Comscore Tracker

Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Caranya cukup sederhana!

Saat ini kemampuan dalam berbahasa Inggris menjadi hal penting yang harus dikuasai. Selaras dengan hal ini, banyak pekerjaan yang membutuhkan skill berbahasa asing, termasuk bahasa Inggris yang juga merupakan bahasa internasional.

Bahasa Inggris juga gak hanya membuka peluang karier yang lebih baik, melainkan kamu juga dapat meraih kesempatan baru dalam menempuh study. Siapa yang gak tertarik kuliah atau kerja di luar negeri? 

Nah, untuk kamu yang tidak punya waktu untuk les bahasa Inggris, bisa belajar secara otodidak dengan beberapa cara di bawah ini ya:

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Indonesia yang Mengandung Kata Hati

1. Menonton film bahasa Inggris dengan subtitle

Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi nonton film (unsplash.com/Mollie Sivaram)

Belajar bahasa Inggris dengan cara menonton film, termasuk paling efektif untuk kamu lakukan. Bagi kamu yang masih pemula, bisa menggunakan subtitle agar dapat memahami alur cerita. Kamu juga bisa mencatat kalimat-kalimat baru untuk menambah kosa kata bahasa Inggrismu.

Sementara itu, untuk kamu yang sudah mulai lancar berbahasa Inggris, maka tantanglah dirimu untuk belajar lebih. Tontonlah film tanpa menggunakan subtitle. Dalam kata lain, kamu hanya mengandalkan pendengaran atau listening.

2. Jangan sungkan melihat kamus

Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi kamus (unsplash.com/aaronburden)

Seperti yang kita ketahui, kamus adalah buku petunjuk yang bisa memudahkanmu dalam mengartikan sebuah kata atau bahkan kalimat. Semakin sering kamu melihat kamus, maka akan semakin mudah merekam kalimat-kalimat bahasa Inggris.

Ketika kamu membiasakan diri untuk membaca kamus, akan ada lebih banyak kosa kata baru yang kamu pelajari setiap harinya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam merangkai kalimat ataupun membuat sebuah tulisan dalam bahasa Inggris.

3. Dengarkan podcast bahasa Inggris

Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi mendengarkan podcast (unsplash.com/cdx2)

Saat ini platform podcast cukup digemari berbagai kalangan. Melalui podcast ini kamu bisa belajar banyak hal termasuk bahasa Inggris. Dengarkanlah podcast-podcast yang ringan dan mudah untuk kamu pahami.

Karena kamu akan melakukan proses listening di sini, maka kamu harus memilih podcast mana yang kiranya sesuai untuk didengarkan. Beberapa rekomendasi podcast bahasa Inggris yang bisa kamu pilih di antaranya yaitu All Ears English Podcast, CNN 5 Things, dan TED Radio Hour.

4. Sering menyanyi lagu-lagu berbahasa Inggris

Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi mendengarkan lagu (unsplash.com/Fath)

Menyanyi adalah tips dalam mempermudah proses belajar. Masih ingat gak dulu ketika Sekolah Dasar banyak lagu-lagu pelajaran yang dinyanyikan? Hal ini dilakukan untuk merangsang otak agar lebih mudah mengingat.

Nah, begitu juga ketika belajar bahasa Inggris. Terkadang kita akan lebih mudah menghapal lagu dibandingkan dengan kalimat-kalimat biasa. Nada yang didengarkan akan mampu membuat cepat ingat dengan kalimat yang disebutkan. Agar lebih memudahkannya, kamu juga bisa melihat lirik yang disertai dengan terjemahan bahasa Indonesia.

5. Lakukan latihan secara konsisten

Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi konsisten belajar (unsplash.com/Cathryn Lavery)

Tidak ada perubahan yang datang secara instan. Semua hal dalam hidup memang membutuhkan proses. Jadi ketika kamu berniat untuk belajar bahasa Inggris, maka lakukanlah secara konsisten.

Konsisten dalam belajar bahasa Inggris akan membuatmu semakin terlatih. Dengan begitu, maka kemampuan bahasa Inggrismu akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Luangkanlah waktu untuk belajar bahasa Inggris. Tidak perlu durasi yang lama, yang penting lakukanlah secara konsisten.

Itulah beberapa tips belajar bahasa Inggris secara otodidak. Semoga bermanfaat ya. 

uma_ nihhh Photo Community Writer uma_ nihhh

suka sama banyak hal, tapi ga suka kamu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya