Comscore Tracker

Bali Raup 56 Medali di Ajang Fornas VI Palembang 2022

Fornas kali ini sebagai ajang evaluasi untuk Bali

Perhelatan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI Palembang 2022 telah usai, namun sisa-sisa euforia kemenangannya masih ada. Fornas VI Palembang dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 7 Juli 2022 lalu di Sumatra Selatan, tepatnya Palembang.

Seperti diketahui, Fornas adalah multi event dua tahunan yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), dan diikuti oleh seluruh Induk Olahraga (inorga) di bawah KORMI. Fornas ini mirip dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Baca Juga: 6 Lapangan Bulu Tangkis di Denpasar yang Bisa Disewa

1. Bali kirim 152 atlet

Bali Raup 56 Medali di Ajang Fornas VI Palembang 2022kontingen KORMI Bali (disdikpora.baliprov.go.id)

Bali ambil bagian di ajang Fornas VI Palembang kali ini. Mengutip data dari sistem online Fornas (FIS), kontingen Bali tercatat memiliki 196 peserta yang terdiri dari 152 atlet, 44 orang ofisial dan pelatih.

Dari 196 peserta tersebut berasal dari 22 inorga yang terdaftar secara resmi di bawah KORMI Bali. Perlu diketahui, sebutan cabang olahraga dalam KORMI adalah inorga.

Pelepasan kontingen Bali dilakukan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, di kediaman Gubernur Bali Jayasabha, Jumat (24/6/2022) lalu.

Baca Juga: 5 Persewaan Lapangan Basket di Denpasar

2. Sebagian besar atlet dan ofisial berangkat menggunakan dana mandiri

Bali Raup 56 Medali di Ajang Fornas VI Palembang 2022kontingen Bali dari inorga ADYTI Bali (dok. KORMI Bali)

Walaupun di masa pandemik COVID-19, antusias inorga dari Bali untuk berangkat ke Fornas VI Palembang sangat tinggi. Itu terlihat dari 22 Inorga di bawah KORMI Bali ikut serta memeriahkan Fornas VI Palembang.

"Sebagian besar peserta yang berangkat menggunakan dana pribadi atau mandiri. Walaupun biaya ke Palembang ini cukup tinggi, terutama untuk biaya transportasi udara, inorga-inorga di bawah KORMI Bali ini sangat antusias untuk ambil bagian dalam pelaksanaan Fornas VI Palembang," ujar Teguh Hery Susantho, Sekretaris Umum KORMI Bali, saat ditemui di Sekretariat KORMI Bali Puri Satria, Kota Denpasar, Sabtu (6/8/2022).

Meskipun mendapatkan dana hibah dari Provinsi Bali sebesar Rp125 juta, namun dana tersebut masih belum bisa digunakan untuk membiayai seluruh peserta yang berangkat ke Fornas VI Palembang.

3. Bali meraih 56 medali

Bali Raup 56 Medali di Ajang Fornas VI Palembang 2022Kontingen Bali di ajang Fornas VI Palembang 2022. (dok. KORMI Bali)

Dalam acara malam apresiasi dan evaluasi peserta fornas VI Palembang 2022 yang diadakan KORMI Bali di Puri Satria, Sabtu (6/8/2022) lalu, terungkap kontingen Bali berhasil memperoleh total 56 medali. Sementara target yang diberikan kepada kontingen Bali adalah 34 medali.

"Bersyukur bisa melampaui target medali walaupun untuk peringkat sepuluh besar belum bisa dicapai. Untuk peringkat dan perolehan medali sangat dipengaruhi oleh jumlah kontingen yang berangkat ke Fornas VI Palembang," ungkap Ketua Kontingen Bali, Sudiro SPi.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KORMI Bali, Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi; Kasi Pembudayaan Olahraga Prov Bali, I Gusti Negara Dwi Suwariantha SSTP MAP; atlet dan ofisial kontingen Bali di Fornas VI Palembang, serta pengurus KORMI Bali.

4. Fornas VI Palembang sebagai ajang evaluasi untuk persiapan Fornas VII di Jawa Barat tahun 2023

Bali Raup 56 Medali di Ajang Fornas VI Palembang 2022Ketua KORMI Bali saat memberikan semangat kepada kontingen Bali. (dok. KORMI Bali)

Keikutsertaan Bali di ajang Fornas VI Palembang ini memang tidak sebaik provinsi lainnya seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Tengah. Terutama dari segi jumlah peserta, dan persiapannya sebelum turun bertanding di Fornas VI Palembang. Dalam diskusi di Puri Satria tersebut, KORMI Bali akan mengadakan Forda Bali terlebih dahulu di awal tahun 2023 mendatang sebelum mengikuti Fornas VII Jawa Barat.

5. Daftar perolehan medali

Bali Raup 56 Medali di Ajang Fornas VI Palembang 2022kontingen KORMI Bali (dok. KORMI Bali)

Kontingen Bali berhasil meraih 56 medali di ajang Fornas VI Palembang masing-masing 16 medali emas, 22 medali perak, dan 18 medali perunggu. Berikut daftar perolehan medali dari masing-masing inorga:

  • AKTI meraih total 7 medali terdiri dari 2 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu
  • ATNI meraih total 3 medali terdiri dari 2 medali emas dan 1 medali perak
  • FYBI meraih total 3 medali terdiri dari 2 medali emas dan 1 medali perak
  • IODI berhasil meraih 29 medali terdiri dari 7 medali emas, 11 medali perak, dan 11 medali perunggu
  • PERGATSI berhasil meraih 2 medali terdiri dari masing-masing 1 medali emas dan perak
  • PORPI berhasil meraih 3 medali terdiri dari 1 medali emas dan 2 medali perak
  • SORTI berhasil meraih 1 medali emas
  • APSI berhasil meraih 2 medali terdiri dari 1 medali perak dan 1 medali perunggu
  • PPYNI berhasil meraih 1 medali perak
  • ILDI berhasil meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu
  • PLBSI berhasil meraih 1 medali perunggu
  • POGTI berhasil meraih 2 medali perunggu.

Olahraga masyarakat memang belum sepopuler olahraga prestasi. Namun olahraga masyarakat masuk menjadi bagian dari UU Nomor 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional, yang menyebutkan bahwa olahraga masyarakat berperan penting dalam kemajuan prestasi olahraga.

Baca Juga: 5 Fakta Olahraga Masyarakat di Bali, Bisa untuk Segala Usia

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya