Comscore Tracker

Atur Strategi! 5 Tips Belajar Biar Gak Tertekan saat Ujian

Ingat, jangan kebiasaan kebut semalam ya

Sering merasa tertekan saat akan ujian? Mungkin pikiran kamu terasa berat, terutama beberapa hari sebelum ujian tiba. Selain harus banyak belajar, kamu juga sudah merasa terbebani dengan mengkhawatirkan bentuk pertanyaan yang muncul saat ujian. 

Tenang! Ujian bisa dibawa santai bahkan menjadi hal seru, lho. Pada dasarnya ujian hanyalah sebuah tes untuk mengukur seberapa baik kamu belajar dan memahami materi. Semuanya bisa ditangani apabila kamu memiliki strategi yang baik. Nah berikut tips belajar biar kamu gak merasa tertekan saat ujian ya:

Baca Juga: Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

1. Ubah kata dalam buku dengan bahasamu sendiri

Atur Strategi! 5 Tips Belajar Biar Gak Tertekan saat Ujianilustrasi sedang belajar (pexels.com/cottonbro)

Apakah kamu sering kesulitan memahami bahasa yang ditulis dalam buku? Oleh sebab itu supaya lebih mudah memahaminya, coba ganti dengan bahasamu sendiri. Dengan cara ini, kamu pun akan lebih cepat memahami materi yang disampaikan dalam buku. 

Caranya, kamu bisa baca dulu materi yang ada dalam buku. Kemudian pelan-pelan pahami dan jabarkan kembali menggunakan bahasamu sendiri. 

2. Beri tanda pada buku agar mudah diingat

Atur Strategi! 5 Tips Belajar Biar Gak Tertekan saat Ujianilustrasi sedang mencatat (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebelum benar-benar fokus belajar, kamu bisa tandai materi yang ingin dipelajari menggunakan pulpen berwarna atau stabilo. Otak terkadang cenderung mengingat hal yang menarik seperti warna, daripada yang monoton.

Selain itu, kamu juga lebih mudah membedakan definisi satu dengan yang lain karena menggunakan penanda tadi. Saat ujian kamu pun lebih mudah mengingat dengan mudah saat mengerjakan soal, percaya deh!

3. Cari tahu tipe soal ujiannya

Atur Strategi! 5 Tips Belajar Biar Gak Tertekan saat Ujianilustrasi bertanya kepada guru (pexels.com/cottonbro)

Sebelum tiba ujian, jangan lupa tanyakan kira-kira tipe soalnya seperti apa. Apakah pilihan ganda atau isian, karena dengan mengetahui tipe soal ini, kamu bisa atur strategi belajar.

Jika pilihan ganda kamu tidak perlu belajar terlalu dalam, karena jawaban sudah ada di soal, kamu tinggal memilih mana yang benar. Sebaliknya jika berupa isian, kamu perlu belajar lebih ekstra karena jawabannya harus kamu isi sendiri tanpa ada klu apapun. 

4. Menjelaskan kembali isi materi ke orang lain

Atur Strategi! 5 Tips Belajar Biar Gak Tertekan saat Ujianilustrasi menjelaskan kepada teman (pexels.com/ThisIsEngineering)

Dengan menjelaskan ke orang lain materi yang sudah kamu pelajari, akan melatih otak untuk merangkum informasi yang sebelumnya kamu pahami. Di sini pemahaman dan ingatanmu diuji kembali. 

Bagian yang tidak bisa kamu ingat dan jelaskan, tandanya perlu dipelajari ulang. Jika tak ada teman belajar, kamu bisa menjelaskan sendiri di cermin seolah kamu sedang menjelaskan ke orang lain. Metode ini cocok sekali untuk diterapkan saat belajar ujian.

5. Tes diri sendiri sebelum belajar

Atur Strategi! 5 Tips Belajar Biar Gak Tertekan saat Ujianilustrasi mengerjakan soal (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika biasanya belajar dulu baru tes. Sekarang coba dibalik, kamu tes dulu baru belajar. Soal di buku coba kamu kerjakan dulu, terlebih sebenarnya materi yang diuji sudah pernah sebelumnya kamu pelajari. Kamu tinggal mengingat apa yg sudah pernah kamu dapatkan.

Dengan mengerjakan soal, kamu akan tahu materi yang belum paham dan masih harus diulang lagi. Tak perlu risau saat ujian, yakinlah  saat kamu sudah belajar, kamu pasti bisa mengerjakan. Persiapkan saja diri sebaik mungkin agar kamu menghadapi ujian dengan baik. Itulah beberapa tips biar kamu gak merasa tertekan saat ujian. Ingat atur strategi ya!

Ainun Rahmawati Photo Community Writer Ainun Rahmawati

Hanya ingin berbagi hal positif lewat tulisan. Terima kasih sudah membaca☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya