6 Tempat Jogging di Denpasar, Olahraga Sambil Refreshing

Suasananya sawah hingga pantai

Jogging adalah variasi dari olahraga lari namun dengan kecepatan lambat atau jalan santai. Jogging memiliki banyak manfaat untuk menjaga berat badan, mencegah kolesterol dan gula berlebihan, menjaga kebugaran tubuh, serta tidurmu menjadi lebih nyenyak.

Jogging bisa dilakukan di pusat kebugaran maupun ruang terbuka. Supaya mendapatkan manfaat yang lebih baik, kamu bisa melakukannya di ruang terbuka sambil menikmati suasana di sekitar.

Bingung mencari tempat jogging di Bali dengan suasana yang bagus? Berikut 6 tempat jogging di Kota Denpasar yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: Rekomendasi Lapangan Golf di Bali, Pemandangannya Indah

Baca Juga: 10 Rekomendasi Skatepark di Bali, Tantangannya Beragam

1. Lapangan Niti Mandala Renon

6 Tempat Jogging di Denpasar, Olahraga Sambil RefreshingLapangan Niti Mandala, Denpasar (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Lapangan yang berlokasi di Jalan Raya Puputan, Kelurahan Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur ini termasuk pusat olahraga yang populer di Kota Denpasar. Tempat ini memiliki trek khusus untuk jogging.

Tempat ini cukup teduh karena banyak pepohonan di sekitarnya. Kamu bisa jogging di Lapangan Niti Mandala setiap hari. Namun lebih asyik lagi jogging pada saat Car Free Day setiap minggu pagi. Sehabis jogging, kamu bisa menikmati beragam kuliner di area parkir timur Lapangan Niti Mandala.

2. Taman Kota Lumintang

6 Tempat Jogging di Denpasar, Olahraga Sambil RefreshingTaman Kota Lumintang. (Instagram.com/putradi20)

Taman Kota Lumintang terletak di Jalan Gatot Subroto Tengah, Kelurahan Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, atau persis depannya Gedung Sewaka Dharma Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar. Selain tempat bersantai, area taman kota terdapat jogging track.

Walaupun tidak seluas Lapangan Niti Mandala Renon, namun suasananya membuat pengunjung betah, baik untuk melakukan aktivitas olahraga maupun sekadar duduk-duduk menghabiskan waktu. Tempat ini menyediakan taman bermain untuk anak-anak.

3. Pantai Sanur

6 Tempat Jogging di Denpasar, Olahraga Sambil RefreshingJogging track di Pantai Sanur. (YouTube.com/Dy Update)

Area pesisir Pantai Sanur di Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan ini terus berbenah. Pedestrian hingga jalur sepedanya lebih luas dan nyaman.

Jika bermaksud untuk jogging di Pantai Sanur ini, kamu bisa mengambil start dari Pantai Matahari Terbit, Pantai Bangsal, maupun Pantai Segara. Kamu bisa mengambil arah ke selatan hingga menuju Pantai Mertasari. Kamu akan melihat sunrise atau matahari terbit yang indah jika jogging pagi hari di sini.

Gak perlu khawatir kelaparan deh di sini. Sebab banyak pedagang yang menjual beragam kuliner tradisional di sepanjang pesisir Pantai Sanur. Selain itu, kamu juga bisa rehat sejenak di beberapa kafe maupun resto yang ada di sepanjang jogging track.

4. Subak Sembung

6 Tempat Jogging di Denpasar, Olahraga Sambil RefreshingSuasana di Subak Sembung. (Denpasarkota.go.id)

Subak Sembung merupakan ekowisata yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara. Subak Sembung merupakan areal persawahan yang masih asri seluas sekitar 115 hektare.

Lalu di tengah persawahan ada jalan beton lebarnya sekitar 2 meter yang digunakan untuk jogging track dan akses jalan para petani. Tempat ini memiliki dua jalur jogging track yaitu jalur pendek sepanjang 2,5 kilometer dan jalur sepanjang 3 kilometer.

Jadi kamu bisa menikmati pemandangan hamparan sawah di sisi kiri dan kanan sembari jogging. Sambil berolahraga, kamu juga bisa membeli sayur-sayuran segar ke petani yang berjualan di area jogging track ini.

5. Subak Anggabaya

6 Tempat Jogging di Denpasar, Olahraga Sambil RefreshingJogging track di Subak Anggabaya. (YouTube.com/Arya Marta)

Subak Anggabaya yang berada di Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur ini terdapat jogging track yang dibangun sejak tahun 2016.

Jalur jogging track di Subak Anggabaya dibuat mengikuti struktur tanah. Sehingga jalurnya ada yang menurun, menanjak, maupun rata. Pemandangan yang disajikan di tempat jogging track ini adalah hamparan sawah.

6. Subak Prapat Beris Sanur

6 Tempat Jogging di Denpasar, Olahraga Sambil RefreshingSubak Prapat Beris. (Instagram.com/kasbawa)

Lokasi Subak Prapat Beris di Jalan Penyaringan, Kelurahan Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan. Mereka membangun jogging track bagi warga yang ingin jogging atau sekadar berjalan-jalan sambil menikmati hamparan sawah di sekitarnya.

Karena jauh dari pemukiman penduduk, suasana di area subak ini sangat asri dengan udara yang masih segar, terutama pagi hari. Kamu juga akan menemukan perkebunan semangka di sini, dan boleh membelinya langsung ke petani ketika musim panen tiba.

Jika kamu berniat mendatangi deretan  tempat jogging di Kota Denpasar, sebaiknya pilih pagi hari ya agar tidak panas, dan selalu jaga kebersihan. Selamat berolahraga.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya