal selalu tentang materi ya

Kebaikan akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi orang yang melakukannya. Biasanya tindakan ini lebih berkaitan dengan perasaan dan tidak melulu tentang materi. Seseorang melakukan kebaikan karena percaya dengan kata hatinya. Dia tidak akan banyak mempertimbangkan sesuatu, melainkan langsung saja bertindak. 

Namun dalam perjalanannya, tidak selalu kebaikan itu akan dibalas dengan kebaikan. Tak jarang justru yang didapat adalah sebaliknya. Seseorang yang telah berbuat baik bisa saja dikhianati oleh orang yang pernah dibantunya. Hal-hal seperti ini biasanya akan membuat kecewa dan bukan tidak mungkin membuat seseorang jadi ragu untuk kembali berbuat baik. Nah agar kamu tidak down dan putus asa, berikut bukti bahwa sesungguhnya kebaikan yang kamu lakukan gak akan sia-sia:

Baca Juga: 5 Cara Menjalani Hidup Ala Taoisme, Bikin Pikiran Lebih Tenang

1. Rasa bahagia karena mampu membantu meringankan beban orang lain 

5 Bukti Kebaikanmu Gak Akan Sia-sia,  Ikuti Hati Nurani ilustrasi bahagia (pexels.com/fauxels)

Seseorang yang bersedia membantu meringankan beban orang lain, akan merasakan kebahagiaan tersendiri dalam hidupnya. Rasa bahagia itu kadang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Apalagi jika mengetahui bahwa orang yang dibantunya benar-benar merasakan manfaat dari apa yang telah dia lakukan. 

Entah dampak dari kebaikan itu besar atau kecil terhadap orang lain, tetap saja rasa bahagia itu muncul karena setidaknya mampu meringankan beban seseorang. Maka, jangan pernah berhenti berbuat baik selama kamu masih mampu. 

2. Kamu menjadi semakin mampu menghargai diri 

5 Bukti Kebaikanmu Gak Akan Sia-sia,  Ikuti Hati Nurani ilustrasi menghargai diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kemampuan menghargai diri sendiri sangatlah penting dan perlu dibangun oleh setiap orang. Namun ada beberapa orang yang belum bisa melakukannya. Nah, bagi kamu yang selama ini kurang menghargai diri sendiri, cobalah latih kemampuan ini dengan cara berbuat baik ke orang lain dan tanpa pamrih.

Berbuat kebaikan, sekalipun tanpa mengharap imbalan, namun yakinilah kamu akan mendapatkan sesuatu yang baik juga. Setidaknya kamu akan lebih mampu menghargai diri sendiri.

Menolong orang lain adalah bagian dari sikap menghargai diri sebab kamu juga yakin dengan kemampuan diri sendiri. Inilah bukti nyata bahwa segala bentuk kebaikan tidak ada yang sia-sia. 

3. Dapat mengurangi tekanan stres dan lebih menenangkan hati

5 Bukti Kebaikanmu Gak Akan Sia-sia,  Ikuti Hati Nurani ilustrasi orang mengalami stres akibat banyak masalah (pexels.com/Ron Lach)

Permasalahan pribadi kamu dapat berkurang setelah melakukan kebaikan. Segala bentuk kebaikan tak melulu dengan pembalasan yang sama. Namun, bisa dalam bentuk ketenangan hati dan pikiran.

Berbuat baik, tanpa kamu sadari, sebenarnya mampu memberikan ketenangan hati dan pikiran. Pada dasarnya kebaikan pasti akan mendatangkan kebaikan juga bagi yang melakukannya.

Ketenangan yang kamu dapatkan dari hasil berbuat baik mampu mengurangi tekanan stres yang sedang kamu rasakan, entah terkait persoalan pribadi maupun hal lainnya. Nah, bagi kamu yang saat ini sedang merasa stres, apalagi hingga hampir depresi, cobalah mulai berbuat kebaikan.

4. Hubungan dengan orang lain menjadi semakin sehat 

5 Bukti Kebaikanmu Gak Akan Sia-sia,  Ikuti Hati Nurani ilustrasi memiliki hubungan sosial yang baik (pexels.com/Julia M Cameron)

Berbuat baik kepada orang lain, berarti ada upaya yang kamu lakukan membuat  hubungan sosialmu menjadi semakin sehat. Inilah bukti berikutnya bahwa kebaikan dapat memperbaiki dan menyehatkan hubungan sosial.

Maka, jangan ragu untuk berbuat baik kepada siapa saja demi kesehatan hubungan sosial yang kamu jalani. Entah itu, kepada keluarga, kerabat, rekan kerja, teman sepermainan, pasangan, maupun orang lain yang tak kamu kenal secara dekat. Kebaikan itu tak selalu harus dalam bentuk batuan berupa materi. Berikan senyuman yang tulus saja sudah termasuk perbuatan baik.

5. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental 

5 Bukti Kebaikanmu Gak Akan Sia-sia,  Ikuti Hati Nurani ilustrasi orang yang memiliki kesehatan baik (pexels.com/Ron Lach)

Manfaat dari berbuat kebaikan yaitu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu. Maka ini juga bukti dari segala jenis kebaikan yang kamu lakukan, pasti gak akan sia-sia dan dapat memberikan manfaat positif. Kesehatan fisik dan mental semakin berkualitas, sebab setelah berbuat baik, rasa bahagia akan hadir di dalam diri. Kebahagiaan adalah salah satu faktor yang membuat kesehatan seseorang terus meningkat, baik secara fisik maupun mentalnya.

Ketika perasaanmu berbahagia, pertahanan diri akan berbagai serangan penyakit menjadi lebih kuat. Jiwa dan raga akan semakin sehat. Teruslah bersemangat dalam berbuat baik, karena mampu menghindarkanmu dari berbagai penyakit yang kerap menyerang orang-orang yang kurang bahagia dalam menjalani hidupnya.

Hasil dari kebaikanmu pasti akan selalu ada. Memang tak selalu berupa materi atau balasan baik yang sama secara langsung. Namun, bisa berupa hal-hal positif yang tak berwujud, tapi bisa kamu rasakan. Berbuat baiklah kepada siapa saja. Lakukan dengan tulus, tak perlu terlalu memikirkan tentang timbal baliknya. Sekarang sudah yakin kan bahwa kebaikan kamu gak akan sia-sia. 

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya