Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Terlalu Membanggakan Diri Sendiri

Lebih baik bersikap biasa saja ya

Memiliki suatu kelebihan dalam diri merupakan suatu anugerah yang harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Namun, masih banyak orang yang malah bersikap memamerkan atau terlalu membanggakan kelebihan tersebut.

Sebenarnya memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Hanya saja apabila kamu melakukannya secara berlebihan, tentu tidak akan baik untuk diri sendiri. Nah berikut lima alasan mengapa sebaiknya kamu jangan terlalu membanggakan diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Masih Sering Chat Kamu, Coba Tetap Jaga Jarak

1. Orang bisa menilaimu terlalu sombong

5 Alasan Jangan Terlalu Membanggakan Diri Sendiriilustrasi perempuan jalan bersama (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Membanggakan diri secara berlebihan bisa diartikan sebagai suatu kesombongan. Kemampuanmu seakan berada pada tingkat paling tinggi dibandingkan dengan orang lain.

Kamu akan jadi orang paling merugi jika menyombongkan segala sesuatu yang sifatnya sementara. Lebih baik bersikap biasa saja ya dan tidak membuat suatu kelebihan seakan adalah segala-galanya. 

2. Terlalu membanggakan diri akan membuatmu berhenti berproses

5 Alasan Jangan Terlalu Membanggakan Diri Sendiriilustrasi pria memfokuskan diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang terlalu sibuk membanggakan dirinya sendiri cenderung sulit untuk berproses ke depannya. Fokus yang dituju bukanlah menjadi jauh lebih baik, tapi menjadikan kelebihan itu sebagai suatu kebanggaan semata.

Padahal, berproses dalam hidup punya peranan yang sangat penting. Kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik jika segalanya ditingkatkan secara perlahan dan dengan fokus yang baik. 

3. Terlalu membanggakan diri sendiri bisa membuat orang lain menjadi iri

5 Alasan Jangan Terlalu Membanggakan Diri Sendiriilustrasi anak kecil berbisik (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap orang pastinya akan berlomba-lomba untuk menjadikan dirinya jauh lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Hal semacam inilah yang perlu kamu perhatikan sehingga tidak menyombongkan diri terlalu berlebih.

Akan selalu ada orang yang merasa iri hati atas apa yang menjadi kebanggaanmu. Jika kamu memamerkannya terlalu over, dampak negatifnya bisa sangat besar bagi orang lain maupun dirimu sendiri. 

4. Dapat memunculkan sisi negatif yang merugikan

5 Alasan Jangan Terlalu Membanggakan Diri Sendiriilustrasi bekerja bersama-sama (pexels.com/Monstera)

Tanpa harus memamerkan, kebanggaan yang kamu punya bisa dilihat sendiri orang lain seiring berjalannya waktu. Menunjukkannya secara gamblang memang punya nilai positif tersendiri, tapi akan selalu ada sisi negatif yang merugikan.

Makanya, jauh lebih baik membiarkan orang lain menilaimu dengan sendirinya. Cukup jalani hidup dengan sewajarnya, tidak perlu ambil pusing hanya demi sebuah kebanggaan yang kapan saja bisa hilang. 

5. Terlalu membanggakan diri bisa memicu orang lain merasa rendah diri

5 Alasan Jangan Terlalu Membanggakan Diri Sendiriilustrasi pria bermain skateboard bersama (pexels.com/Budgeron Bach)

Membanggakan diri bisa diartikan orang lain sebagai sebuah perbedaan tingkat antara dirimu dengan yang lainnya. Artinya, secara sengaja maupun tidak sengaja, kamu bisa merendahkan orang lain.

Dalam konteks ini, kamu bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain secara bersamaan. Sangat tidak setimpal kan? Sebenarnya, sangat manusiawi apabila kamu ingin menunjukkan kelebihan atau kebanggaan kepada orang lain. Namun jangan sampai berlebihan ya. Kamu bisa kembali mengingat lima poin di atas ya. Semoga bermanfaat. 

Andri Yanto Photo Community Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya