Peluang Lolos Tipis, Pelatih Bali United Fokus Perbaiki Mental Tim

Nasib Bali United ditentukan pertandingan lain

Gianyar, IDN Times - Kekalahan telak atas wakil Kamboja, Visakha FC, membuat jalan Bali United untuk lolos ke fase berikutnya kian tipis. Tidak hanya harus meraih kemenangan, nasib Bali United juga ditentukan hasil pertandingan di grup lain. Tim yang berhak lolos ke babak berikutnya merupakan juara grup dan satu runer-up terbaik.

Kekalahan dengan kemasukan 5 gol, membuat peluang Bali United lolos ke babak selanjutnya kian sulit. Namun Pelatih Bali United, Stefano Cugurra yang kerap dipanggil Coach Teco, tidak putus asa. Saat ini ia tengah berusaha memulihkan mental tim pasca kekalahan menyakitkan atas Visakha FC. Bali United mulai berbenah untuk laga selanjutnya.

Baca Juga: Bali United Kalah Telak, Pelatih Akui Pemain Kelelahan

1. Bali United buat skenario untuk dapat lolos ke fase berikutnya pada Piala AFC

Peluang Lolos Tipis, Pelatih Bali United Fokus Perbaiki Mental TimPertandingan Bali United VS Visakha FC (baliutd.com)

Memenangkan laga trakhir di grup G melawan Kaya FC Iloilo pada 30 Juni mendatang belum cukup untuk memastikan langkah Bali United ke fase berikutnya. Dalam penentuan runner up terbaik yang akan lolos membawa tiket ke babak berikutnya, harus ditentukan juga dengan pertandingan di grup lainnya.

Anak asuh Stefano Cugurra masih harus bergantung dengan hasil pertandingan di grup H dan I, yakni antara Kuala Lumpur FC melawan Tampines Rovers dan Viettel FC menghadapi Hougang.

Kuala Lumpur FC yang tergabung di grup H harus menahan imbang Tampines Rovers, sedangkan Viettel FC wajib menang besar atas Hougang di grup I untuk memastikan langkah Bali United lolos ke semifinal ASEAN.

Melihat beratnya skenario tersebut, Stefano Cugurra tetap optimis. Baginya, semua hal sangat mungkin terjadi di dunia sepak bola.

"Tentu saja itu sangat sulit. Ketika kalah dengan banyak gol tentu saja itu sangat berat. Namun, dalam sepak bola semuanya bisa terjadi," ujar Stefano Cugurra, Rabu (29/6/2022).

2. Stefano Cugurra berjanji tampil lebih baik di laga melawan Kaya FC IIoilo

Peluang Lolos Tipis, Pelatih Bali United Fokus Perbaiki Mental TimPertandingan Bali United VS Visakha FC (baliutd.com)

Stefano Cugurra pun menyadari organisasi permainan saat melawan Visakha FC tidak berjalan. Ia berjanji akan memperbaiki semuanya sehingga Serdadu Tridatu mampu tampil lebih baik di laga ketiga melawan Kaya FC Iloilo.

“Saya tahu situasi saat kami kalah dengan banyak gol tidaklah mudah untuk lolos dari grup. Namun, seperti yang sudah saya katakan, bahwa kami masih memiliki satu pertandingan sehingga harus melihat pemain yang memiliki kondisi fisik lebih prima untuk bermain di pertandingan terakhir," jelas Stefano Cugurra.

Kemenangan atas Kaya FC tentu akan menjaga peluang Irfan Jaya dan kolega lolos ke semi final zona ASEAN. Walaupun tidak mudah, pelatih asal Brasil tersebut tetap optimis.

“Masih ada kesempatan untuk lolos. Maka dari itu kami harus bekerja keras di pertandingan terakhir,” jelasnya.

3. Kekalahan dengan banyak gol berdampak buruk untuk moral tim

Peluang Lolos Tipis, Pelatih Bali United Fokus Perbaiki Mental TimPertandingan Bali United VS Visakha FC (baliutd.com)

Kekalahan di kandang dengan kebobolan 5 gol, tak pelak berpengaruh pada psikologis pemain dan mentalitas secara tim. Kondisi ini lah yang saat ini berusaha diperbaiki oleh Stefano Cugurra.

Ia mencoba untuk kembali membangun semangat serta optimisme para pemain terlebih dahulu agar mampu bekerja keras pada pertandingan terakhir.

"Saya pikir kekalahan, seri, ataupun kemenangan dalam sepak bola itu sangatlah normal. Namun, jika kalah dengan banyak gol tentu saja berdampak buruk untuk moral tim," jelas Stefano Cugurra.

Skuad Bali United tentu harus memanfaatkan waktu jeda selama dua hari untuk memulihkan kondisi tim agar kembali siap dan prima jelang laga penentuan melawan Kaya FC pada Kamis, (30/6/2022).

“Jadi apapun bisa terjadi dan kami harus tetap semangat sehingga mampu bermain baik di laga terakhir. Lihat apa yang akan terjadi di pertandingan ke depan. Kami akan bekerja keras dan bermain baik untuk lolos, serta menghibur suporter,” ujarnya. 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya