Comscore Tracker

Sejarah Sambo, Bela diri Jatuhkan Lawan Tanpa Senjata

Sambo awalnya digunakan oleh para tentara Rusia

Sambo adalah seni bela diri yang berasal dari Negara Tirai Besi, Uni Soviet atau Rusia. Olahraga ini belum begitu populer di Indonesia, namun sudah banyak dipertandingkan di ajang Asian Games 2018 Jakarta. Olahraga ini mirip gulat dan judo lho. Berikut ini fakta tentang sambo.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Bali United Agustus 2022

1. Sejarah Sambo

Sejarah Sambo, Bela diri Jatuhkan Lawan Tanpa SenjataOlahraga SAMBO. (YouTube.com/Hook Fight Gear)

Sambo atau samozashchita bez oruzhiya memiliki makna sebagai pertahanan diri tanpa senjata. Sambo pertama kali diperkenalkan oleh seorang mata-mata dari Uni Soviet, Vasili Sergeyevich Oshchepkov, dan seorang praktisi bela diri bernama Viktor Spiridinov.

Kenapa Sambo mirip judo? Karena Oshchepkov pernah belajar judo kepada Kano Jigaro, sang pendiri judo di Jepang. Ia kemudian mengadaptasinya dengan keadaan yang ada di Rusia, sehingga lahirlah Sambo. Sambo awalnya digunakan oleh para tentara Rusia.

Baca Juga: Bali Raup 56 Medali di Ajang Fornas VI Palembang 2022

2. Tujuan dan filosofi olahraga Sambo

Sejarah Sambo, Bela diri Jatuhkan Lawan Tanpa SenjataOlahraga SAMBO. (YouTube.com/Hook Fight Gear)

Sambo diciptakan oleh Spiridonov dengan menggabungkan berbagai gaya gulat dan seni bela diri, lalu digunakan dalam sistem pertarungan tangan kosong yang baru. Olahraga ini dapat meningkatkan stamina, kekuatan, dan daya tahan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Filosofi dari Sambo adalah mengembangkan pribadi, persahabatan, disiplin, dan rasa hormat. Sambo berkontribusi dalam sistem pendidikan yang mengembangkan kualitas moral dan kemauan.

3. Teknik dasar Sambo

Sejarah Sambo, Bela diri Jatuhkan Lawan Tanpa SenjataOlahraga SAMBO. (YouTube.com/Hook Fight Gear)

Teknik dasar yang dimiliki olahraga ini hampir sama dengan judo. Seperti penyerangan, kuncian, dan teknik menjatuhkan lawan..

Bedanya terletak pada kuda-kuda yang lebih rendah, dan teknik penyerangan pada pergelangan kaki. Selain itu, Sambo menggunakan celana pendek, berbeda jauh dengan judo yang menggunakan celana panjang.

4. Khabib Nurmagomedov adalah atlet juara dunia Sambo

Sejarah Sambo, Bela diri Jatuhkan Lawan Tanpa SenjataKhabib Nurmagomedov (ufc.com)

Nama Khabib Nurmagedov sudah tidak asing lagi di mata penggemar olahraga UFC. Ia bisa dikatakan sebagai legenda UFC yang tak terkalahkan. Ia berhasil mengalahkan Connor McGregor.

Sebelum terjun di UFC, Khabib adalah praktisi olahraga Sambo. Ia adalah atlet yang pernah meraih juara dunia Sambo sebanyak dua kali.

5. Variasi Sambo

Sejarah Sambo, Bela diri Jatuhkan Lawan Tanpa SenjataOlahraga Sambo. (YouTube.com/Hook Fight Gear)

Sambo memiliki beberapa variasi di antaranya:

  • Freestyle Sambo, untuk praktisi non Sambo
  • Beladiri Sambo yang paling sering dipelajari dengan memanfaatkan agresi lawan mirip dengan aikido dan jujitsu
  • Combat Sambo, dikhususkan untuk pria dengan berbagai macam bentuk serangan dan bergulat
  • Sambo khusus yang dikembangkan untuk pasukan khusus angkatan darat Rusia
  • Sambo sendiri belum masuk menjadi cabor Olimpiade. Sambo baru masuk sebagai cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2018 Jakarta.

Sambo mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2006. PB Persambi adalah organisasi yang mengurus olahraga ini, didirikan oleh Aji Kusmantri pada tahun 2006.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya