Comscore Tracker

Patung GWK Bali, Mahakarya Tertinggi Ketiga Dunia

Siapa yang sudah pernah ke sini?

Setelah hampir 28 tahun, akhirnya patung Garuda Wisnu Kencana rampung dibangun. Patung yang terletak di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (22/9) lalu. Patung setinggi 121 meter tersebut akan menjadi ikon baru di Bali.

"Di malam yang indah ini, saya senang karena hadir bersama bapak ibu dan saudara menyaksikan mahakarya anak bangsa, patung Garuda Wisnu Kencana," kata Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari Antara.

Patung GWK Bali, kini sudah menjadi mahakarya tertinggi ketiga di dunia dan tentunya menjadi ikon terbaru Bali. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai patung GWK Bali:

1. Patung tertinggi ketiga di dunia

Patung GWK Bali, Mahakarya Tertinggi Ketiga DuniaInstagram/backpackertampan

Masyarakat Indonesia, khususnya Bali patut berbangga setelah patung GWK diresmikan dan dibuka untuk umum. Pasalnya, patung ini menjadi yang tertinggi ketiga di dunia setelah The Spring Temple Buddha di China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar. GWK dibangun di atas lahan seluas 60 hektar dengan tinggi sekitar 121 meter atau 271 meter dari permukaan laut (dpl).

"Tadi saya diberi penjelasan bahwa patung ini lebih tinggi dari Liberty yang ada di Amerika Serikat," jelasnya.

2. Melibatkan 1000 pekerja

Patung GWK Bali, Mahakarya Tertinggi Ketiga DuniaInstagram.com/gwkbali

Patung GWK baru terwujud setelah 28 tahun lamanya. Patung ini merupakan karya dari seniman Nyoman Nuarta yang awalnya berangkat dari gagasan Menteri Pariwisata, Gubernur Bali, serta Menteri Pertambangan dan Energi pada 1989 silam.

Dalam prosesnya, pembangunan GWK melibatkan sedikitnya 1000 pekerja, 400 di antaranya dikerjakan di Bandung. Patung ini dibangun dengan menggunakan teknik cor untuk 754 modul. Selain itu, satu modulnya memilki ukuran 4x3 meter dengan berat sekitar 1 ton.

3. Ikon dan destinasi wisata baru di Bali

Patung GWK Bali, Mahakarya Tertinggi Ketiga DuniaIntagram.com/GwkBali

Diresmikannya patung GWK tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi pariwisata Bali. Pulau Seribu Pura ini dipastikan memiliki ikon baru yang bakal menarik perhatian banyak wisatawan baru.

Tak hanya itu, GWK juga bisa menjadi alternatif tujuan wisata bagi para wisatawan. Jadi, pilihan destinasi wisata di Bali menjadi semakin banyak pilihan.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya