Comscore Tracker

5 Fakta Tiara Dewata Supermarket Legendaris di Denpasar

Supermarketnya bakalan pindah lokasi #Bali

Sudah tahu kabar mengenai Supermarket Tiara Dewata di Jalan Sudirman, Kota Denpasar akan pindah tempat, kan? Akun Instagram resmi Tiara Dewata mengunggah postingan promo diskon 30 persen hingga 70 persen karena sehubungan dengan proses pemindahan lokasi ke Jalan Tukad Yeh Aya, Kelurahan Panjer.

Tiara Dewata termasuk supermarket legendaris di Bali, khususnya Kota Denpasar. Supermarket yang memiliki maskot dengan nama Si Gayan (maskot berbentuk gajah) ini menjadi tujuan belanja sekaligus rekreasi bagi masyarakat Bali. Berikut ini sejarah supermarket Tiara Dewata.

Baca Juga: 5 Fakta Prof IGNG Ngoerah, Nama Pengganti RSUP Sanglah

1. Sejarah berdirinya Tiara Dewata

5 Fakta Tiara Dewata Supermarket Legendaris di DenpasarTiara Dewata dan maskot Si Gayan. (facebook.com/SejarahBali)

Tanah yang ditempati oleh Tiara Dewata menggunakan aset tanah milik Tentara Nasional Indonesia (TNI). Awalnya lokasi ini dikenal dengan nama Gedung Balai Prajurit Gelanggang Remaja Udayana. Masyarakat Denpasar juga sering menyebutnya dengan nama Indra Loka. Namun yang paling diingat berdasarkan pengalaman penulis di masa kecil tahun 1985, sebelum Tiara Dewata berdiri adalah adanya pesawat terbang (pesawat tempur) yang dipajang di lokasi ini.

Pada 17 Juni 1985, PT Karya Luhur Permai mendirikan supermarket dengan nama Tiara Dewata. Tiara Dewata sendiri mulai resmi beroperasi tanggal 25 Maret 1986.

Lokasi Tiara Dewata tercatat di Jalan Sutoyo Nomor 55, masuk lingkungan Banjar Gemeh, Denpasar. Namun, untuk masuk ke area Tiara Dewata bisa juga melalui Jalan Sudirman.

Baca Juga: Mengenal 5 Ajaran Agama Hindu, Percaya Karma Phala dan Moksa

2. Sarana belanja dan rekreasi

5 Fakta Tiara Dewata Supermarket Legendaris di DenpasarSarana rekreasi di Tiara Dewata. (instagram.com/tiaradewatadenpasar)

Latar belakang pendirian usaha Tiara Dewata adalah swalayan dan arena hiburan. Karena itulah supermarketnya tidak terbatas hanya berjualan kebutuhan dapur dan rumah tangga saja, tetapi juga menyajikan hiburan rekreasi untuk keluarga.

Tiara Dewata juga menyediakan tempat bermain bagi anak-anak. Bermacam-macam wahana dan permainan ada di tempat ini.

3. Permainan bom bom car pertama di Bali

5 Fakta Tiara Dewata Supermarket Legendaris di DenpasarBom bom car di Tiara Dewata. (youtube.com/GULIT PGAPBALI)

Sebagai tempat rekreasi keluarga yang bisa dikatakan pertama di Bali, Tiara Dewata memiliki tempat arena bermain untuk anak-anak yang cukup lengkap di Bali pada era tahun 80-an hingga 90-an. Dari rumah bola, ding dong (video game yang menggunakan koin), dan lainnya.

Satu permainan legenda di Denpasar adalah arena bermain bom bom car. Permainan bom bom car paling populer kala itu. Hal ini dapat dilihat dari pengunjung yang rela antre panjang untuk mencoba mengendarainya. Sebagai informasi, permainan bom bom car ini adalah permainan mobil listrik yang bisa dikendarai oleh dua orang. Masing-masing pemain akan menabrakkan mobilnya ke mobil pengendara lain.

4. Tag line 'Apa alih ada di Tiara Dewata'

5 Fakta Tiara Dewata Supermarket Legendaris di DenpasarSupermarket Tiara Dewata. (instagram.com/tiaradewatadenpasar)

Tag line atau semboyan untuk Tiara Dewata yang sering populer di masyarakat adalah 'Apa alih ada di Tiara Dewata'. Artinya dalam ahasa Indonesia adalah 'Cari apa saja ada di Tiara Dewata'.

Ungkapan ini memang benar adanya. Tiara Dewata termasuk supermarket terbesar dan terlengkap di Kota Denpasar. Segala kebutuhan rumah tangga ada di tempat ini, dari kebutuhan dapur, peralatan rumah tangga, hingga kebutuhan upacara. Kenapa jadi tempat favorit? Karena harga dari barang yang dijual tidak mahal, terkadang masyarakat menyamakan dengan harga di pasar tradisional. Bedanya hanya tidak bisa menawar saja.

Jika sudah memasuki hari raya umat baik umat Hindu maupun umat lainnya, supermarket ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang membeli bahan untuk persiapan perayaan.

5. Tidak hanya permainan anak, Tiara Dewata memiliki area kuliner yang lengkap

5 Fakta Tiara Dewata Supermarket Legendaris di DenpasarFood court Tiara Dewata. (youtube.com/jooupdate)

Secara perlahan-lahan, Tiara Dewata mulai mengembangkan area supermarketnya dengan menambahkan area kuliner. Kuliner di supermarket ini sangat beragam, dari tradisional nusantara hingga masakan khas luar negeri.

Jadi pengunjung terutama yang berkeluarga bisa sambil berbelanja, mengajak anak rekreasi di arena bermain, kemudian istirahat sembari menikmati beragam kuliner di food court yang telah disediakan.

Dulunya, tempat ini terdapat kolam renang yang cukup populer di Kota Denpasar. Namun karena ada kasus siswa yang tenggelam pada Agustus 2017, kolam renang ini kemudian ditutup dan dijadikan sebagai lahan parkir, serta penambahan area food court yang berkonsep outdoor.

Kini supermarket legend ini sudah tidak akan lagi beroperasi di Jalan Sutoyo (Jalan Sudirman). Tentu banyak kenangan di supermarket ini, terutama yang sudah menjadi pelanggan setia sejak awal berdiri. Kamu pernah punya kenangan di tempat ini? Yuk, langsung tulis di kolom komentar guys!

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya