Comscore Tracker

Macam-macam Suara Kucing dan Artinya, Biar Paham Dikit

Penulisnya izin pinjam fotonya Hazard unyu ya #GulfKanawut

Kucing merupakan hewan peliharaan yang manja sekaligus menyebalkan. Tingkahnya yang lucu cukup menghibur. Selama kamu memeliharanya, terkadang-kadang masih bertanya-tanya keinginan kucing ketika dia mengeong. Ada gerak-geriknya yang tidak mau ketahui. Berikut ini arti suara kucing:

1. Mengeong

https://www.youtube.com/embed/j5UFRtD25q8

Bunyi "Mengeong" paling umum, tetapi memiliki berbagai arti. Kalau punya peliharaan di rumah, kucing bayi dan remaja lebih banyak mengeong daripada kucing dewasa.

Kalau kucing mengeong di depan pintu yang tertutup, kemungkinan dia mau bermain keluar. Kalau mengeong di dekat meja makan, berarti sedang lapar. Terkadang mengeong juga menandakan kesepian hingga kesakitan.

Kucing akan mengeong kuat dan panjang kalau merasa terganggu. Kalau lagi senang, suaranya lebih pendek dengan intonasi nada tinggi dan repetitif.

2. Mendengkur

https://www.youtube.com/embed/tFUIVRLXD68

Kucing bisa mengeluarkan suara purring atau mendengkur tanpa membuka mulutnya. Biasanya terdengar dari suara anak kucing yang sedang menyusu. Sedangkan kucing dewasa mendengkur ketika bermanja-manja mengelus kakimu. Kadang mengeluarkan suara mengeong sambil mendengkur. Itu tandanya dia sedang nyaman. Tetapi kucing yang sedang melahirkan, dalam keadaan sekarat, dan merasa sakit juga mengeluarkan suara seperti itu.

3. Mengeong dengan nada tinggi

https://www.youtube.com/embed/BJdVclne-pM

Suara dengan nada tinggi seperti di atas itu menandakan ia sedang memanggil ibunya. Anak kucing berusia empat minggu juga mengeong dengan nada tinggi ketika kedinginan. Dia membutuhkan ibunya untuk memberikan kehangatan.

Selain itu, anak kucing yang ditinggal sendirian, terperangkap, hingga terpojok akan mengeluarkan suara mengeong dengan nada tinggi. Berharap ibunya segera datang.

Baca Juga: 6 Benda Untuk Menangkal Santet, Konon Kucing Juga Bisa

4. Mericau

https://www.youtube.com/embed/lws_S_d31Pg

Kamu pernah gak melihat kucingmu mengeluarkan suara seperti di atas? Dia biasanya melakukan itu ketika melihat ada tikus atau burung di luar. Banyak artinya. Entah dia sedang frustrasi karena tidak bisa menangkap tikus atau burung mangsanya, atau itu memang insting kucing untuk berburu. Bisa jadi dia memang pengin menarik perhatian tikus atau burung sebagai mangsanya.

5. Mendesis

https://www.youtube.com/embed/M4BSGZ07NNA

Tak hanya yang dewasa, anak kucing berusia tiga bulan sudah bisa mendesis. Dia akan mengeluarkan suara mendesis ketika terancam. Kalau sudah begitu, mending jaga jarak deh biar kamu gak digigit atau dicakar.

Umumnya kucing jalanan akan mendesis ketika didekati manusia. Tetapi jangan menyerah. Dekati secara perlahan-lahan. Nanti luluh juga kok hatinya.

Selain yang sudah disebutkan di atas, kamu udah tahu belum gimana suara kucing yang minta kawin? Nah, ini penting banget. Kamu harus tahu kapan kucing minta kawin. Selengkapnya, bisa baca di sini.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya