Wah, Penelitian ini Menjelaskan T-Rex Ternyata Gak Bisa Lari

Jadi, film Jurassic Park selama ini salah?

Pernah melihat dinosaurus ini di film? Ya, Tyrannosaurus rex sebagai dinosaurus "utama" dalam film Jurassic Park. Namun selama ini apa yang dipertontonkan lewat film tersebut ternyata salah.

Sebab sebuah penelitian ilmiah yang menggunakan teknologi-teknologi terkini di bidang medis ini mengungkapkan, bahwa T-rex ternyata gak bisa lari lho. Walaupun begitu, T-rex memang jadi dinosaurus paling seram di zamannya. Berikut ini penjelasannya

1. Spesimen yang diteliti adalah fosil T-Rex yang digali pada tahun 1987

Wah, Penelitian ini Menjelaskan T-Rex Ternyata Gak Bisa Larislashfilm.com

Fosil ini diberi nama BHI 3033 oleh para ilmuwan. Mereka juga menyebutnya dengan julukan "Stan" supaya lebih gaul. Beratnya sekitar 7206,7 kg berdasarkan kalkulasi mereka jika ditambahkan otot dan organ pada fosilnya (Asumsi).

Baca Juga: Nobar Fenomena Langit Yuk! 9 Peristiwa ini Akan Terjadi di Tahun 2019

2. Teknologi medis terkini digunakan untuk mempelajari fosil tersebut

Wah, Penelitian ini Menjelaskan T-Rex Ternyata Gak Bisa Larimpaa.org

Alat utama yang digunakan adalah CT scan untuk menemukan tekanan yang bisa ditahan oleh tulang mereka sebelum hancur. Dari sini ditemukan hasil yang mengejutkan. Batasan tekanan yang bisa diterima tulang T-Rex itu gak memungkinkan mereka untuk lari.

Jika T-Rex berlari, daerah lututnya akan rusak karena tekanan yang diterima. Sama seperti manusia yang gak bisa berlari karena gangguan-gangguan seperti arthritis, cedera lutut dan semacamnya. Jika dipaksakan lebih jauh, jaringan otot tipisnya akan robek akibat 'ledakan' beban yang diterima.

3. T-Rex berjalan seperti ayam. Walau begitu ia masih tetap bisa berjalan cepat

Wah, Penelitian ini Menjelaskan T-Rex Ternyata Gak Bisa Larimashable.com

Mengingat kaki T-Rex cukup panjang, ia bisa berjalan cepat. Namun ketika berjalan secara normal, para peneliti ternyata menggambarkannya seperti ayam yang berjalan. Kecepatan di atas 27,7 km akan menghancurkan tulang mereka, yang diasumsikan kekuatan tekanannya adalah 200 megapaskal (29.000 psi).

4. Coba kita bandingkan kecepatannya dengan manusia

Wah, Penelitian ini Menjelaskan T-Rex Ternyata Gak Bisa Larircreader.com

Kecepatan rata-rata manusia berjalan adalah 4,8 km/jam, kecepatan jogging sekitar 8-9 km/jam, sedangkan Usain Bolt berlari dengan kecepatan sekitar 38 km/jam dalam jarak 100 m.

Kecepatan maksimum T-Rex yang sekitar 27,7 km/jam itu bisa diibaratkan oleh peneliti seperti mengejar angkutan umum yang meninggalkan kita. Kesimpulan ini didapatkan dari konfigurasi tubuh dan peletakan otot tertentu, hingga jejak kaki fosilnya.

Jadi T-Rex benar-benar gak bisa mengejar mobil seperti yang digambarkan di film.
Peneliti William Sellers dari University of Manchester, mengatakan studi ini menggabungkan dua teknik biomekanik terpisah, bahwa berlari akan sangat membebani tulang dan otot kaki T-Rex.

Jalan cepat yang bisa T-Rex lakukan hanya karena kakinya panjang. Selain itu ia tetap menjadi dino yang paling seram di masanya, karena termasuk predator utama.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bayu Dewey di IDN Times Community dengan judul Secara Ilmiah Ternyata T-Rex Gak Bisa Lari, Film Jurassic Park Itu Salah!