Comscore Tracker

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 45 Tahun ke Atas

Olahraga tidak perlu memaksakan diri. Cukup yang ringan saja

Olahraga adalah aktivitas yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun untuk melakukan aktivitas ini, kamu wajib menyesuaikan dengan kemampuan tubuh dan usia.

Tentu saja olahraga untuk orang yang berusia 20 tahun akan berbeda dengan orang yang berusia di atas 45 tahun. Lalu olahraga apa saja yang cocok untuk orang yang berusia di atas 45 tahun?

Menurut seorang profesional trainer di Bali, Yohansen Seran, orang yang berusia di atas 45 tahun dapat memilih olahraga ringan, tidak banyak gerakan ekstrem, tidak terlalu banyak melompat, dan tidak terlalu membebani tubuh.

"Alih-alih untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, justru nantinya malah akan mendapatkan cedera, atau jika lebih fatal bisa berujung dengan kematian. Sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri," ungkap Yohansen Seran ketika dihubungi melalui saluran telepon, Kamis (23/6/2022) lalu.

Ini dia daftar olahraga untuk orang usia 45 tahun ke atas.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang bisa dilakukan di Stadion Dipta Bali

1. Jogging dan jalan santai

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 45 Tahun ke AtasIlustrasi jogging. (unsplash.com/Lucas van Oort)

Jogging atau lari santai sangat bagus untuk usia di atas 45 tahun. Jogging yang disarankan adalah berlari dengan langkah kecil dan tidak cepat.

Jika tidak memungkinkan untuk lari karena faktor kelebihan berat badan, bisa melakukan jalan santai. Jogging dan jalan santai memiliki manfaat yang sama yaitu memperlancar peredaran darah, berlatih pernapasan, menyehatkan jantung, membuat tidur menjadi nyenyak, dan lainnya.

Menurut John Seran, jarak yang disarankan untuk melakukan jogging atau lari santai adalah 1 hingga 2 kilometer. Bisa juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, dan tidak boleh memaksakan.

"Jika terasa napas mulai berat dan capek, sebaiknya selesai dan beristirahat," ungkap pria yang juga aktif melatih Muay Thai ini.

Tempat yang bisa dipilih adalah lapangan umum. Kalau di Kota Denpasar, kamu bisa melakukannya di Lapangan Niti Mandala atau sepanjang Pantai Sanur. Kamu bisa melakukan olahraga ini bersama keluarga maupun kerabat.

Baca Juga: 5 Fakta Olahraga Golf, Tak Sepenuhnya Untuk Orang Berduit

2. Yoga ringan

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 45 Tahun ke AtasIlustrasi olahraga yoga. (unsplash.com/Amauri Mejía)

Olahraga yoga tidak hanya tentang gerakan lentur saja. Ada jenis yoga yang lebih menekankan kepada pernapasan atau pranayama. Gak perlu takut melakukan yoga jika kamu merasa tidak memiliki tubuh yang lentur.

Menurut praktisi Yoga di Denpasar, Bunda Ika, untuk orang berusia di atas 45 tahun tidak disarankan melakukan yoga dengan gerakan-gerakan yang ekstrem.

"Sebaiknya melakukan yoga pranayama dan beberapa gerakan peregangan ringan. Dengan pranayama, sangat bagus untuk melatih pernapasan tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih sehat, lebih tenang, dan menghilangkan stres. Peregangan ringan juga dibutuhkan agar tubuh tidak kaku, persendian menjadi lebih kuat dan sehat," katanya, Kamis (23/6/2022).

Olahraga ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau berkelompok di suatu tempat. Kamu bisa mendatangkan pelatih berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan terhindar dari cedera.

3. Taichi

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 45 Tahun ke AtasIlustrasi olahraga taichi. (unsplash.com/Monica Leonardi)

Taichi adalah olahraga yang disarankan untuk orang berusia di atas 45 tahun. Gerakannya sangat sederhana, lembut, dan tidak menimbulkan cedera.

"Walaupun sederhana, jika dilakukan secara baik dan benar, manfaatnya sama dengan melakukan olahraga lari keliling lapangan sepak bola sebanyak 2 hingga 3 kali," jelas pelatih taichi di Bali, Teguh.

Olahraga taichi bermanfaat untuk keseimbangan tubuh, kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah, tidur menjadi nyenyak, terhindar dari sakit tulang atau persendian, dan beragam manfaat lainnya.

Taichi bisa dilakukan di rumah, karena gerakannya tidak memerlukan tempat yang luas. Jika tidak bisa mendatangkan pelatih profesional, kamu bisa melihat gerakan-gerakan taichi melalui video di YouTube.

4. Bersepeda santai

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 45 Tahun ke AtasIlustrasi bersepeda. (unsplash.com/Hannah Busing)

Bersepeda akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga atau kerabat. Dengan bersepeda, kamu akan mendapatkan manfaat seperti melatih otot kaki, menjaga kesehatan jantung, melatih pernapasan, mendapatkan kebugaran tubuh, dan manfaat lainnya.

Namun catatannya adalah pemilihan jalur untuk bersepeda. Menurut John Seran, orang yang berusia di atas 45 tahun, sebaiknya memilih jalur datar agar tidak terlalu membebani kerja otot kaki maupun jantung. Selain itu, jarak yang ditempuh juga disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Pantai Sanur termasuk lokasi bersepeda yang bisa kamu pilih. Karena tempat ini menyediakan jalur khusus untuk pesepeda maupun pejalan kaki. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Sanur yang sangat indah.

5. Berenang

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 45 Tahun ke AtasIlustrasi berenang. (unsplash.com/Haley Phelps)

Berenang termasuk olahraga aerobik, karena hampir semua anggota tubuhnya digerakkan. Olahraga aerobik ini dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, tidak membebani tubuh, dan bermanfaat untuk kardio.

Kamu bisa melakukan olahraga ini dengan gerakan yang lebih santai. Berenang juga aman untuk orang yang mengidap masalah persendian. Sebelum berenang, kamu wajib melakukan pemanasan ringan agar kaki tidak mengalami kram.

Olahraga tentu saja sangat baik untuk tubuh, namun tidak perlu terlalu memaksakan diri ya. Kamu bisa merekomendasikan artikel ini ke keluargamu agar mereka tidak salah memilih olahraga untuk kesehatan dan kebugaran tubuhnya.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya