Bali United Kembali ke Papan Atas, Menang Tipis

Spaso cetak gol dan Dolah kembali menghuni lini belakang

Bali United berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas tamunya, Barito Putra. Laga pekan ke-10 Liga 1 2023/2024 berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Minggu (27/8/2023) malam. Kemenangan ini memutus hasil negatif pada dua pertandingan sebelumnya.

Seperti diketahui, Bali United mengalami kekalahan telak 5-1 dari Lee Man FC dalam babak play off Liga Champion Asia 2023/2024, dan 3-1 dari Persis Solo dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Bagaimanakah fakta-fakta yang terjadi antara Bali United vs Barito Putera?

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia Pernah Bermain di Liga Super Malaysia

Baca Juga: Peta Kekuatan 3 Lawan Bali United di Grup G AFC Cup 2023

1. Spaso bermain sebagai starter dan berhasil cetak gol

Bali United Kembali ke Papan Atas, Menang TipisSpaso setelah mencetak gol pembuka Bali United. (Instagram.com/baliunitedfc)

Kali ini Ilija Spasojevic mendapatkan kepercayaan dari Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, sebagai starter dan kapten. Kepercayaan ini tidak ia sia-siakan dengan bermain lugas sepanjang permainan. Pemain naturalisasi ini bekerja sama dengan Privat Mbarga dan wonder kid Bali United, Rahmat Arjuna, untuk membongkar pertahanan Barito Putera.

Ia berhasil mencetak gol pembuka kemenangan Bali United pada menit ke-12. Spaso berhasil mencuri bola karena kesalahan kiper Barito Putera, Ega Rizky, yang mengoper bola. Ini gol keempat Spaso dalam gelaran Liga 1 2023/2024. Sebelumnya, Spaso mencetak gol pada saat Bali United berhadapan dengan Dewa United (1 gol) dan PSM Makassar (2 gol).

2. Teco kembali menggunakan dua penyerang

Bali United Kembali ke Papan Atas, Menang TipisM Rahmat setelah mencetak gol kemenangan Bali United. (Instagram.com/baliunitedfc)

Bali United memiliki dua penyerang dengan kualitas tak jauh berbeda. Pada saat pertandingan melawan Barito Putera, Teco kembali mencoba skema menggunakan dua penyerang. Skema dua penyerang ini telah digunakan saat melawan PSM Makassar dan Persis Solo.

Teco memasukkan Jefferson Assis di babak kedua, tepatnya pada menit ke-57, menggantikan Ricky Fajrin. Walaupun skema dua penyerang ini tidak digunakan hingga babak kedua berakhir, namun cukup efektif memecah konsentrasi pemain belakang Barito Putera.

Ketika pemain belakang sibuk mengawal Spaso dan Jefferson, M Rahmat berhasil memanfaatkan umpan Privat Mbarga untuk mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-65. Setelah berhasil menambah skor, Teco kembali menggunakan skema penyerang tunggal. Pada menit ke-78, Teco menarik Spaso dan memasukkan Fadil Sausu yang bermain sebagai gelandang bertahan.

3. Rahmat Arjuna starter, Elias Dolah kembali bermain

Bali United Kembali ke Papan Atas, Menang TipisElias Dolah saat masuk sebagai pemain pengganti. (Instagram.com/baliunitedfc)

Saat Persis Solo menekuk Bali United 3-1, nama Elias Dolah tidak terdapat dalam line up pemain. Penyebabnya karena Elias Dolah harus balik ke negaranya. Ia sedang berduka, karena sang ibu telah berpulang.

Pada pertandingan kali ini, Elias Dolah telah terlihat dalam daftar pemain pengganti. Pemain dengan tinggi hampir dua meter ini masuk menggantikan Haudi Abdillah di menit ke-78. Elias Dolah bersama Ryuji berhasil menahan gempuran pemain Bario Putra yang cukup intens di penghujung laga.

Di sisi lain, Teco kembali memberikan kesempatan Rahmat Arjuna untuk bermain sebagai starter. Teco selama ini dikenal senang menggunakan pemain di atas 30 tahun. Namun, kini ia mulai mengorbitkan pemain-pemain muda yang dimiliki oleh skuadnya.

Sebelumnya ada nama Made Tito dan Kadek Arel. Bahkan, Kadek Arel telah secara rutin menjadi starter di setiap pertandingan Serdadu Tridatu. Hal ini patut mendapat dukungan agar kelak regenaeasi di Bali United berjalan dengan baik.

Kemenangan Bali United atas Barito Putera ini membuat Serdadu Tridatu kembali bercokol di papan atas klasemen Liga 1 2023/2024 menggeser Barito Putera. Pada pertandingan berikutnya, Bali United akan bertandang ke Stadion Jati Diri, Semarang, menghadapi PSIS Semarang, Sabtu (2/9/2023). Kalau sudah menang, jangan banyak guling-guling ya bli!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya