Comscore Tracker

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan Masak

Acara memasak jadi lebih menyenangkan, deh

Tren tanaman dalam ruang atau houseplant sedang marak belakangan ini. Tidak hanya di ruang tamu dan kamar mandi, bahkan dapur pun bisa dihias dengan tanaman segar. Selain untuk mempercantik ruangan, tanaman dalam dapur juga bisa membantu menyegarkan udara. Atau, kamu juga bisa menanam tumbuhan khusus yang bisa langsung ditambahkan ke wajanmu.

Melansir dari Thespruce.com, ini nih tumbuhan yang cocok untuk dapur.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Pupuk Rumahan, Minim Biaya Kebun Jadi Rimbun

1. Sirih gading

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakIlustrasi sirih gading (pexels.com/Miriam Alonso)

Sirih gading atau yang juga disebut Pothos (epipremnum aureum), merupakan tanaman hias yang paling mudah untuk dirawat. Tumbuhan ini beradaptasi baik di berbagai kondisi cahaya ruangan dan yang terpenting, tidak butuh biaya perawatan mahal karena relatif toleran dengan kekeringan.

Kamu bisa meletakkan sirih gading di bagian teratas kabinet ataupun lemari es.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Krayon di Pakaian, Ikuti Step-nya

2. Philodendron

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakIlustrasi tanaman hias (pexels.com/Sasha Kim)

Selain sirih gading, Philodendron bisa dianggap sebagai jenis tanaman hias dengan perawatan rendah. Tumbuhan dengan berbagai bentuk dan warna daun ini cocok sekali jika ditata dalam keranjang gantung di ruang kosong dapur. Kamu tidak perlu susah-susah mengatur, karena Philodendron dapat tumbuh dalam cahaya tidak langsung, baik itu tingkat sedang ataupun terang.

Kamu juga tidak perlu sering-sering menyiram karena tanaman ini relatif toleran dengan kekeringan. Philodendron juga dikenal sebagai tumbuhan pembersih udara yang hebat.

3. Tanaman herba

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakIlustrasi tanaman herba(pexels.com/cottonbro)

Memetik daun min dari jendela dapur dan langsung menambahkannya ke wajan tentu memberikan sensasi tersendiri ya. Terdengar menyenangkan dan praktis ya. Karena itu, bagaimana jika menanam tanaman herba yang sering kamu gunakan untuk masakan di ruang dapur?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menumbuhkan tanaman herba. Supaya tumbuh baik, herba membutuhkan matahari secara langsung sepanjang hari, sehingga harus diletakkan di tempat yang tepat. Jadi, pilihlah lokasi yang bagus dan mulailah menanam min, kucai, peterseli, basil, oregano, dan cilantro.

4. Sukulen

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakIlustrasi sukulen (pexels.com/Ylanite Koppens)

Tanaman cantik berbagai bentuk dan warna amat cocok jika ditempatkan di jendela dapur. Karena itu, pilihlah sukulen. Sukulen menyimpan air dalam berbagai struktur tubuh seperti daun dan batang, sehingga tahan dari kekeringan.

Tanaman ini juga mudah dirawat. Ada ratusan jenis sukulen berbeda dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang menakjubkan. Kamu tinggal memilih jenisnya sesuai selera.

5. Spider plant atau Chlorophytum

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakTanaman dalam dapur (pexels.com/cottonbro)

Satu lagi tanaman yang mudah dirawat, spider plant atau biasa disebut chlorophytum. Tumbuhan  ini memiliki perpaduan warna hijau dan putih yang cantik,  cocok sekali dipajang sebagai tanaman gantung. Jika tumbuh dengan baik, spider plant akan berbunga dan cabang-cabangnya akan subur.

Jangan meletakkan spider plant di area yang terkena cahaya matahari secara langsung ya, karena bisa membuat daunnya gosong.

6. Lidah mertua

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakIlustrasi tanaman lidah mertua (pexels.com/cottonbro)

Lidah mertua atau biasa disebut snake plant adalah tanaman hias yang sangat populer dan tidak butuh perawatan khusus. Tanaman tropis yang satu ini memiliki warna, bentuk, dan ukuran berbeda.

Kamu bisa meletakkannya di bagian dapur mana saja, karena lidah mertua bisa hidup dengan baik dalam kondisi terang ataupun cahaya rendah.

7. Karet merah

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakIlustrasi karet merah (pexels.com/Scott Webb)

Bosan dengan tanaman dalam ruang berukuran kecil? Maka karet merah adalah solusinya. Tanaman dengan nama latin ficus elastica ini bisa tumbuh menjadi pohon berukuran besar di habitat aslinya. Karena itu, kamu harus memotong secara teratur agar ukurannya sesuai dengan dapurmu.

Tanaman karet merah bisa ditempatkan di sudut dapur atau di mana saja karena mampu beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi.

8. Tanaman kopi

8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan MasakIlustrasi tanaman kopi (pexels.com/Michael Burrows)

Menanam kopi di dapur bukan berarti kamu akan memanen dalam bentuk kopi ya. Secara umum, kopi harus tumbuh besar dan berada di situasi yang tepat agar bisa berbuah. Namun, tumbuhan kopi kecil memiliki bentuk daun yang bagus dan permukaan mengilat, sehingga bisa dijadikan tanaman hias yang cantik untuk dapurmu.  

Sayangnya, kamu harus memeliharanya dengan baik agar tanaman kopi bisa tumbuh subur. Tanaman ini harus sering disiram dan membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang.

Nah, itulah beberapa pilihan tanaman dalam ruang yang cocok di dapur. Selamat memilih.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya