Mengenal Apa Itu Roundnet, Perpaduan Banyak Olahraga

Belum populer di Indonesia, tapi ada kompetisinya di Bali

Suatu sore, saat penulis berolahraga di Lapangan Niti Mandala, Kota Denpasar, terlihat beberapa orang sedang melakukan permainan yang masih asing. Mereka bermain secara berkelompok di lingkaran mirip trampolin berukuran kecil. Karena penasaran, penulis mencoba mencari tahu tentang olahraga satu ini.

Ternyata olahraga yang dimainkan ini bernama roundnet. Mereka sedang berlaga dalam kompetisi bertajuk Asian Roundnet Federation (ARF) Cup 2023. Kompetisi ini berlangsung dari 21 higga 24 September 2023. Ini adalah kompetisi roundnet tingkat Asia pertama. Lalu, seperti apa olahraga roundnet ini?

Baca Juga: Profil Alain Robert, Panjat Bangunan di Uluwatu

Baca Juga: 5 Persewaan Lapangan Bulu Tangkis Full Karpet di Denpasar

1. Sejarah roundnet

Mengenal Apa Itu Roundnet, Perpaduan Banyak OlahragaAtlet roundnet sedang bertanding di ARF Cup 2023 di Bali. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Roundnet merupakan olahraga yang menggabungkan beberapa jenis olahraga seperti tenis meja, tenis lapangan, voli, dan badminton. Roundnet juga disebut dengan nama spike ball atau pingball. Dilansir situs Asianroundnetfederation.com, Jeff Knurek yang berasal dari Amerika Serikat menemukan olahraga ini pada 1989.

Olahraga ini berkembang pesat di beberapa negara, termasuk Asia. International Roundnet Federation (IRF) adalah organisasi yang menaungi olahraga ini di seluruh dunia. IRF menggelar Roundnet World Championship pertama kali di Belgia pada 2022.

Setelah pelaksanaan kejuaraan dunia yang dimenangkan oleh Amerika Serikat itu, nama roundnet semakin dikenal. ARF kemudian membuat kompetisi tingkat asia ARF Cup 2023 yang berlangsung di Bali. Tentu saja hal ini sangat bagus untuk memperkenalkan roundnet. Apalagi kejuaraan tersebut digelar di tempat publik yang cukup ramai pengunjung.

2. Cara bermain roundnet

Mengenal Apa Itu Roundnet, Perpaduan Banyak OlahragaAtlet roundnet sedang bertanding di ARF Cup 2023 di Bali. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Dikutip dari Usaroundnet.org, olahraga ini sangat mudah dimainkan. Permainan ini menggunakan net (jaring) berbentuk lingkaran yang disebut dengan nama roundnet. Bentuknya mirip seperti trampolin kecil dengan empat kaki, yang dapat memantulkan bola.

Roundnet dimainkan oleh dua tim, masing-masing terdiri dari dua orang. Cara bermainnya mirip dengan bola voli. Masing-masing tim hanya boleh menyentuh bola sebanyak tiga kali. Setelah itu, bola harus dipantulkan ke roundet. Setelah dipantulkan, maka giliran tim lawan yang akan mengembalikan bola tersebut. Bola yang digunakan beragam, mirip bola tenis atau bola voli namun ukurannya lebih kecil dari bola voli.

Tim akan mendapatkan poin saat tim lawan tidak bisa mengembalikan bola, atau memantulkan bola ke roundnet. Uniknya, permainan ini tidak menggunakan batas pinggir, dan pemainnya dapat melakukan perputaran 360 derajat. Keunikannya lagi, olahraga ini tidak menggunakan wasit seperti halnya olahraga lainnya.

3. Beragam manfaat olahraga roundnet

Mengenal Apa Itu Roundnet, Perpaduan Banyak OlahragaAtlet roundnet sedang bertanding di ARF Cup 2023 di Bali. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Olahraga ini terlihat sangat menyenangkan. Selain itu, dilansir dari IDN Times, roundnet memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  • Olahraga dengan risiko cedera yang kecil. Jika takut cedera, kamu bisa memilih olahraga ini
  • Dapat meningkatkan denyut jantung, dan memperbaiki kesehatan kardiovaskular. Sebab pada saat melakukan olahraga roundnet, tubuh bergerak dengan intensitas tinggi dan melibatkan seluruh bagian tubuh
  • Dapat meningkatkan koordinasi dan ketangkasan, karena roundnet menggunakan gerakan yang cepat dan keterampilan menguasai bola
  • Gerakan menukik, melompat, dan mejangkau secara terus-menerus dapat meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot
  • Seperti olahraga lainnya, roundnet juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan sebagai bentuk rekreasi yang bisa menghilangkan stres.

Roundnet juga bisa dimainkan bersama keluarga. Pastinya, olahraga alternatif sangat menggembirakan dan membuat tubuh sehat. Apakah kamu pernah mencobanya? Tulis di kolom komentar ya!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya