Profil Adilson Maringa, Kiper Asing Kedua Bali United

Semoga sesuai harapan Semeton Dewata ya

Performa lini belakang Bali United di Liga musim 2022/2023 lalu masih sangat rapuh. Kerapuhan ini sangat terasa setelah ditinggalkan Willian Pacheco. Welington sebagai pengganti Pacheco masih jauh dari harapan manajemen maupun fan Bali United, Semeton Dewata.

Pada musim ini, terutama saat akan menghadapi PSM Makassar di babak playoff Liga Champion Asia Juni nanti, lini belakang wajib dibenahi. Karena itu, Bali United resmi mendatangkan kiper asing, Adilson Maringa, Kamis (18/5/2023) kemarin. Siapakah sosok rekrutan anyar Bali United ini? Berikut profil Adilson Maringa.

Baca Juga: Bali United Resmi Datangkan Adilson, Ini Komentar Fan

Baca Juga: 5 Top Skor Bali United Sepanjang Masa, Spaso Teratas

1. Biodata Adilson Maringa

Profil Adilson Maringa, Kiper Asing Kedua Bali UnitedAdilson Maringa. (Baliutd.com)

Adilson Aguero dos Santos atau Adilson Maringa adalah pemain bola kelahiran Brasil, 22 Agustus 1990, dan kini telah berumur 32 tahun. Pemilik tinggi 194 sentimeter ini pernah berkarrir di dua negara, Brasil dan Portugal.

ia mengawali karier sepak bolanya di Brasil. Ia pernah bergabung di beberapa klub Brasil seperti Rondonopolis, Formosa GO, Sea Gama, dan Mogi Mirim. Dari Brasil, ia melanjutkan kariernya ke Eropa tepatnya Portugal. Ia bergabung bersama beberapa klub seperti Desportivo Aves, Pinhalnovense, Beira-mar, dan Vilafranquense.

2. Pertama kali merumput di Indonesia pada tahun 2021

Profil Adilson Maringa, Kiper Asing Kedua Bali UnitedAdilson Maringa saat masih berseragam Arema FC. (Instagram.com/maringa01)

Dari Eropa, Maringa memilih berkarier di Indonesia. Klub yang dipilih adalah Arema FC. Arema FC mendatangkan Maringa dari klub Vilafranquense dengan status bebas transfer.

Baru pertama kali merumput di Asia, Maringa mampu mencuri perhatian penggemar sepak bola Indonesia. Dalam 30 pertandingan musim pertama bersama Singo Edan, ia mencatat cleansheet sebanyak 14. Kemudian di musim berikutnya, Liga 1 2022/2023, Maringa membukukan 8 cleansheet dalam 27 laga.

3. Maringa menjadi kiper asing kedua yang pernah dimiliki Bali United

Profil Adilson Maringa, Kiper Asing Kedua Bali UnitedJae Hoon Yoo. (Instagram.com/pace_yoojaehoon)

Ternyata Maringa bukanlah kiper asing pertama yang dimiliki oleh Bali United. Jauh sebelum Maringa bergabung, Bali United pernah menggunakan kiper asing untuk menjaga area pertahanannya pada tahun 2015. Kiper tersebut bernama Jae Hoon Yoo, asal Korea Selatan.

Nama Jae Hoon Yoo sudah sangat familiar di telinga penggemar bola Indonesia. Dapat dikatakan, Jae Hoon Yoo sebagai kiper asing tersukses di Indonesia. Ia pernah membawa beberapa gelar untuk Persipura dan terpilih sebagai kiper terbaik di ISL (Indonesia Super League).

Jae Hoon Yoo hanya sebentar bermain untuk Laskar Tridatu. Sekitar 6 bulan di Bali United, ia kemudian memilih hengkang ke Borneo FC yang kala itu bernama Pusamania Borneo. Kini, Jae Hoon Yoo menjadi asisten Pelatih Timnas senior Indonesia, Shin Tae Yong.

Akankah Maringa menjadi benteng kokoh Bali United di musim mendatang? Performa Maringa akan langsung diuji ketika Bali United bertemu PSM Makassar di babak playoff tanggal 6 dan 10 Juni 2023 mendatang. Semoga sesuai harapan Semeton Dewata.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya